9 Rekomendasi Mesin Kopi untuk Coffee Shop, Sudah Pasti Berkualitas!

Mesin Kopi untuk Coffee Shop
Credit: Daryan Shamkhali (Unsplash)

Mesin Kopi untuk Coffee Shop – Nah, zaman sekarang, perkembangan coffee shop semakin pesat di Indonesia. Buat kamu yang ingin membuka coffee shop, tentunya ada alat mesin kopi yang wajib kamu punya untuk menghasilkan secangkir kopi yang enak dan nikmat, salah satunya adalah mesin kopi espresso.

Mesin ini dapat menghasilkan ekstraksi biji kopi yang berkualitas dan membuat segala jenis minuman berbahan dasar espresso, seperti cappuccino, coffee latte, moccacino, dan lain sebagainya. Selain itu, mesin kopi pun juga dapat memproduksi 10-20 cangkir sesuai desain mesin kopi atau modelnya.

Namun, buat kamu yang baru membuka coffee shop dan mungkin kebingungan untuk memilih mesin kopi apa yang cocok, ada baiknya kamu pertimbangkan kebutuhan dan anggaran agar menemukan mesin kopi apa yang pas untuk coffee shop kamu.

Tak hanya itu saja, umumnya mesin kopi itu mempengaruhi rasa dan kualitas minuman kopi agar para pelanggan betah di coffee shop kamu.

Nah, kira-kira apa saja ya mesin-mesin kopi untuk coffee shop yang bagus dan berkualitas? Merangkum dari berbagai sumber, yuk! Simak artikel ini ya!

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #1: Getra QLT-Q006

Getra QLT-Q006
Credit: ottencoffee.co.id

Mesin kopi yang satu ini merupakan mesin kopi otomatis dan cocok untuk kamu yang baru memulai membuka coffee shop. Getra QLT-Q006 memiliki warna hitam dan memakai daya listrik sebesar 1500 watt.

Selain itu, mesin kopi ini juga dilengkapi fitur menarik, yaitu hanya sekali sentuh saja untuk membuat coffee latte, cappuccino, espresso, hot water, dan hot milk.

Tak hanya itu saja, mesin kopi Getra QLT-Q006 pun dilengkapi dengan boiler ganda yang berguna untuk memisahkan uap dan kopi, serta terdapat 19 bar pompa ULKA asli dari Italia. Tabung susu pada mesin ini berukuran 600 ml dan bisa dilepas pasang, bahkan mudah untuk dibersihkan.

Mesin ini memiliki 3 pilihan suhu untuk membuat kopi yang disesuaikan dengan volume bubuk dan tingkat kekasaran yang diinginkan. Harganya pun cukup menguras dompet, yakni sekitar Rp7,8 juta hingga Rp10,8 juta.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #2: Ascaso Dream Up V2.0

Ascaso Dream Up V2.0
Credit: espressodolce.ca

Selanjutnya, ada Ascaso Dream Up V2.0 Espresso Machine yang bisa menjadi pilihan kamu berikutnya. Mesin ini dipercantik dengan sentuhan retro, seperti bentukan mesin-mesin espresso dan memiliki beraneka macam warna.

Walaupun masih terbilang baru, tetapi mesin Ascaso Dream Up V2.0 dijamin bikin kamu bahagia deh! Selain itu, bahan dasar mesin ini terbuat dari aluminium dan sangat mudah dioperasikannya, yakni dengan menyalakan saklar serta daya pusat jika ingin memanaskannya.

Fitur rocker switch pada mesin berfungsi untuk mengontrol steaming dan coffee brew. Kapasitas tangki air pun sebanyak 48 oz dan mudah untuk dilepas pasang.

Tak hanya itu saja, mesin kopi ini juga memiliki sederet lampu indikator yang berguna sebagai informasi, seperti status mesin sampai tingkat suhu di dalamnya. Untuk harganya, yaitu sekitar Rp9 juta-12 juta.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #3: Oxone OX-212 Coffee and Tea Maker

oxone coffee & tea maker ox-212
Credit: Shopee.id

Mesin kopi yang ketiga adalah Oxone OX-212 Coffee and Tea Maker, yang tersedia dengan warna hitam elegan. Mesin ini memiliki kapasitas 1,25 liter yang bisa menghasilkan 12 cangkir kopi sekaligus, dan juga memakan daya sebanyak 650 watt.

Selain itu, mesin ini memiliki dua bagian penting, yaitu bagian atas untuk membuat minuman kopi serta bagian bawah untuk menghangatkan minuman kopi.

Terlebih, mesin ini juga bisa digunakan untuk menyeduh minuman teh favoritmu. Harganya pun terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp443 ribu.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #4: Breville Duo Temp Pro Espresso Machine

Breville Duo Temp Pro Espresso Machine
Credit: consumer.org.nz

Mesin kopi berikutnya, yaitu Breville Duo Temp Pro Espresso Machine yang berasal dari negara Australia. Mesin ini memiliki 15 bar pompa yang dapat memberikan tekanan rendah ke dasar kopi dan menaikkan tekanan pada tahap ekstraksi kopi.

Selain itu, mesin  Breville Duo Temp Pro ini dilengkapi fitur duo-temp pro yang dapat mengawasi sistem pemanas agar minuman kopi tidak hangus.

Terlebih lagi, mesin ini disertai razor yang berguna untuk memastikan ukuran dosis yang dimasukkan ke dalam mesin. Untuk harganya, mesin kopi ini seharga Rp 6,9 juta. Kira-kira minat tidak nih?

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #5: Sigmatic Coffee Maker 100 SS

Sigmatic Coffee Maker 100 SS
Credit: Tokopedia.com

Nah, yang satu ini bisa menghasilkan minuman yang nikmat hanya dengan bubuk kopi saja. Terlebih, bisa menghasilkan berbagai jenis minuman kopi, seperti espresso, moccacino, cappucino, coffee latte, bahkan bisa menyeduh teh pun bisa.

Mesin Sigmatic Coffee Maker 100 SS dilengkapi aluminium boiler yang berguna menghasilkan panas dengan cepat. Selain itu, juga dilengkapi fitur knop pengatur yang berguna untuk mengontrol mesin karena kopi dan uapnya diatur secara otomatis.

Keunggulan dari mesin ini, adanya steam pressure 15 bar yang disertai dengan safety system agar tidak terjadi panas atau tegangan berlebih, serta ampas kopi mudah dibersihkan.

Kapasitas air yang ditawarkan sebesar 1,5 liter yang dapat menghasilkan 12 cangkir kopi sekaligus. Harganya pun cukup ekonomis, yakni sebesar Rp2-2,6 juta.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #6: Krups XP5620

Krups XP5620
Credit: moedah.com

Mesin kopi yang satu ini berasal dari produsen Jepang yang disebut Krups. Bisa dibilang, mesin Krups XP5620 menjadi salah satu mesin kopi favorit karena memiliki fitur dan desain yang terkesan mewah dan berkelas.

Dari segi desain, mesin ini terlihat sangat elegan dengan warna silver dan hitam, serta fitur mesin ini dilengkapi 1,1 liter tangki air yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Untuk harganya, sekitar Rp3,5 juta-4,9 juta.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #7: Gaggia Viva Deluxe 

Gaggia Viva Deluxe Mesin Kopi
Credit: viewclickbuy.co.uk

Kemudian berikutnya, mesin kopi yang hadir dengan desain simpel dan mampu bekerja layaknya mesin canggih. Gaggia Viva Deluxe memiliki fitur portafilter untuk menghasilkan krim, serta fitur pannarello frother susu yang dapat menghasilkan secangkir cappucino yang nikmat.

Tak hanya itu saja, mesin ini memakan daya sebanyak 1025 watt, dan terdapat mode stand by secara otomatis jika sudah tidak dipakai selama sembilan menit. Untuk harganya, mesin kopi ini dijual sekitar Rp2,5 juta.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #8: DeLonghi DL Bco260CD MC Intaruska

DeLonghi DL Bco260CD MC Intaruska
Credit: Tokopedia.com

Bisa dibilang, mesin kopi dengan daya 1750 watt ini mampu membuat minuman kopi hanya dalam hitungan menit saja, bahkan dihiasi dengan desain yang elegan dan menarik.

Selain itu, mesin kopi DeLonghi dilengkapi kapasitas tangki air sebesar 1,3 liter atau setara dengan 10 cangkir kopi. Terlebih, kontrol elektronik di mesin ini secara otomatis dapat menyala setiap pagi, sehingga kamu tidak repot-repot menekan tombolnya saat memulai membuat kopi.

Mesin Kopi untuk Coffee Shop #9: Willman Semi Auto Coffee Maker

Willman Semi Auto Coffee Maker
Credit: Tokopedia.com

Terakhir, mesin kopi yang dapat membuat kopi 3 in 1 dalam berbagai bentuk kopi, seperti kopi pod, kopi kapsul, dan kopi bubuk. Terlebih, kamu juga dapat membuat heat milk, steamed milk, dan memanaskan air.

Mesin ini dilengkapi tekanan 202 bar dengan desain yang mewah dan juga memakan daya sebesar 1400 watt. Untuk harganya pun tergolong murah, yaitu sekitar Rp1,7 juta. Bagaimana? Tertarik untuk membelinya?


Nah, itu dia sederet rekomendasi mesin kopi yang bagus untuk coffee shop. Buat kamu yang baru banget atau akan membuka coffee shop, lebih baik mencoba mesin-mesin yang mudah digunakan seperti contoh pada artikel ini.

Selain itu, untuk menghasilkan kopi yang nikmat, tidak berasal dari mesinnya saja, tetapi juga dari biji kopinya. Bingung membeli biji kopi mentah yang berkualitas? Tak usah khawatir, lakopi.id menyediakan berbagai jenis biji kopi yang berkualitas dan tentunya dipetik langsung oleh para petani.

Yuk kunjungi lakopi.id sekarang untuk memesannya. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.