Yuk Kenalan dengan 5 Varietas Kopi Populer dari Indonesia!

Varietas kopi
Photo by Rodrigo Flores on Unsplash

Kopi tumbuh dan berkembang secara berbeda di seluruh dunia. Varietas kopi yang tumbuh dengan baik di Ethiopia mungkin saja tidak tumbuh subur di Indonesia, misalnya.

Faktor yang berbeda, seperti kelembapan, curah hujan, sinar matahari, ketinggian, dan karakteristik tanah semuanya berdampak pada hasil dan kualitas tanaman kopi, yang akan sangat bervariasi berdasarkan varietas yang ditanam.

Tiap varietas tentu memiliki keunggulannya masing-masing, baik dari segi tanaman maupun cita rasa.

Tahukah kamu? Ada 5 varietas kopi di Indonesia yang sangat populer loh!

Penasaran apa saja varietas kopi populer ini? Yuk simak sampai selesai!

proses panen
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Varietas Kopi S795

S795 adalah salah satu varietas kopi paling umum di Indonesia. Varietas kopi ini diperkenalkan ke sektor kopi Indonesia pada tahun 1970-an dari India. S795 biasa ditemukan di Bali dan Jember. Salah satu alasan mengapa S795 begitu populer sejak lama adalah karena ia dapat dibudidayakan dengan sangat mudah.

Dr. Retno Hulupi, Senior Researcher dari Lembaga Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dilansir situs perfectdailygrind.com menyebutkan bahwa varietas kopi S795 ini banyak direkomendasikan kepada petani yang baru dalam pertanian kopi. Selain karena varietas ini tidak sulit untuk tumbuh dan tidak membutuhkan banyak kompos, S795 juga dapat tumbuh di level yang bervariasi.

S795 adalah hibrida antara Kent (mutasi alami Typica yang berasal dari India) dan spesies liberica, yang tumbuh di ketinggian yang jauh lebih rendah daripada tanaman arabika. Inilah mengapa S795 menjadi pilihan yang baik di berbagai iklim mikro Indonesia.

Dilansir jurnalagro.com varietas ini memiliki produktivitas yang tinggi yakni 1.000—1.500 kilogram per hektare pada kepadatan tanaman 1.600—2.000 pohon per hektare. Buah kopi varietas S 795 pertama kali dapat dipanen setelah 15—24 bulan pasca-penanaman. Tanaman kopi S 795 cukup tahan penyakit karat daun dan rasanya cukup baik.

varietas kopi S795
Credit: perfectdailygrind.com

Varietas Kopi Andungsari!

Andungsari (juga dikenal sebagai Andung Sari dan Andong Sari) adalah tanaman kopi kerdil. Awalnya dikembangkan melalui seleksi tanaman Catimor oleh Lembaga Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Andungsari tumbuh paling baik di atas 1.250 mdpl.

Ciri tanaman adalah daun berbentuk oval bergelombang, lentur, dan lebar. Ketika berbuah, buah akan masak kurang bersamaan. Biji buah tampak lonjong. Buah ini akan tampak pada 15—24 bulan setelah ditanam.

Produktivitas andungsari dapat dikatakan cukup tinggi, mencapai 2500 hingga 3500 kilogram per hektar!

Dr. Retno Hulupi, Senior Researcher dari Lembaga Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dilansir situs perfectdailygrind.com menyebutkan bahwa varietas kopi andungsari ini lumayan high maintenance. Tapi, dibalik perawatannya yang lumayan sulit itu Dr. Retno menyebutkan bahwa diantara varietas kopi arabika yang selama ini dikembangkan Indonesia, kopi andungsari termasuk juara pertama loh!

Wah! Saat ini varietas kopi andungsari banyak ditanam di Kayo Aro di Provinsi Jambi, Pulau Sumatera.

orang bertani kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Varietas Kopi USDA 762

USDA 762 diperkenalkan ke sektor kopi Indonesia pada tahun 1950-an sebagai varietas pilihan dari Ethiopia. Keberadaan varietas kopi USDA 762 saat ini berlimpah di Jawa dan Sumatera. USDA 762 sering kali disalahartikan sebagai Geisha. Tapi tentu saja keduanya berbeda walaupun sama-sama berasal dari Ethiopia.

USDA 762 sangat melimpah di Ijen, Jawa Timur, Indonesia. Awalnya diperkenalkan di Indonesia karena ketahanannya terhadap karat daun kopi. USDA 762 umumnya hanya ditanam di dataran tinggi di Indonesia. Dibandingkan dengan varietas kopi yang lainnya, USDA 762 tidak terlalu memiliki cita rasa yang berbeda.

Produktivitas kopi varietas USDA 762 dapat mencapai 800—1.200 kilogram per hektare pada populasi 1.600—2.000 pohon per hektare. Pohon ini tahan terhadap penyakit karat daun. Cita rasa yang dimiliki pun tergolong baik. Biji buah membulat seragam dan pertama kali berbuah pada 32—34 bulan setelah ditanam.

ilustrasi varietas kopi
Credit: pinterest.com

Varietas Kopi Kartika

Di Indonesia, Kartika adalah singkatan dari Kopi Arabika Tipe Katai. Kartika dapat disebut sebagai varietas Catuai versi lokal, Kartika juga sangat rentan terhadap karat kopi dan hama dan penyakit lainnya. Dilansir perfectdailygrind.com Kartika pertama kali ditanam di Indonesia dalam uji varietas massal yang dilakukan oleh Centro de Investigacao das Ferrugens do Cafeirro Portugis pada tahun 1987.

Kartika awalnya sangat populer karena profil rasa berkualitas tinggi. Ternyata setelah diperkenalkan kepada petani kopi, Kartika membutuhkan banyak sekali penggunaan pestisida karena terinfeksi hama dan nematoda. Karena beberapa hal tersebut, petani jarang ada yang menanam Kartika.

Namun, Kartika ternyata masih ditanam di daerah Wonosobo, Jawa Tengahloh! 

Kartika tumbuh baik di daerah Wonosobo, selain itu terdapat pasar lokal yang terkelola dengan baik. Di Wonosobo, Kartika dikelola secara tradisional.

kopi kartika
Credit: perfectdailygrind.com

Varietas Kopi TIM TIM

Tim Tim merupakan singkatan dari Timor Timur (sekarang Timor Leste) Tim Tim, juga dikenal sebagai Hibrido de Timor, adalah persilangan alami antara arabika dan robusta yang pertama kali ditemukan pada awal abad ke-20. Varietas ini menjadi populer pada 1950-an karena ketahanannya yang tinggi terhadap karat daun kopi dan penyakit lainnya.

Pemerintah Indonesia mengintegrasikan Tim Tim ke wilayah-wilayah budidaya kopi arabika yang tersebar di Indonesia. Alhasil, adaptasi alam pun mulai muncul di setiap daerah. Misalnya di daerah Gayo Sumatera dan Indonesia, misalnya Tim Tim menjadi Gayo 1 yang kini sudah terkenal di seluruh nusantara. Sebaliknya, di Bali, Tim Tim diadaptasi sehingga menjadi varietas berbeda yang disebut Kopyol.

Tim Tim juga telah digunakan sebagai sumber genetik dalam proyek perkembangbiakan di seluruh dunia loh!

Hal ini bisa terjadi karena Tim Tim merupakan varietas yang sangat tangguh yang tahan terhadap hama dan penyakit. Beberapa varietas yang muncul dari Tim Tim yang dibesarkan dengan kultivar lain termasuk Catimor dan Sarchimor, di antara banyak varietas lainnya.

ilustrasi kopi tim tim
Credit: coffeeland.com

Jangan lupa untuk membeli biji kopi berkualiatas terbaik di Lakopi, ya!

Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi terbaik versimu, ya!

Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!