Yuk Simak! 10 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Kamu Ketahui!

manfaat ampas kopi
Photo by Andrea Tummons on Unsplash

Ampas kopi – merupakan salah satu residu/ sisa pengolahan dari minuman-minuman kopi yang sering kita nikmati. Pesatnya perkembangan konsumsi kopi saat ini juga turut serta meningkatkan residu ampas kopi yang ada.

Bukan hanya dari bisnis kopi, kopi yang kita buat di rumah juga sering kali meninggalkan ampas kopi yang hanya akan terbuang dan tidak digunakan.

Apakah ampas kopi memang hanya residu dan tidak memiliki manfaat?

Salah besar! Ternyata ampas kopi memiliki banyak sekali manfaat, loh! 

Apa saja manfaat ampas kopi yang perlu kamu ketahui? Berikut Lakopi merangkum 10 manfaat ampas kopi untuk kamu coba terapkan di rumah! Yuk simak!

ilustrasi ampas kopi
Photo by Gerhard Eugnhm on Unsplash

Manfaat Ampas Kopi #1: Manfaat untuk Kulit!

Ampas kopi bermanfaat untuk kulit? Masa sih?

Yap! Kamu tidak salah baca kali ini. Ampas kopi sangat baik untuk kulit. Dilansir dari bargainbabe.com ampas kopi sangat berguna untuk exfoliating kulitmu, loh! Selain itu penggunaan ampas kopi sebagai masker untuk kulitmu dapat membantu mencegah dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan serta menyeimbangkan pH.

Hasilnya? Kulit menjadi lebih lembut, segar, dan cerah! Penasaran ingin mencoba resep masker kopi untuk kulitmu?  Kamu bisa lihat cara membuatnya di sini!

Selain manfaat diatas, dilansir majalah.ottencoffee.co.id manfaat ampas kopi untuk kulit diantaranya dapat mengatasi sel kulit mati. Banyak penelitian yang menjelaskan kandungan kopi membantu meningkatkan kesehatan kulit. Senyawa seperti asam caffeic, antioksidan mampu meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel tubuh.

Wah, banyak sekali ya manfaatnya!

manfaat ampas kopi untuk kulit
Credit: pinterest.com

Manfaat Ampas Kopi #2: Pupuk untuk Media Tanam!

Tahukah kamu?

Tambahan ampas kopi pada media tanam akan meningkatkan pertumbuhan! Mengapa demikian?

Ampas kopi akan bertindak sebagai kompos alami jika ditambahkan pada media tanam. Dilansir bargainbabe.com, ampas kopi juga bertindak sebagai kompos dengan baik pada tanaman dengan high-acidic seperti mawar dan tomat.

Selain itu, dilansir idntimes.com ampas kopi kaya akan nitrogen dan dapat menarik cacing. Ini berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah. Itulah alasan mengapa ampas kopi dapat bertindak baik sebagai pupuk kompos!

Manfaat ampas kopi untuk media tanam
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Manfaat Ampas Kopi #3: Membersihkan Kotoran Membandel pada Peralatan Dapur!

Peralatan dapur terkadang masih sulit dibersihkan hanya dengan sabun. Penggunaannya untuk berbagai macam hidangan terkadang menyebabkan sulitnya peralatan dapur untuk dibersihkan. Namun, jangan khawatir! Ampas kopi bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada peralatan dapurmu!

Tambahkan 2-3 sendok ampas kopi pada alat pembersih/ lap yang akan digunakan, kemudian gosokan pada peralatan dapur yang sulit dibersihkan! Ampas kopi tidak akan merusak peralatan dapur dan tetap membersihkan dengan baik!

Jangan lupa! Bilas akhirnya secara bersih dan menyeluruh!

ilustrasi peralatan dapur
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Manfaat Ampas Kopi #4: Sebagai Hands Scrub!

Pernah merasakan bau amis di tangan setelah makan ikan? Atau bau bawang putih saat kamu harus mengiris bawang putih dalam jumlah yang banyak? Ampas kopi bisa jadi solusi!

Selain untuk menghilangkan baunya, ampas kopi juga berguna sebagai hands scrub, loh! 

Caranya gampang banget! Gosokkan satu sendok ampas kopi di antara telapak tangan untuk mengangkat kulit mati dan membantu menghilangkan bau di tangan kamu selepas aktivitas yang kamu lakukan!

hand scrub
Credit: medicalnewstoday.com on Pinterest

Manfaat Ampas Kopi #5: Merawat Kulit Kepala dan Memperhalus Rambut!

Ternyata, ampas kopi dapat menjadi alternatif untuk merawat kulit kepala dan rambut!

Tahukah kamu? Dilansir oleh majalah.ottencoffee.co.id, menggunakan produk rambut yang memiliki kadar pH lebih tinggi dari rambut dapat menyebabkan kusam, keriting dan rusak. Maka sangat aman menjadikan ampas kopi sebagai alternatif untuk merawat kulit kepala dan mengatasi masalah rambut.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah! Bilas rambut dengan air bersuhu normal kemudian gosok menggunakan ampas kopi. Metode pengaplikasian lainnya tidak masalah selama kopi langsung mengenai kulit kepala.

Mudah, ya!

rambut halus
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Manfaat Ampas Kopi #6: Mengurangi Munculnya Selulit!

Apa itu selulit? Hellosehat.com mengungkapkan, selulit merupakan kondisi permukaan kulit yang jadi bergelombang dan tidak rata. Kondisi ini biasanya menyerang bagian kulit yang memiliki timbunan lemak berlebih seperti paha, pinggul, dan perut.

Bagaimana cara perawatannya menggunakan ampas kopi?

Dilansir dari bargainbabe.com, caranya yaitu dengan menghangatkan 1/4 cangkir ampas kopi selama 30 detik di dalam microwave. Tambahkan 2 sdm minyak zaitun sebagai pengikat. Bersihkan area bermasalah dengan air hangat, lalu oleskan lulur dengan memijat secara melingkar selama dua hingga empat menit dengan tangan atau waslap.

Selanjutnya jangan lupa untuk bilas dengan air hangat dan keringkan, ya!

Sebagai stimulan, kafein melebarkan pembuluh darah dan mengencangkan jaringan untuk sementara. Plus, ini meningkatkan sirkulasi dan mengurangi retensi air, membantu menghaluskan tampilan selulit.

Manfaat Ampas Kopi #7: Menyembunyikan Goresan pada Furniture Kayu!

ilustrasi kayu
Photo by Engin Akyurt on Unsplash

Jika furniture kayu yang ada di rumahmu punya goresan, ampas kopi bisa menjadi salah satu solusi!

Caranya sangat mudah! Celupkan kapas pada ampas kopi yang telah diberi sedikit saja air, kemudian oleskan pada goresan pada furniture kayu gelap untuk meminimalkannya. Mudah bukan?

Manfaat Ampas Kopi #8: Efektif untuk Merawat Kulit Kaki!

Bagian tubuh yang juga tidak luput dari masalah kulit adalah kaki. Dilansir majalah.ottencoffee.co.id,  merendam kaki menjadi solusi efektif jika memliki masalah pada kulit kaki, menambahkan ampas kopi pada rendaman kaki akan sangat membantu!

Ampas kopi mampu membersihkan sel kulit mati dari telapak kaki, serta menstimulasi aliran darah pada bagian yang terendam. Kamu hanya perlu merendam kaki dengan menggunakan air yang dicampur ampas kopi dan jadikan ampas kopi untuk menggosok bagian kaki tertentu. Selesai!

Manfaat Ampas Kopi #9: Perawatan Wajah Menghindari Jerawat!

merawat wajah
Credit: Death Wish Coffee Company

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ampas kopi memiliki manfaat yang amat beragam untuk kulit. Salah satunya adalah untuk kulit wajah!

Yap! Ampas kopi dapat mencegah timbulnya jerawat!

Dilansir dari majalah.ottencoffee.co.id terbentuknya jerawat di wajah karena adanya sel kulit mati, wajah berminyak dan zat lain yang menyumbat pori-pori wajah sehingga mudah terjangkit bakteri penyebab jerawat. Melakukan scrubbing pada wajah menggunakan ampas kopi dapat membersihkan sel kulit mati dan membuka pori-pori wajah.

Bagaimana ampas kopi dapat mencegah timbulnya jerawat? Hal ini karena senyawa antioksidan, asam klorogenat, dan stimulan pada kopi mampu melawan jerawat dengan menjadikannya sebagai pembersih wajah!

Manfaat Ampas Kopi #10: Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas!

Kopi bukan hanya menghasilkan wangi yang khas saat diseduh, namun ternyata ampas kopi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau tidak sedap, loh! 

Caranya sangat mudah! Taruh ampas kopi yang sudah dikeringkan ke dalam mangkuk kecil atau bungkus menggunakan kain berlubang tipis kemudian tempatkan di dalam kulkas/ freezer untuk menghilangkan bau makanan yang tumpah atau terlalu lama di kulkas!

Praktis dan ekonomis!

kulkas
Photo by Maxim Shklyaev on Unsplash

Ternyata ampas kopi banyak sekali ya manfaatnya! Apakah kalian menemukan hal baru? Atau sudah mau mencoba memanfaatkan ampas kopi kalian?

Jangan lupa untuk membeli biji kopi berkualiatas terbaik di Lakopi! Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas!

Drink your coffee healthily and happily!

Salam Lakopi.id!