7 Macam Kopi Amerika Selatan yang Perlu Kamu Tahu!

Kopi Amerika Selatan
Credit: independent.co.uk

Kopi Amerika Selatan – Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kopi sudah menjadi kebutuhan hidup di dalam masyarakat dunia. Berbagai negara pun berlomba-lomba untuk menghasilkan secangkir kopi terbaik mereka, termasuk negara Amerika Selatan.

Bisa dibilang, kopi yang dihasilkan dari selatan Amerika sangat terkenal sebagai salah satu kopi terfavorit di dunia. 

Menurut berbagai sumber mengemukakan bahwa Amerika Selatan disebut sebagai tempatnya negara-negara Amerika Latin yang menyumbang penjualan kopi terbesar di dunia. Tak hanya itu, biji yang dihasilkan pun beraneka macam ragam.

Nah, penasaran tidak sih apa saja jenis kopi Amerika Selatan ini? Buat kamu yang mungkin tidak sempat untuk pergi ke sana dan ingin mengetahui rasa-rasa dari kopi-kopi itu, simak artikel ini sampai habis ya! Artikel ini dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Kopi Amerika Selatan #1: Kopi Kolombia

Kopi Kolombia
Credit: dunia.rmol.id

Katanya, kopi pertama kali ditemukan di Kolombia pada tahun 1723 yang dibawa oleh para misionaris Jesuits, walaupun ada juga yang mengatakan hal berbeda dari sumber lain.

Bisa dibilang, peredaran kopi di Kolombia cukup terlambat sehingga tidak mengalami perkembangan yang mengesankan sampai akhir abad-19.

Namun, pada tahun 1912, mulai adanya perkembangan dan menjadikan Kolombia sebagai salah satu komoditi terbesar di negaranya dengan persentase sebesar 50% dari total ekspor.

Kini, secangkir kopi asal negara Kolombia ini termasuk varietas yang banyak disukai dari Amerika Selatan. Selain itu, kebanyakan tanaman kopi ini tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian 900-2300 meter di atas permukaan laut.

Terlebih, penanaman kopi ini juga didukung dengan kontur tanah yang sangat bagus sehingga menghasilkan kopi yang sangat berkualitas tinggi.

Karakteristik Kopi Kolombia

Dapat dikatakan kalau rasa kopi dari negara Kolombia ini cukup beragam atau bervariasi, yaitu cita rasa cokelat dan sedikit berat di dalam mulut, sweet taste, serta rasa buah-buahan (fruity). Kira-kira kamu sudah pernah mencoba kopi yang satu ini?

Kopi Amerika Selatan #2: Kopi Bolivia

Ilustrasi Kopi Bolivia
Credit: amazon.com

Negara penghasil kopi asal Amerika Selatan selanjutnya adalah Bolivia. Bisa dibilang, Bolivia merupakan negara yang patut diperhitungkan dalam memproduksi kopi yang berkualitas dan nikmat.

Tanah di wilayah Bolivia ini cukup bagus untuk penanaman kopi yang ditanam pada ketinggian sekitar 155-2.300 meter di atas permukaan laut.

Namun, produksi kopi dari Bolivia ini terbilang cukup langka dan kecil daripada negara Amerika Selatan lainnya.

Karakteristik Kopi Bolivia

Nah, kopi Bolivia ini memiliki cita rasa yang sangat manis dan bersih. Akan tetapi, kopi Bolivia ini jarang ditemukan rasa fruity yang khas. Untuk tekstur kopi ini juga cenderung ringan dan lembut di mulut. 

Kopi Amerika Selatan #3: Kopi Costa Rica

kopi Costa Rica
Credit: amerika.panduanwisata.id

Kalau yang satu ini sudah ada sejak abad ke-19 di Costa Rica. Pada tahun 1821 saat Costa Rica merdeka dari jajahannya negara Spanyol, pemerintahnya pun langsung memberikan bibit pohon kopi gratis kepada rakyatnya untuk ditanam dan dirawat sebaik mungkin.

Tak hanya itu saja, hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk mendorong produksi negara pada saat itu. Menurut catatan sejarah mengatakan bahwa terdapat 17 ribu lebih pohon kopi yang ditanam pada saat itu. 

Itu sebabnya, negara ini benar-benar mengurus kopi dengan baik karena sejak awal, pemerintahannya sudah mendukung dan memfokuskan untuk menanam pohon kopi.

Kopi Costa Rica ini ditanam pada ketinggian dari 500 – 1.900 meter di atas permukaan laut di berbagai wilayah dataran tinggi Costa Rica. 

Karakteristik Kopi Costa Rica

Kopi yang satu ini memiliki rasa yang cenderung manis dan bersih, bahkan memiliki body light. Biji kopi Costa Rica menghasilkan rasa yang bervariasi seperti kopi Kolombia, memiliki tingkat keasaman yang ideal,, dan kaya akan aromanya yang khas..

Kopi Amerika Selatan #4:

kopi
Credit:bp-guide.id

Siapa sih yang tidak mengenal negara produsen kopi terbesar di dunia ini? Yap, dapat dikatakan sudah lebih dari 150 tahun, Brazil menjadi produsen terbesar, bahkan sepertiga penjualan kopi pun berasal dari negara ini.

Awalnya, tanaman kopi pertama kali dikenalkan dari French Guiana di tahun 1727. Di saat itu, Brazil masih dibawahi oleh pemerintahan Portugis. Brazil juga menghasilkan kopi robusta dan arabika seperti negara Indonesia.

Kopi ini ditanam pada ketinggian sekitar 550-1.350 meter di atas permukaan laut. Waktu panennya terbilang cukup lama, yakni dari bulan Mei sampai September. Itu sebabnya pasokan kopi di negara ini sangat banyak.

Karakteristik Kopi Brazil

Untuk rasanya pun tidak usah diragukan lagi, sudah pasti sangat nikmat untuk disantap. Kadar keasamannya sangat rendah, teksturnya yang penuh di dalam mulut, serta memiliki rasa yang manis, seperti rasa cokelat dan nutty.

Kopi Amerika Selatan #5: Kopi Geisha Panama

Kopi Geisha Panama
Credit: en.wikipedia.org

Awalnya, kopi ini masuk ke Panama pertama kali pada abad ke-19 setelah dibawa oleh para pedagang Eropa. Di kala itu, Panama mungkin tidak mempunyai reputasi yang bagus soal kopi mereka.

Terlebih, kopinya hanya diproduksi sekitar 10% dari negara Costa Rica. Akan tetapi, dengan adanya perkembangan zaman yang semakin modern ini, Panama pun berkembang dengan cepat dan menghasilkan kopi yang sangat nikmat.

Itu sebabnya para pecinta kopi specialty memberikan perhatian penuh untuk Panama.Tak hanya itu saja, kopi Panama ini juga ditanam di daerah pegunungan di ketinggian sekitar 400-1.900 meter di atas permukaan laut. Untuk waktu pemanenannya juga cukup lama, yakni Desember hingga Maret.

Karakteristik Kopi Geisha Panama

Cita rasa yang dihasilkan dari kopi ini cenderung citrusy floral, tekstur yang lembut dan kompleks, serta memiliki body yang light.

Kopi Amerika Selatan #6: Kopi El Salvador 

kopi El Salvador
Credit: filosofikopi.com

Kopi ini pertama kali masuk pada tahun 1850 dan menjadi salah satu kopi terfavorit. Kopi El Salvador ini menjadi hal penting untuk membangun ekonomi negara dan menjadi komoditi ekspor utama bagi negara.

Pada tahun 1880, El Salvador menjadi negara penghasil kopi di dunia dengan urutan yang keempat. Terlebih, produksinya dua kali lebih banyak dari yang sekarang. 

Perlu diketahui bahwa kopi ini ditanam pada ketinggian 500-2.300 meter di bawah permukaan laut.

Karakteristik kopi El Salvador

Untuk rasanya pun cenderung khas dan sangat nikmat karena memiliki sweetness yang seimbang. Tingkat keasamannya pun tidak terlalu tinggi dan membuat kamu ketagihan saat mencicipinya. 

 Kopi Amerika Selatan #7: Kopi Ecuador

kopi Ecuador
Credit: sensecuador.com

Terakhir, negara Ecuador ini cukup lebih lambat daripada negara Amerika Selatan lainnya, yakni sekitar tahun 1860 di provinsi Manabi.

Setelah itu, produksinya pun mulai berkembang dan merata di seluruh negara, bahkan mulai ekspor kopi ke negara Eropa juga.

Karakteristik Kopi Ecuador

Cita rasa dari kopi ini cenderung manis dan lebih kompleks. Selain itu, tingkat keasamannya pun cukup ideal dan teksturnya sangat lembut di dalam mulut


Nah, itu dia informasi mengenai sederet kopi yang dihasilkan oleh negara Amerika Selatan.  Buat kamu yang belum pernah membelinya, bisa dicoba nih! Selain itu, kamu juga perlu tahu ya kalau secangkir kopi yang nikmat itu berasal dari biji kopi berkualitas.

Kira-kira belinya di mana ya? Tak perlu khawatir, yuk kunjungi lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi pilihan yang langsung dipetik oleh petani. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.