Ngopi di Rumah: Yuk Cari Tahu 4 Cara Coffee Brewing Terbaik Untuk di Rumah!

brewing coffee di rumah
Credit: unsplash.com (Julien Labelle)

Coffee brewingsaat ini sedang banyak diminati dan dipelajari oleh banyak orang. Waktu yang sebagian besar kita habiskan di rumah membuat kita mau tidak mau belajar jika masih ingin minum kopi dengan cita rasa tidak kalah dari kedai kopi favorit.

Tahun 2020 merupakan tahun yang banyak membawa perubahan. Adanya pandemi Covid 19 membuat kita harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Kampanye DirumahAja! banyak dilakukan agar kita tetap berada di rumah untuk mengurangi rantai penyebaran virus ini. Banyak ‘normal’ yang berubah karena adanya pandemi ini. Tidak terkecuali kebiasaan minum kopi dari para penikmat kopi.

dirumah aja
Credit: unsplash.com (Gabriella Clare Marino)

Jika biasanya kita akan mengunjungi kedai kopi favorite kita dan menghabiskan waktu sambil menikmati kopi yang kita beli, kita harus mulai bisa membatasi kebiasaan tersebut. Hmm, lantas apakah kita tidak bisa menikmati kopi dengan kualitas sebaik kedai kopi favorite kita dari rumah?

Tentu saja bisa!

Coffee Brewing Methods

Menyeduh Kopi
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Ada beberapa metode coffee brewing saat ini, namun tidak semua dapat dilakukan di rumah. Bukan berarti karena di rumah maka akan mengurangi cita rasa kopinya, ya! Lakopi menghadirkan metode coffee brewing yang mudah, terjangkau dan menghasilkan kopi yang tidak kalah enak dari kopi favoritmu dari kedai kopi.

Sebelumnya, metode coffee brewing memiliki banyak jenis, namun banyak yang bisa diaplikasikan di rumah. Metode brewing ini juga dapat mempengaruhi cita rasa kopi, loh! Ada baiknya juga kita belajar metode coffee brewing di rumah dan mengenal berbagai jenis biji kopi baru yang mungkin belum pernah kita coba.

4 Cara Terbaik untuk  Coffee Brewing di Rumah Aja!

Dilansir creatorscoffee.com berdasarkan tiga pertimbangan utama yaitu:

  • Peralatan kopi yang dibutuhkan sudah tersedia dan terjangkau
  • Metode brewing mudah dipelajari
  • Metode pembuatannya bervariasi dan menghasilkan berbagai tekstur kopi

Dari ketiga pertimbangan tersebut, maka didapatkan empat metode terbaik menyeduh kopi dari rumah yaitu:

Metode Pour Over

Metode pour ever merupakan teknik penyeduhan kopi dengan mengalirkan air ke dalam bubuk kopi untuk selanjutnya turun kedalam pot server atau pot saji. Metode ini memiliki tujuan untuk mengeluarkan profil rasa yang lebih jernih dari secangkir kopi.

Ada beberapa metode pour over yaitu Kalita Wave, the Chemex brewing method, V60, the Clever Dripper dan Vientamese Phin. Lakopi merekomendasikan 3 alat seduh untuk metode pour over!

Chemex

Mungkin kalian sering menemui alat ini di kedai kopi yang menyediakan manual brewing ataupun di video tutorial brewing coffee at home. Selain bentuknya yang indah, dilansir creatorsofcoffee.com, Chemex menghasilkan kopi dengan aroma kompleks dan rasa yang lembut.

Chemex
Credit:downshiftology.com

V60

Penggunaan metode ini sudah sering dilakukan baik di kedai kopi maupun di rumah dari pemula hingga profesional. Proses ekstraksi kopi dimana air akan jatuh secara perlahan ke server menghasilkan body yang lebih ringan, dengan karakter rasa kopi yang lebih keluar dan jelas.

Hario V60
Credit: finnishdesignshop.com

Kalita Wave

Alat ini dapat dikatakan mirip dengan alat seduh V60. Perbedaan yang cukup signifikan terletak pada bentuknya. Kalita ini memiliki ujung bagian bawah yang datar dengan tiga lubang tetes. Bentuk seperti ini dapat menghasilkan kopi yang terekstraksi dengan lebih seimbang, serta debit air yang dapat diatur dengan mudah.

Pour-over
Credit:seriouseats.com

French Press

French press merupakan salah satu metode brewing coffee yang paling populer karena mudah digunakan, terjangkau, dan membutuhkan persiapan yang tidak banyak dan rumit. Metode ini memiliki prinsip sederhana yaitu submersion atau membiarkan kopi berendam dengan air panas dalam jangka waktu 3-4 menit (steeping time).

Dilansir oleh cikopi.com berbeda dengan cara seduh yang menggunakan filter kertas (pour over) yang menghambat atau menyaring fat/lemak kopi, pada metode french press hal tersebut tidak terjadi. Sehingga hasil seduh dengan french press dirasa lebih punya “warna” dibanding cara seduh lainnya.

French press
Credit:businessinsider.com

Metode Espresso Brewing

Mesin espresso mungkin sedikit lebih pricey dibandingkan dengan peralatan brewing coffee yang lain. Namun, espresso brewing memiliki rasa yang pekat dan unik yang tidak ditemukan di metode lain.

Selain itu, penggunaan mesin espresso akan memudahkan kita jika ingin membuat variasi menu kopi seperti cappucino atau latte. Dengan mesin espresso kita bisa lebih mudah membuat barista-quality kopi di rumah.

Breville Duo Temp Pro Espresso Machine
Credit: consumer.org.nz

Metode Cold Brew

Metode ini secara sederhana dapat diartikan sebagai teknik brewing coffee dengan air dingin atau air suhu ruangan selama kurang lebih 12-24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal. Teknik penyeduhan dingin ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat.

Banyak pecinta kopi yang menyukai kopi yang diseduh menggunakan metode cold brew karena simpel dan cita rasa yang manis dengan keasaman rendah dan tidak pahit. Kopi ini juga tahan lama jika disimpan didalam kulkas. Bisa sampai 2 minggu, loh!

Keempat metode tersebut adalah metode yang bisa diadaptasi untuk memenuhi asupan kopi harianmu di rumah. Kamu juga boleh sesuaikan metode brewing ini dengan selera dan kebiasaan ngopimu, loh! Tidak ada batasan!

metode cold brew
Credit: unsplash.com (An Nguyen)

Bagaimana? Sudah menemukan metode yang tepat untuk selera kopimu?

Jika kamu ingin mencoba brewing dengan berbagai jenis biji kopi, Lakopi menyediakan biji kopi berkualitas dari berbagai daerah, loh! Kamu bisa melakukan eksperimen menyeduh kopi hingga menemukan kopi favoritmu!

Happy brewing!


Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi kopi yang sehat selama di rumah! Sebagai langkah awal jangan lupa untuk menggunakan biji kopi yang berkualitas! Kamu bisa cari biji kopi berkualitas dengan berbagai jenis/macam kopi di Lakopi.id!

Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi terbaik versimu!

Drink your coffee healthily and happily!

Salam Labuhan Kopi