7 Acara Kopi Tahun 2021 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Acara kopi
Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Acara kopi – Tahun 2021 memang bukan merupakan tahun yang mudah. Memasuki bulan Februari, pandemi Covid-19 tentunya menjadi salah satu penyebab tahun ini diawali dengan tidak biasa.

Tren kopi yang berkembang dari tahun 2020 tidak lantas berkurang, hanya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Terbukti dengan banyaknya ajakan dan seruan untuk ngopi dari rumah, banyak yang kemudian menjadi belajar membuat secangkir kopi untuk kebutuhan kafein harian.

Eitts! Terlepas dari hal tersebut ternyata acara tahunan kopi dari berbagai belahan dunia tetap diadakan, loh! Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mematuhi pre-caution Covid-19 di tempat acara diselenggarakan.

Mau tahu ada acara apa saja di tahun ini? Yuk kita simak!

amsterdam coffee festival
Credit: Specialty Pal on amsterdamcoffeefestival.com/ Gallery

Acara Kopi #1: Specialty Coffee Expo Tahun 2021!

Speciality Coffee Expo merupakan event yang dirancang untuk menjadi coffee professional’s one stop shop atau toko kopi yang serba ada bagi para profesional dalam bidang ini dan menyediakan apa saja yang mereka butuhkan.

Specialty Coffee Expo akan menghadirkan ‘segalanya’ yang dibutuhkan dalam industri kopi. Seperti roaster dan retailer, akan ada berbagai kelas, seminar, laboraturium dan program untuk mendapatkan sertifikat SCA. Tidak ketinggalan profesional dari bidang Food and Beverage juga tentunya para coffee enthusiast dari semua latar belakang dapat hadir dan berpartisipasi atau sekedar menonton kompetisi yang ada!

Tahun ini Specialty Coffee Expo dijadwalkan pada April 2021 di New Orleans. Namun, pada 9 September 2020 lalu, Specialty Coffee Association mengumumkan adanya penundaan dari acara ini menjadi September-Oktober tahun 2021. 

Specialty coffee expo
Credit: coffeeexpo.org

Acara Kopi #2: World Latte Art Championship 2021!

World Latte Art Championship (WLAC) adalah kompetisi yang dibuka untuk pemenang dari National Champions yang merupakan sanctioned competition event dari World Coffee Events. Peserta dari WLAC merupakan pemenang dari kompetisi nasional yang diadakan masing-masing negara perwakilan.

Bersama dengan 2 events lainnya dari WCE yaitu World Coffee In Good Spirits Championship (WCIGS), dan World Coffee Roasting Championship (WCRC).World Latte Art Championship tahun 2021 akan diselenggarakan di Taiwan! Yap! Event dari World Coffee Event ini akan menjadi bagian dari Taiwan International Coffee Show untuk pertama kalinya!

World Latte Art Championship (WLAC) memberikan penghargaan kepada seniman latte terbaik melalui beberapa putaran minuman dan desain yang harus mereka tuangkan, baik di atas panggung, dan untuk penonton di Art Bar. Taiwan International Coffee Show akan diadakan di Nangang Exhibition Center di Taipei pada 19-22 November 2021.

world latte art championship
Credit: worldcoffeevents.org

Acara Kopi #3: World Brewers Cup 2021!

Event sekaligus kompetisi kopi brewing ini diselenggarakan oleh World Coffee Events, sebuah organisasi yang didirikan oleh Specialty Coffee Association. World Brewers Cup pertama diadakan pada tahun 2011 di Maastricht, Belanda. Para peserta yang mewakili negaranya dalam World Brewers Cup merupakan pemenang pertama dari kompetisi nasional di negaranya masing-masing.

World Brewers Cup tahun ini menjadikan Athena, Greece sebagai tuan rumah. Kompetisi ini akan diadakan pada 24-26 Juni 2021. Bertajuk 2021 Athens World Coffee Championship, terdiri dari 4 kompetisi dari WCE yaitu World Barista Championship, World Brewers Cup, World Cup Tasters Championship, and Cezve/Ibrik Championship.

brewing coffee
Tetsua Kasuya by Dennis Hicks melalui perfectdailygrind.com

Acara Kopi #4: World Barista Championship 2021!

Siap-siap! World Barista Championship tahun 2021 akan diadakan di Athena!  Yap! World Barista Championship tahun 2021 akan menjadi bagian dari Athens World Coffee Championships pada 23-26 Juni 2021 bersama dengan 4 kompetisi lain dari World Coffee Events yaitu World Brewers Cup, World Cup Tasters Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

Sama dengan event kopi lain dibawah World Coffee Event seperti World Brewers Cup dan World Latte Art Championship (WLAC), World Barista Cup dapat dikatakan sebagai event puncak dan paling ditunggu. World Barista Championship diselenggarakan akan diikuti oleh para pemenang kejuaraan barista nasional, yang dijalankan oleh cabang Specialty Coffee Association (SCA), atau badan nasional nirlaba yang independen dan diakui.

world barista championship
Finals Boston World Barista Championship
Credit: worldcoffeeevents.org

Acara Kopi #5: Amsterdam Coffee Festival Tahun 2021!

Amsterdam Coffee Festival ternyata bukan hanya festival kopi biasa, loh! Festival ini adalah salah satu acara yang bisa dinikmati bukan hanya oleh pecinta kopi namun teh, coklat, dan food lovers! Yap! Festival dengan paket lengkap bukan?

Acara ini merupakan pengalaman yang sangat wajib kamu rasakan jika kamu merupakan penikmati kopi, pecinta kuliner bahkan pelaku industri dan banyak lagi. Seperti kemeriahan festival pada umumnya, Amsterdam Coffee Festival tentu dipenuhi juga dengan seni, musik, dan suasana yang positif. Tentunya dengan bonus kopi nikmat yang bisa kamu coba di sini!

Dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 di Amsterdam sendiri, Amsterdam Coffee Festival yang dijadwalkan pada bulan Maret harus bergeser menjadi bulan November. Yap! Tepatnya 5-7 November 2021 di Westergas! Tentunya dengan banyak kegiatan seru seperti Roaster Market, Live Latte Art, Food Market dan lain-lain.

amsterdam coffee festival
Credit: Specialty Pal on amsterdamcoffeefestival.com/ Gallery

Acara Kopi #6: World Cup Tasters Championship 2021!

World Cup Tasters Championship merupakan kompetisi yang diikuti oleh professional coffee cupper yang menunjukkan kecepatan, keterampilan dan ketepatan dalam membedakan perbedaan cita rasa pada kopi specialty. 

Ada kabar gembira nih untuk kamu! World Cup Tasters Championship akan hadir kembali di tahun 2021! Tentunya mempertimbangkan Covid-19 pre-caution serta acara yang telah di desain dan dipertimbangkan dengan matang, World Cup Tasters Championship tahun 2021 akan hadir di Athena!

World Cup Tasters Championship tahun 2021 akan menjadi bagian dari Athens World Coffee Championships bersama dengan 4 kompetisi lain dari acara dalam naungan World Coffee Events yaitu World Brewers Cup, World Barista Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

world cup tasters championship
Credit: Kristaps Selga for WCE on worldcuptasters.com

Acara Kopi #7: Webinar Lahan Diskusi Kopi dari Lakopi!

Membawa tema penting yaitu Menghadapi Tantangan Budidaya Kopi di Tengah Perubahan Iklim, Lakopi Indonesia mengadakan Webinar dengan pembicara yaitu Antonio Marro Sipayung, SP., M. Agr yang merupakan seorang dosen dan peneliti dari Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Webinar ini diadakan pada 16 Januari 2021 lalu dan membahas dengan baik apa saja yang dapat petani kopi lakukan untuk ‘beradaptasi’ dengan perubahan iklim yang tidak terelakkan ini. Pembahasan seru ini diadakan oleh Lakopi melalui acara Lahan Diskusi Kopi.

Untuk membaca lebih lanjut hasil dari Webinar tersebut, kamu bisa klik di sini! Atau langsung ke Youtube Lakopi Indonesia untuk menonton kembali Webinar Lahan Diskusi Kopi: Perubahan Iklim! Sampai ketemu di Webinar selanjutnya!

biji kopi arabika
Photo by Clint McKoy on Unsplash

Yap! Itu tadi beberapa acara sekaligus kompetisi kopi di tahun 2021 ini! Kamu bisa tetap mengikuti acaranya walaupun tidak secara langsung! Semoga keadaan lekas membaik dan kita bisa mengikuti acara-acara kopi menarik lainnya, segera!

Jangan lupa! Jika kamu membutuhkan biji kopi mentah, silahkan kunjungi Lakopi.id agar lebih praktis dalam memilih biji kopi yang kamu inginkan!

Jangan lupa ngopi hari ini!

Salam, Lakopi Indonesia!