Begini 10 Tips Buka Kedai Kopi untuk Pemula: Peluang Bisnis yang Menjanjikan!

Tips Buka Kedai Kopi
Credit: rawkkim (Unsplash)

Tips Buka Kedai Kopi – Sejak zaman dulu sampai sekarang, kopi memang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saking populernya, kini banyak sekali pengusaha kopi yang memulai bisnis kopi, mulai dari kedai kopi pinggir jalan, kedai kopi tradisional, sampai kedai kopi modern.

Bisa dibilang, memiliki kedai kopi sendiri merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk kedepannya. Siapa sih yang tidak ingin memiliki kedai kopi sendiri?

Bahkan kita sendiri sebagai bosnya. Mungkin semua orang berpikir bahwa hal yang paling penting untuk membangun kedai kopi adalah modal uang untuk memulainya.

Namun, tidak hanya modal uang saja, tetapi minat, niat, dan mimpi kamu saat memulainya. Jika tidak ada niat sedari awal, bagaimana kedai kopi kamu akan laku?

Nah, kira-kira bagaimana ya tips untuk membangun atau buka kedai kopi sendiri? Buat kamu yang ingin menjadi seorang pengusaha kopi, coba deh dipikirkan sederet tips ini. Merangkum dari berbagai sumber, berikut tips-nya!

Tips Buka Kedai Kopi #1: Awali dengan Niat

Ilustrasi Orang Niat Membuka Kedai Kopi
Credit: NeONBRAND (Unsplash)

Nah, tips yang pertama adalah niat kamu untuk membuka kedai kopi. Sebab, jika kamu tidak niat untuk membukanya, lantas untuk apa?

Semua hal yang dikerjakan tentunya berawal dari niat dan kemauan. Jadi, buat kamu yang ingin buka kedai kopi sendiri, jangan lupa mantapkan niat ya!

Tips Buka Kedai Kopi #2: Buat Plan Bisnis

Ilustrasi Bisnis Plan
Credit: William Iven (Unsplash)

Setelah niat sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis atau business plan.

Kumpulkan semua pertanyaan yang perlu kamu jawab, seperti tujuan kamu membuka usaha kedai kopi, siapa saingan kamu nanti, hal unik apa yang dapat ditunjukkan dari kedai kopi, bagaimana kamu meraih keuntungan, dan juga siapa yang menjadi target konsumen kamu.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhitungkan uang modal yang akan kamu gunakan. Siapkan langkah-langkah juga untuk menjalankan operasional usaha kedai kopi kamu, seperti cara mempromosikannya, siapa supplier untuk kedai kopi, dan juga goal yang ingin kamu raih.

bisa dibilang, bisnis plan ini sangat membantu kamu agar lebih terarah dalam mengembangkan usaha buka kedai kopi.

Tips Buka Kedai Kopi #3: Mengetahui Target Market/Pasaran

Target Pasar
Credit: Nick Hillier (Unsplash)

Bisa dibilang, tips yang satu ini juga sangat penting untuk buka kedai kopi, yaitu siapakah yang akan menjadi target atau sasaran market kedai kopi kamu.

Misalnya, kamu ingin membuka warung kopi di tempat umum untuk para anak muda atau milenial. Tentu saja kamu harus membuat kedai kopi yang semenarik mungkin dan membuat menu kopi kekinian untuk menarik hati para kaum anak muda.

Selain itu, dekorasi tempat yang perlu kamu siapkan, seperti Instagramable, colorful, classic, dan cheerful. 

Namun, jika kamu memfokuskan kedai kopi untuk orang-orang kantor, menu variannya bisa kamu tambahkan dengan varian teh dan juga makanan-makanan ringan.

Jangan lupa untuk menghitung modal atau anggaran yang perlu dipersiapkan agar pengeluaran pun tersusun dengan baik.

Tips Buka Kedai Kopi #4: Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi Strategis
Credit: Sophie Augustin (Unsplash)

Nah, yang satu ini juga hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan kedai kopi kamu. Carilah tempat yang ramai, seperti dekat mall, perumahan, perkantoran, atau tempat yang sering dilewati kendaraan.

Jangan lupa untuk memperhatikan siapa sasaran market yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Tak hanya itu saja, unsur kebersihan dan keamanan untuk lokasi yang kamu pilih juga sangat penting agar para pelanggan kamu nantinya merasa nyaman dan betah di kedai kopi.

Tips Buka Kedai Kopi #5: Mencari Barista yang Berketerampilan Baik

ilustrasi berbagi ilmu kepada pelanggan
Credit: Blake Wisz (Unsplash)

Ada baiknya seorang barista memiliki keterampilan yang baik, dari sikapnya maupun caranya ia bekerja. Sebab, seorang barista harus mempunyai sikap yang mampu bersosialisasi dengan baik kepada para pelanggannya. 

Selain itu, beberapa pelanggan yang datang ke kedai kopi kamu ingin mempelajari wawasan tentang kopi. Seorang barista harus bisa menjawab pertanyaan dengan tulus, senang, dan ramah.

Hal tersebut tentunya membuat para pelanggan nyaman dan selalu ingin berkunjung ke kedai kopi kamu. Benar begitu bukan?

Tips Buka Kedai Kopi #5: Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Promosi melalui Media sosial
Credit: digiads.co.id

Jangan lupa untuk mempromosikan kedai kopi kamu lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan influencer atau YouTuber untuk menaikan engagement terhadap kedai kopi kamu.

Selain  itu, kamu juga bisa mencari seorang content creative untuk membuat konten-konten unik yang dapat menarik perhatian para pelanggan. 

Buatlah website untuk kedai kopi dan daftarkan situs-situs food review agar usaha kamu semakin naik dan laris. Sebab, semakin banyak kamu menjangkau pelanggan dari media sosial, semakin banyak orang yang dapat me-reach kedai kopi kamu.

Tips Buka Kedai Kopi #6: Mencari Supplier yang Terpercaya

metode pengolahan kering
Credit:(www.coffindo.id)

Untuk menyajikan dan membuat secangkir kopi yang nikmat, kamu perlu mencari supplier yang terpercaya, mulai dari roaster yang menyediakan biji kopi yang berkualitas dan supplier lainnya.

Ada baiknya mencari supplier yang dekat dengan lokasi kedai kopi agar pengiriman jauh lebih cepat dan murah.

Tips Buka Kedai Kopi #7: Perhatikan Dekorasi Interior dan Eksterior

Meskipun dekorasi sebagai pemanis kedai kopi kamu, tetapi jika tidak diterapkan, kedai kopi kamu terlihat sangat membosankan. Terlebih, pelanggan itu paling suka dengan kedai kopi yang unik, mulai dari dekorasi interior atau eksteriornya.

Untuk mendapatkan inspirasi mengenai dekorasinya, kamu dapat mendatangkan beberapa kedai kopi yang sudah terkenal di daerah sekitar tempat kamu tinggal, dan juga pelajari bagaimana kiat sukses mereka.

Tips Buka Kedai Kopi #8: Pelajari Pembukuan untuk Keuangan

Jika kamu memutuskan untuk membuka kedai kopi, kamu pun harus memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai keuangan, terutama pembukuan. Jika kamu memiliki modal lebih banyak dan malas untuk belajar keuangan, kamu bisa mempekerjakan seorang akuntan.

Namun, jika tidak memiliki modal yang lebih banyak atau pas-pasan, kamu bisa belajar sendiri. Sebab, belajar keuangan itu tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu ketelitian dan ketekunan saat menghitungnya. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengikuti seminar bisnis yang bisa ditemukan di internet.

Tips Buka Kedai Kopi #9: Jangan Terlalu Banyak Menerima Karyawan untuk Pemula

Nah, jika kamu baru membuka kedai kopi, ada baiknya jangan terlalu banyak memperkerjakan karyawan. Untuk beberapa bulan, kamu bisa mengajak keluarga atau teman-temanmu untuk memulai bisnis bersama. Perlahan-lahan, jika sudah mulai ramai, barulah kamu menerima pegawai baru untuk membantu.

Jangan merekrut pegawai dengan asal-asalan, carilah beberapa artikel atau meminta tips dari teman bagaimana merekrut karyawan yang bagus untuk kedai kopi kamu.

Sebab, mencari pegawai yang berpengalaman di bidangnya adalah sesuatu yang sulit, meskipun calon pegawai kamu ini sangat bagus saat diwawancara.

Tips Buka Kedai Kopi #10: Semangat dan Jangan Pantang Menyerah

Semangat
Credit: bruce mars (Unsplash)

Tips yang terakhir adalah jangan pantang menyerah untuk meraih kesuksesan. Sebab, untuk buka kedai kopi sendiri itu perlu adanya perjuangan dan banyak sekali rintangan yang akan kamu hadapi di awal. 

Akan tetapi, rintangan tersebut dapat dilewati dengan semangat dan kegigihan kamu dalam membangun kedai kopi.


Nah, itu dia sederet tips untuk buka kedai kopi sendiri. Tentunya perlu ada persiapan dari awal untuk meraih kesuksesan menjadi pengusaha bisnis kopi.

Kamu juga perlu tahu kalau minuman kopi yang nikmat itu berasal dari biji kopi mentah yang berkualitas. Nah, kira-kira di mana sih beli biji kopi mentah yang bagus dan trade langsung ke petani?

Yuk kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas dan juga dipetik langsung oleh petani.

Tak perlu khawatir dengan transaksinya! Sebab, lakopi.id menyediakan trade/transaksi langsung ke para petani. Yuk! Tunggu apalagi? Kunjungi lakopi.id sekarang. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.