Yuk Cari Tahu! Ini Dia 6 Cara Membuat Kopi Sehat!

kopi sehat
Credit: unsplash.com (Kelly Sikkema)

Apa itu kopi yang sehat? Kopi sehat tentu kopi yang dikonsumsi dengan baik dan benar. Apakah kalian tim lebih suka menyeduh kopi sendiri? Atau apakah kalian termasuk tim kopi kekinian? Sudah berapa cup kopi kekinian yang kalian konsumsi hari ini?

Membahas tahun 2020 dari segi kopi, tentu tidak lepas dari semakin banyaknya tren kedai kopi. Minum kopi bukan hanya menjadi kebutuhan namun juga gaya hidup. Kehadiran kedai kopi kekinian tentu sangat menguntungkan para penikmat kopi.

Tahukah kamu? Kedai kopi di Indonesia per Agustus 2019 mencapai jumlah 2.937 kedai, loh!

ilustrasi kedai kopi
unsplash.com (Patrick Tomasso)

Lalu apakah hubungannya tren kedai kopi kekinian ini dengan konsumsi kopimu? Yuk, cari tahu!

Tren Kopi Kekinian dan Manfaat Minum Kopi  Sehat

Kopi jika dikonsumsi dengan baik akan mendatangkan sejuta manfaat untuk kesehatan. Bahkan, konsumsi kopi yang benar dapat membantu penurunan berat bedan, loh!

Tren kehadiran kedai kopi kekinian yang ada saat ini tentu memiliki ciri tertentu seperti jenis kopi yang menjadi signature setiap kedai kopi. Kedai kopi kekinian mayoritas memiliki signature kopi berupa racikan kopi dengan susu, gula, creamer dan berbagai macam artificial sweeteners yang lain.

ilustrasi kopi kekinian
Credit: unsplash.com (Noora Alhammadi)

Sayangnya, dilansir oleh blog.paleohacks.com, sebagian besar konsumen kopi terbiasa mengkonsumsi versi kedai kopi populer – yang biasanya sarat dengan banyak kalori dan gula ekstra. Padahal, kopi akan lebih sehat jika diminum tanpa tambahan ‘pemanis’ dan manfaat kopi akan lebih terasa.

Tapi tenang, Lakopi telah merangkum 6 cara untuk membuat kopimu lebih sehat, loh!

Yuk disimak!

6 Cara Membuat Kopi Sehat!

Hindari pemanis buatan dan hilangkan gula

World Health Organization merekomendasikan konsumsi gula untuk orang dewasa sebesar 25 gram (atau kurang dari itu) per hari. Jumlah gula pada kopi, contohnya saja Frappucino dapat mencapai kadar gula hingga 66 gram per cup!
Bayangkan jika kamu mengkonsumsi 2-3 cup per hari! Tentu tidak baik untuk kesehatan.

artificial sugar
Credit: nytimes.com

Tips: agar tetap bisa mengkonsumsi kopi yang aman, langkah simpel adalah mengkonsumsi black coffee. Agar tetap ada ‘pemanis’ dari kopimu, stevia atau coconut sugar dapat ditambahkan sebagai opsi yang lebih sehat!

Hindari krim buatan

Hampir sama buruknya dengan pemanis buatan, krim buatan dibuat dengan padatan sirup jagung dan minyak terhidrogenasi (lemak trans) yang tidak baik untuk tubuh.

Creamer
Credit: productnation.co

Gunakan filtered water dan biji kopi organik

Biji kopi organik berkualitas tentu akan menghasilkan kopi yang lebih sehat. Saat kita melakukan brewing kualitas penggunaan air dan biji kopi yang baik dan berkualitas akan membuat kopimu lebih sehat.

Biji kopi
Credit: app.emaze.com

Tambahakan cinnamon ke dalam kopi

Menambahkan sejumput cinnamon atau kayu manis dalam kopi yang kita konsumsi dapat menambahkan lebih banyak antioksidan dan membantu mengontrol gula darah.

ilustrasi cinnamon
Credit: unsplash.com (Indivar Kaushik)

Makan sebelum minum kopi

Kebiasaan morning coffee tanpa sarapan sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, loh! Hal ini terjadi karena tubuh kita melepaskan insulin sebagai respons terhadap kafein yang ditemukan dalam kopi. Hal ini akan menyebabkan penurunan besar gula darah, yang membuat kita merasa lelah dan lelah. Jadi, jangan lupa makan sebelum minum kopi, ya!

ilustrasi breakfast set
Credit: unsplash.com (Gabrielle Cepella)

Tambahkan coklat!

Kakao/ coklat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan risiko kanker yang lebih rendah. Menambahkan cocoa powder pada secangkir akan membuat kopimu lebih sehat. Eitss, ingat! Jangan berlebihan di sini. Satu sendok teh kecil sudah lebih dari cukup!

cocoa powder
Credit: naturalmoreish.com

Kenapa Penting Mengonsumsi Kopi yang Sehat?

Tentu penting! Kopi memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Jangan sampai manfaat tersebut berbalik menjadi resiko kesehatan dan membahayakan tubuhmu! Dilansir oleh hellosehat.com disebutkan bahwa minum kopi akan menjadi kebiasaan sehat asal tidak dengan tambahan gula.

Apa saja resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan jika konsumsi kopi kita tidak sehat? Berikut Lakopi merangkumnya untuk kamu!

Risiko Konsumsi Kopi yang Tidak Sehat

kopi tidak sehat
Credit: unsplash.com (Farhad Ibrahimzade)

Kopi bukan menjadi pilihan sehat jika dikonsumsi sarat dengan gula. Jika kita mengkonsumsi kopi kekinian yang sarat akan krim, gula, sirup, bahkan whipped cream dengan jumlah dan intensitas yang tinggi maka risiko bahaya kesehatan akan mengalahkan nilai manfaatnya.

Gula yang digunakan pada kopi juga seringkali gula buatan atau dari sirup jagung yang tinggi akan kandungan fruktosa dan lemak susu. Penggunaan gula ini dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan gangguan kesehatan lain.

Setiap satu sendok tambahan pemanis dalam kopi dapat meningkatkan surplus kalori yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sel lemak. Misalkan secangkir vanilla latte dengan 150 kalori, atau frapucinno dengan kandungan gula 66 gram per cup mungkin terdengar sepele.

Tapi tahukah kamu?

Tambahan begitu banyak gula dan sirup akan menambah kalori setiap hari ini dan melampaui apa yang tubuh benar-benar butuhkan untuk mendukung berat tubuh. Sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga 5-7 kg berat di lain waktu menimbang berat badan.

risiko kesehatan
Credit: suara.com

Wah! Fun fact: kopi  bisa membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan baik, loh! Jika konsumsi kopimu lebih sehat tentu risiko obesitas dan risiko kesehatan lain yang mengancam.

Jadi, konsumsi kopimu dengan lebih sehat, ya!


Jangan lupa untuk mencoba 6 cara mudah diatas agar kopimu lebih sehat dan bermanfaat!

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi kopi yang sehat kita perlu mendapatkan biji kopi yang berkualitas! Kamu bisa cari biji kopi berkualitas dengan berbagai jenis/macam kopi di Lakopi.id!

Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi terbaik versimu dan jangan lupa! Drink your coffee healthily and happily!

Salam Labuhan Kopi