7 Kopi Termahal di Dunia, Kopinya Orang Kaya!

kopi
Credit: Mike Kenneally (Unsplash)

Kopi Termahal di Dunia—Kini, secangkir kopi tidaklah lagi dianggap hanya jenis minuman, melainkan sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Di balik minuman secangkir kopi yang nikmat, terdapat berbagai proses biji kopi yang sangat panjang, mulai dari penanamannya, pengolahannya, dan lain-lain.

Beberapa jenis kopi memiliki harga yang sangat tinggi alias mahal karena berasal dari biji kopi berkualitas dengan metode pengolahan yang intensif. Tentu saja kopi mahal akan berbeda dengan kopi biasa berdasarkan rasa, aroma, bahkan grade pada biji kopi itu sendiri.

Selain itu, biasanya jenis kopi termahal di dunia cenderung langka dan hanya dibudidayakan pada wilayah-wilayah tertentu saja. Nah, para pecinta kopi di dunia umumnya memiliki kopi favoritnya masing-masing, mulai dari produk lokal sampai produk internasional.

Tak hanya itu saja, beberapa dari mereka ada yang rela untuk menyisihkan uang demi membeli kopi dengan harganya sangat tinggi. Nah, penasaran nggak nih kopi apa saja yang memiliki harga selangit? Merangkum dari berbagai sumber, yuk simak artikel ini ya!

Kopi Termahal di Dunia #1: Hacienda El Roble

Hacienda El Roble
Credit: haciendaelroble_coffeefarm (Instagram)

Bisa dibilang, yang satu ini hanya tersedia dalam jumlah tahunan yang terbatas, yaitu sekitar 22 kg per tahun. Kopi Hacienda El Roble ditanam pada pertanian selatan Kolombia, dengan melewati berbagai proses yang sangat detail, bahkan diawasi oleh seorang ahli agronomi. Selain itu, origin dari kopi ini masih menjadi misteri.

Awalnya, pohon kopi ini dibeli oleh seorang pemilik yang percaya kalau mereka adalah varietas Geisha yang sangat berharga dan penting. Namun karena tidak yakin tentang biji apa yang akan dihasilkan, seseorang itu menamai pohon tersebut berdasarkan lahan pertanian yang di mana mereka tumbuh, yaitu HAR-61.

Satu-satunya tempat untuk mendapatkan kopi ini berada pada sebuah roaster di Melbourne, Australia, yang dikenal sebagai Proud Mary. Selain itu, di Proud Mary juga menyimpan semua informasi tentang aroma, rasa, dan bentuk dari kopi tersebut.

Seorang cupper kopi mencoba untuk mencicipi kopi ini dan mengaku sedikit merasakan rasa mangga, persik, dan karamel dengan nuansa aroma bunga yang lembut. Untuk harganya, Kopi Hacienda El Roble dijual dengan harga US$100 per 450 gram atau sekitar Rp1,4 juta.

Kopi Termahal di Dunia #2: Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru

Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru
Credit: (www.ospinacoffee.com)

Kalau yang satu ini ditanam pada ketinggian 7500 kaki (2286 meter) di pegunungan vulkanik yang berlokasi di provinsi Antiquia, negara Kolombia. Kopi ini memiliki rasa yang gurih, aroma yang pedas, dan cita rasa seperti cokelat almond yang memberikan sensasi garing di lidah.

Awalnya, kopi Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru ditemukan pada tahun 1835 oleh sepasang saudara yang melarikan diri dari penjara dan pertanian Ospina menjadi salah satu pertanian komersial berskala besar pertama. Untuk harganya, Kopi Ospina Dynasty Gran Cafe Premier Grand Cru dihargai US$150 per 450 gram atau setara Rp2,2 juta.

Kopi Termahal di Dunia #3: Luwak

Kopi Luwak
Credit: (www.viator.com)

Siapa nih yang tidak mengenal kopi luwak? Kopi yang dihasilkan oleh negara penghasil kopi nomor empat di dunia, yaitu Indonesia. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas, bahkan memiliki keunikan saat proses fermentasinya, yaitu hewan musang yang memakan biji kopi tersebut kemudian mengeluarkan kotoran dalam bentuk biji kopi utuh. Untuk harganya pun dihargai sekitar Rp9,5 juta untuk 500 gramnya. Nah, kira-kira kamu sudah pernah mencobanya belum nih?

Kopi Termahal di Dunia #4: Hacienda La Esmeralda

Hacienda La Esmeralda
Credit: (haciendaesmeralda.com)

Selanjutnya, kopi Hacienda La Esmeralda merupakan salah satu kopi yang paling berharga di dunia. Kopi ini banyak sekali mendapatkan penghargaan dalam kontes kopi dunia. Hacienda La Esmeralda, tumbuh di ketinggian 1500 meter di sisi gunung baru daerah Boquete, di Panama. Selain itu, kopi ini berasal dari pohon kopi warisan varietas Geisha.

Kopi ini sangat mahal dikarenakan jumlahnya yang sedikit sehingga berdampak pada pembagian rasio merata di tahun-tahun tertentu. Selain itu, musim tumbuhnya yang sebentar dengan biaya yang sangat mahal, ditambah rasa yang tidak bisa disaingi.

Tak hanya itu saja, kopi ini memiliki rasa yang ringan dan intens dengan rasa sitrus yang kuat, sekuat kue teh lemon. Untuk harganya, kopi ini mencapai US$350,25 per 450 gram atau setara Rp5,2 juta.

Kopi Termahal di Dunia #5: Black Ivory

Black Ivory
Credit: (dailyhive.com)

Bisa dibilang, nama kopi yang satu ini terbilang elegan dan keren. Proses pembuatan kopi ini mirip dengan kopi luwak, yaitu biji kopi Arabika yang dikonsumsi oleh gajah-gajah di Thailand bagian utara.

Sebagai hewan herbivora, gajah memiliki enzim khusus dan kandungan asam dalam lambung gajah dapat memisahkan protein dalam biji kopi, sehingga memberikan rasa yang khas pada jenis kopi ini.

Untuk harganya pun sangat mahal. Kopi ini dijual senilai Rp23,7 juta per 500 gram. Katanya, kopi ini diproduksi melalui kerja sama dengan tempat penangkaran gajah yang menyelamatkan gajah-gajah dari kekerasan industri pariwisata. Hasil penjualan kopi ini juga akan dimanfaatkan untuk biaya kesehatan gajah-gajah tersebut.

Kopi Termahal di Dunia #5: Finca El Injerto

Hacienda La Esmeralda
Credit:(fincaelinjerto.com)

Kopi Finca El Injerto berasal dari Guatemala, negara Amerika Serikat. Kopi ini tumbuh pada ketinggian 1500-1900 di atas permukaan laut dan 100 persen biji kopi Arabika. Kopi ini diproses secara detail serta kelangkaan yang membuat harganya menjulang tinggi, yaitu sekitar US$500 dolar per 450 gram atau setara Rp7,4 juta.

Tak hanya itu saja, kopi Finca El Injerto memiliki aroma khas yang didominasi oleh wangi bunga dan tanaman herbal, tetapi sedikit juga ada rasa hazelnut serta cokelat yang intens saat diminum.

Kopi Termahal di Dunia #7: Saint Helena

Saint Helena
Credit:(www.9thstreetcoffee.com)

Kopi ini berasal dari seorang tokoh militer Perancis bernama Napoleon Bonaparte yang awalnya gemar meminum kopi. Setelah itu, dia membudidayakan kopi Saint Helena yang terletak di tengah Samudera Atlantik, 1.200 mil dari Pantai Barat Afrika.

Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat berkualitas, ditambah aroma karamel serta sedikit rasa jeruk di dalamnya. Untuk harga, Kopi Saint Helena dihargai senilai US$79 atau Rp1,1 juta per 450 gram.


Nah, itu dia beberapa kopi yang harganya bisa membuat dompet kamu kosong. Namun jangan salah, walaupun mahal, dijamin deh rasanya pun sangat berkualitas dan berkelas. Selain itu, perlu juga tahu kalau kopi-kopi mahal itu berasal dari biji mentah yang tentunya sangat berkualitas.

Penasaran biji kopi mentah apa saja? Yuk kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam aneka biji kopi mentah dengan kualitas yang sangat bagus dan tentunya bisa kamu beli. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.