11 Tipe Pelanggan Coffee Shop

tipe pelanggan di coffee shop
Credit: Jakub Kapusnak (Unsplash)

Tipe Pelanggan Coffee Shop – Semakin populernya minuman kopi, semakin banyak juga coffee shop yang tumbuh di Indonesia. Tak hanya tempat untuk menikmati kopi saja, coffee shop juga sebagai salah satu alternatif tempat nongkrongnya para anak muda.

Meski begitu, pelanggan yang datang ke coffee shop tak melulu seluruhnya penikmat kopi, tetapi ada juga yang datang karena berbagai alasan. Merangkum dari berbagai sumber, kira-kira bagaimana sih tipe-tipe pelanggan yang datang ke coffee shop? Yuk disimak ya!

Tipe pelanggan coffee shop #1: Si pemula minum kopi

Ilustrasi pelanggan pemula minum kopi
Credit: Andriyko Podilnyk (Unsplash)

Tipe pelanggan ini merupakan orang yang baru beralih atau baru bergabung di dunia perkopian dan menjadi penikmat kopi. Selain itu, mereka suka sekali menanyakan hal-hal tentang kopi, seperti dari mana biji kopi itu berasal, bagaimana cara pengolahan biji kopi menjadi secangkir kopi, jenis-jenis kopi, dan juga pertanyaan lainnya yang terkadang membuat seorang barista kewalahan untuk menjawabnya. Namun, tak ada salahnya kan jika berbagi ilmu kepada mereka?

Tipe pelanggan coffee shop #2: Si penikmat tea

tea
Credit: Tea Creative │ Soo Chung (Unsplash)

Kalau yang satu ini biasanya langsung mencari tulisan tea pada menu di coffee shop, seperti black tea, sweet tea, lychee tea, dan lain-lainnya. Seperti yang kita ketahui, beberapa coffee shop tak hanya menjual minuman kopi saja, tetapi minuman dari bahan dasar tea atau teh pun juga ada walaupun kopi lebih dominan di dalam menu.

Tipe pelanggan seperti ini sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan cita rasa minuman kopi atau hal-hal mengenai kopi.

Tipe pelanggan di coffee shop #3: Si pencari WiFi

Ilustrasi seseorang mencari wifi
Credit: Muhammad Raufan Yusup (Unsplash)

Biasanya, disediakan WiFi gratis yang dapat diakses oleh para pelanggan di coffee shop. Nah, tipe pelanggan seperti ini selalu datang membawa alat elektronik, seperti laptop, gadget, dan lainnya untuk mencari kesenangan, misalnya bermain game atau buka media sosial.

Tak hanya itu saja, mereka juga merasa betah, bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk di coffee shop. Namun, jika WiFi di coffee shop mati atau hilang jaringan, mereka adalah orang yang pertama menanyakan “Ada apa dengan WiFi?

Tipe pelanggan di coffee shop #4: Si pekerja keras

Ilustrasi seseorang sedang mengerjakan tugas
Credit: Christin Hume (Unsplash)

Suasana di coffee shop memang sangat mendukung untuk berproduktivitas, terutama mengerjakan tugas bagi kalangan anak muda. Terkadang, suasana di rumah tak selalu mendukung untuk mengerjakan tugas, apalagi kalau sudah diganggu oleh keluarga, disuruh ini atau itu. Sudah pasti tidak akan fokus.

Nah, biasanya tipe pelanggan seperti ini mudah ditemukan di coffee shop yang tidak terlalu ramai dan suka mojok dekat dengan stopkontak. Bisa dibilang juga, tipe pelanggan yang satu ini mirip dengan pencari WiFi. Bedanya, mereka menggunakan WiFi untuk mengerjakan tugas.

Tipe pelanggan coffee shop #5: Si profesional

Ilustrasi pelanggan profesional
Credit: Headway (Unsplash)

Coffee shop memang tak selalu dikunjungi oleh pecinta kopi saja. Melainkan orang-orang profesional pun juga suka mengunjunginya. Mungkin meeting di kantor terasa sudah biasa dan terkesan terlalu serius dan tegang.

Namun, dengan suasana cozy sebuah coffee shop, ditambah harum wangi dari kopi, mampu meningkatkan produktivitas dan memicu adanya ide-ide kreatif pada saat meeting. Tak hanya itu saja, seorang pebisnis pun terkadang juga bertemu kliennya di coffee shop.

Tipe pelanggan coffee shop #6: Si gerombolan

ilustrasi pelanggan bergerombol
Credit: S O C I A L . C U T (Unsplash)

Nah, kalau yang ini sering banget ditemukan di kafe-kafe. Perkumpulan anak muda yang datang ke coffee shop yang datang bergerombol, seperti akan membuat kekacauan di dalamnya. Tak hanya itu saja, mereka juga suka banget nongkrong, bercanda, dan tertawa bersama dengan gerombolannya di coffee shop, bahkan sampai tak ingat waktu.

Selain itu, sebelum pulang, si pelanggan gerombolan ini biasanya meminta salah satu barista untuk mengambil foto mereka. Kira-kira tipe kamu banget bukan nih?

Tipe Pelanggan coffee shop #7: Si selebgram

Ilustrasi pelanggan selebgram
Credit: Artem Beliaikin (Unsplash)

Ketika kopi telah diantar ke meja oleh barista, biasanya tipe pelanggan yang satu ini tidak langsung meminum atau menyantapnya. Akan tetapi, mereka mengambil gambar terlebih dahulu dari minuman kopinya untuk di-share ke media sosial, seperti Instagram dan tak lupa mereka menyelipkan tag lokasi coffee shop yang ia kunjungi.

Selain itu, si pelanggan ini mengambil gambar dari semua sisi. Kira-kira tujuannya untuk apa sih? Tentu saja untuk membaguskan feed media sosialnya.

Tipe pelanggan coffee shop #8: Si ‘budak’ kafein

Ilustrasi pelanggan kecanduan kafein
Credit: Crystal Shaw (Unsplash)

Kalau tipe pelanggan yang satu ini bisa dibilang ketagihan dengan kafein yang terkandung di dalam kopi. Selain itu, mereka berkunjung ke coffee shop untuk memesan lebih dari secangkir kopi, bisa-bisa dua sampai tiga cangkir kopi.

Biasanya, mereka lebih peduli dengan fungsi kafein yang terkandung dalam kopi, yaitu untuk menambahkan stamina atau energi dibandingkan rasa kopi itu sendiri. Tak hanya itu saja, tipe pelanggan ini suka banget memesan menu kopi yang sama.

Tipe pelanggan coffee shop #9: Si pencari jodoh

Ilustrasi pelanggan cari jodoh
Credit: Elena Ignatenko (Unsplash)

Tipe pelanggan yang satu ini biasanya datang ke coffee shop untuk mencari jodoh dari salah satu barista yang bekerja di sana. Tak hanya itu, mereka juga sesekali curi-curi pandang dan cari perhatian ke barista untuk berkenalan satu sama lain.

Tipe pelanggan coffee shop #10: Si suka memperhatikan sekitar

Ilustrasi pelanggan yang suka memperhatikan sekitarnya
Credit: Jacob Rank (Unsplash)

Pernah nggak sih kamu melihat orang yang mojok sendirian, tetapi suka memperhatikan orang? Nah, tipe pelanggan yang satu ini juga ada di coffee shop. Mereka suka menyeruput kopi sambil melihat orang-orang yang ada di sekitarnya, bahkan ada juga yang suka duduk dekat dengan jendela untuk melihat orang yang di luar berlalu lalang.

Tipe pelanggan coffee shop #11: Si tukang pacaran

ilustrasi pelanggan sedang kencan
Credit: Taisiia Shestopal (Unsplash)

Terakhir, coffee shop bisa dijadikan sebagai tempat orang-orang yang mau berkencan dengan pasangannya. Bagaimana tidak? Suasana yang cozy, nyaman, dan harum aroma kopi, membuat orang-orang yang berkencan jauh lebih seru dan romantis.


Nah, itu dia tipe-tipe pelanggan yang datang ke coffee shop. Kira-kira kamu tipe pelanggan yang mana nih? Sebagai informasi yang perlu kamu tahu, aroma kopi yang bikin para pelanggan itu nyaman dan betah di coffee shop, tentunya berasal dari biji kopi mentah terbaik dan pilihan, bahkan minuman kopi yang kamu santap saat di coffee shop, juga berasal dari biji kopi mentah yang berkualitas.

Penasaran sama biji-biji kopi mentah itu? Yuk! Kunjungi lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi mentah berkualitas dan tentunya dipetik langsung dari petani. Salam Labuhan Kopi!

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.