5 Fakta Kopi Brazil, Salah satu Kopi Terbaik di Dunia

Kopi Brazil
Credit: hairulaziz.web.id

Fakta Kopi Brazil – Apakah kamu tahu kalau Brazil merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia selain negara Indonesia?

Bisa dibilang, negara Brazil urutan nomor 1 di dunia dan sudah lebih dari 150 tahun Brazil memegang predikat produsen kopi terbesar di dunia. 

Selain itu, Brazil juga mampu menghasilkan 53 juta karung kopi dalam rentang waktu tahun 2013 sampai 2018. Nah, selain itu masih banyak lagi fakta-fakta lainnya tentang kopi Brazil.

Kira-kira apa saja sih itu? Merangkum dari berbagai sumber, simak artikel ini ya!

Fakta Kopi Brazil #1: Sumber Kopi Terbesar di Dunia

Ilustrasi biji kopi mentah wine coffee
Credit: ictcoffee.com

Seperti yang sudah dikatakan di atas, negara Brazil merupakan negara yang hasil panen kopinya sangat berlimpah dan membuat Brazil mendominasi pasar ekspor sejak tahun 1830 sampai saat ini.

Tak hanya itu saja, pangsa pasarnya pun mencapai 30% dari total perdagangan kopi. Nah, untuk wilayah pertanian kopi Brazil yang paling besar terletak di Sao Paulo dan Parana.

Bisa dibilang, daerah Sao Paulo itu sangat kaya dan besar karena keberhasilan industrialisasi yang dilakukan serta mendapat keuntungan dari produksi kopi di sana.

Kopi Brazil ini ditanam pada ketinggian sekitar 500 sampai 1.350 meter di atas permukaan laut. Itu sebabnya, sebagian besar kopi yang diproduksi di Brazil adalah kopi jenis arabika dengan masa panen dari bulan Mei sampai September. 

Fakta Kopi Brazil #2: Sejarah Kopi

Kopi Wamena
Credit: (OkeZone.com)

Awalnya, kopi hanya dinikmati untuk kalangan elit atau orang kaya saja. Akan tetapi, pada tahun 1727, pemerintah Brazil mulai menurunkan harga kopi dan menyuruh Letnan Kolonel Francisco De Melo Palheta untuk menyelinap ke negara Perancis dan mendapatkan bibit kopi.

Sayangnya, usaha tersebut gagal karena perkebunan kopi Perancis benar-benar dijaga sangat ketat. Hal itu membuat Letnan Kolonel ini mencari cara lain untuk mendapatkan bibit kopi tersebut dengan mendekati seorang istri gubernur.

Dengan cara yang licik itu, dia berhasil mendapatkan banyak biji kopi yang diberikan kepadanya setelah jamuan makan malam bersama istri gubernur.

Kemudian, biji kopi tersebut mulai dibudidayakan oleh Brazil dan berhasil membuat secangkir kopi nikmat yang dikenal banyak orang.

Akhirnya, pada abad ke-19, negara Brazil dikenal sebagai produksi kopi terbesar dan diakui di dunia. Pada saat itu juga, Brazil menggunakan tenaga budak Afrika untuk membudidayakan perkebunan kopi.

Tanahnya yang sangat subur, membuat kopi yang dihasilkan pun sangat berkualitas tinggi.  Sebelumnya, ekonomi Brazil bergantung pada produksi gula di daerah Timur Laut, kini bergeser pada produksi kopi di daerah Selatan.

Tak hanya itu saja, Brazil sempat menjadi pelaku monopoli pasar kopi internasional selama dekade terakhir abad ke-19 dan dekade awal abad ke-20.

Namun, pada pertengahan abad ke-19, petani kopi Brazil menyadari bahwa perbudakan ini sangatlah tidak berkemanusiaan sehingga mereka meminta pemerintah Brazil untuk mengizinkan imigran sebagai tenaga kerja perkebunan kopi.

Bisa dibilang, banyaknya imigran yang datang ke Brazil, seperti imigran dari Italia, Jerman, Spanyol, Arab, Jepang, dan lainnya.

Fakta Kopi Brazil #3: Perkebunan Fazenda Brazil

Perkebunan kopi
Credit: kopiwonosoboblog.wordpress.com

Kira-kira apakah kamu tahu nama perkebunan kopi di Brazil? Nah, buat yang belum tahu namanya adalah Fazenda, perkebunan kopi yang masih menerapkan cara tradisional dalam menanam kopi dan mengolah kopi.

Perkebunan ini pun terletak di bagian timur laut negara Brazil. Bisa dibilang, Fazenda ini telah menghasilkan separuh dari kopi ekspor brazil secara organik pada tahun 1850.

Kopi yang dihasilkan pun memiliki rasa dan aroma yang khas, seperti berry atau karamel karena sesekali pohon kopinya disiram dengan susu.

Selain itu, harganya pun terbilang cukup mahal, yakni sekitar Rp650 ribu/500 gram kopi dengan varietas Arabica Yellow Bourbon

Kopi yang ditanam pada perkebunan Fazenda ini mencapai ketinggian sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut di wilayah pegunungan Chapada Diamantina, Bahia, Utara Brazil.

Bisa dibilang, perkebunan ini sudah lama ada sejak tahun 1984 yang mempunyai berbagai fasilitas untuk proses kopinya sendiri.

Bentuk kopinya pun setara besarnya dengan kacang hazelnut dengan rasa seperti susu cokelat. Nah, untuk prosesnya dilakukan secara manual dengan tangan supaya mendapat biji kopi yang berkualitas untuk diproses lebih lanjut.

Penjemuran dilakukan dengan cara manual, yakni menggunakan sinar matahari yang kemudian dikeringkan dengan mesin guardiola untuk dikemas.

Fakta Kopi Brazil #4: Karakteristik Kopi

peaberry
Credit: (coffeesesh.com)

Berbicara mengenai karakteristiknya, kopi Brazil ini mempunyai banyak sekali varietas yang menghasilkan rasa dan aromanya berbeda.

Kopi yang ditanam pun didominasikan dengan jenis kopi arabika yang varietasnya, yaitu Guatemala Huehuetenango, Ethiopian Harrar, Colombian Milds, Hawaiian Kona, Jamaican Blue Mountain Coffee, Kopi Jawa, Santos, dan Sulawesi Toraja Kalosi.

Bisa dibilang, kopi Brazil ini memiliki rasa yang ringan, lembut, beraroma khas seperti cokelat, dan terdapat sensasi rasa pedas yang disukai para pecinta kopi di dunia.

Salah satunya, yaitu kopi Caturra yang pohonnya cenderung tidak besar, tetapi memiliki aroma yang sangat nikmat dan khas.

Pohon ini pertama kali ditemukan di Nikaragua, Kolombia, dan Kosta Rika, yang kemudian dikembangkan di Brazil serta dibedakan menjadi bright acidity dan low to medium body.

Fakta Kopi Brazil #5: Budaya Minum Kopi Brazil

Cafezinho
Credit: id.pinterest.com

Terdapat tradisi dalam meminum kopi ala negara Brazil yang disebut Cafezinho. Budaya ini sudah dilakukan secara turun temurun dan masih dilaksanakan sampai saat ini.

Para wisatawan yang datang ke Brazil pun juga mencari tahu untuk menikmati Cafezinho yang artinya minum kopi sedikit. Nah, kopi yang dinikmati pun seperti espresso dengan penyeduhan yang berbeda, yaitu menikmati kopi dengan air seduhan gula yang mendidih.

Biasanya, kopi ini dinikmati bersama cemilan kecil berupa kue atau makanan ringan.


Nah, itu dia fakta-fakta tentang kopi Brazil yang perlu kamu ketahui. Mulai dari sejarahnya, karakteristiknya, dan juga budaya adat minum kopi di Brazil.

Selain itu, kamu juga perlu tahu nih kalau secangkir kopi yang nikmat itu berasal dari biji kopi pilihan. Namun, karena pandemi seperti ini, kamu jadi kesulitan untuk membelinya, benar begitu bukan?

Tak perlu khawatir! Yuk, kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai biji kopi berkualitas sangat baik dan langsung dipetik oleh para petaninya.

Untuk transaksinya pun juga dilakukan langsung kepada para petaninya loh. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan kopi terbaik hanya di lakopi.id. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.