Coffee Flavor Wheel, Apa Itu?

Coffee Flavor Wheel
Credit: scanews.coffee

Bagi para penikmat kopi, cita rasa dan aroma kopi adalah hal terpenting. Untuk bisa mendeskripsikan suatu rasa, seringkali para penikmat kopi mengasosiasikannya dengan alat bantu seperti coffee flavor wheel. Akan tetapi, sebelum membahas cara menggunakannya, apakah kamu sudah tahu apa itu coffee flavor wheel?

Baca terus artikel ini untuk informasi lengkapnya!

Apa Itu Coffee Flavor Wheel?

Coffee flavor wheel adalah sebuah produk hasil kolaborasi dari Specialty Coffee Association of America (SCA) dengan World Coffee Research. Coffee flavor wheel ini berfungsi untuk membantu pencicip menguji cita rasa kopi.

Bentuk coffee flavor wheel yang terlihat sekarang sudah merupakan hasil yang sudah diperbaharui. Awalnya coffee flavor wheel ini sudah ada sejak 1995 dan menjadi alat paling membantu untuk menguji cita rasa kopi.

Namun sejak tahun 2016, flavor wheel didesain ulang dan menjadi seperti apa yang kamu lihat sekarang. Coffee flavor wheel digunakan untuk standardisasi rasa, apalagi penggunaanya yang mudah dan desain yang gampang dibaca.

Maka itu, coffee flavor wheel merupakan hal yang perlu digunakan ketika melakukan cupping. Nah, selanjutnya kita akan mengupas cara menggunakannya dengan 7 langkah sederhana berikut ini.

Cara Menggunakan Coffee Flavor Wheel

Rangkup data yang ada pada flavor wheel

Seperti yang bisa terlihat di flavor wheel, ada banyak istilah, warna dan terminologi yang ada. Maka itu, sebelum mulai menggunakan cobalah terlebih dahulu mengerti secara keseluruhan tentang flavor wheel.

Cicipi berbagai jenis dan rasa kopi

Cicipi berbagai jenis kopi tersebut, hayati rasa dan aromanya. Namun sebelumnya, amati kopi dari berbagai tahap terlebih dahulu. Antara lain yaitu aroma biji kopi setelah digiling, setelah dimasukkan air panas dan rasa yang keluar pada langit-langit mulut. Pada tahap ini coba rasakan secara mendalam dan detail perihal rasa dan aroma kopi, lalu kembali ke coffee flavor wheel.

coffee flavor wheel
Coffee Flavor Wheel oleh Specialty Coffee Association of America (SCA)

Mulai menggunakan flavor wheel dari tengah lingkaran

Mungkin banyak yang bertanya, mengapa dimulai dari lingkaran paling dalam? Ini dikarenakan semakin tengah lingkarannya, deskripsinya semakin umum. Seiring bergerak ke tepi, deskripsinya semakin spesifik.

Contohnya yaitu andai kamu mencoba sebuah jenis kopi yang memiliki rasa yang cenderung fruity. Maka pada lingkaran yang paling dalam, kamu mengarahkannya ke “fruity”. Dilanjutkan lagi dengan mencicipi ulang kopi tersebut, agar lebih spesifik. Apakah yang dirasa yaitu buah kering, citrus atau yang lain? Nah ini akan terus berlanjut sampai ke bagian terluar lingkaran coffee flavor wheel. 

Jangan lupa baca Sensory Lexicon-nya

Sensory Lexicon adalah kamus buatan World Coffee Research yang berisi kosa kata tentang kopi untuk membantumu membaca coffee flavor wheel. Sensory Lexicon sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin membaca flavor wheel. Selain bisa menambah kosa kata, kamu juga menjadi lebih kaya pengetahuan terhadap segala rasa yang muncul pada kopi.

Perkaya referensi

Selain mendapatkan kosa kata tentang rasa kopi melalui Sensory Lexicon, cobalah cari referensi lainnya juga. Ini dikarenakan ada berbagai kosa kata yang mungkin tidak ditemukan pada Sensory Lexicon contohnya seperti karakteristik greenbean yang akan kamu sangrai.

Ulang kembali proses di atas

Setelah membaca kosa kata dari Sensory Lexicon ataupun referensi lainnya, ulang kembali dari poin ketiga. Icip kembali rasa dan aroma dari kopi tersebut, dan mulai dari tengah lingkaran coffee flavor wheel. Namun yang jadi pembeda yaitu, di sini jangan membaca Sensory Lexicon atau referensi lainnya.

Kamu juga perlu membahas rasanya menggunakan kosa kata kamu sendiri, hingga ke lingkaran paling luar. Dengan kemampuan menafsirkan rasa kopi menggunakan bahasa umum adalah bagian yang paling memukau dari menggunakan coffee flavor wheel.

Jangan lupa pelajari warna pada flavor wheel

Jika sudah pelajari kosa kata yang ada pada coffee flavor wheel, jangan lupa juga perhatikan warnanya. Setiap warna yang ada pada bagan tidaklah ada secara acak/nirfaedah, tapi semuanya mempunyai arti tersendiri. Misalnya, pemilihan warna terang menandakan bahwa kopi memiliki rasa yang ringan. Contohnya yaitu cherry kopi, karena memiliki rasa yang lebih ringan.


Sekarang sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan coffee flavor wheel dan bagaimana cara menggunakannya? Jangan berputus asa bila saat menggunakan flavor wheel kamu masih bingung mendeskripsikan rasa kopi. Ingat, kuncinya adalah terus berlatih dan diskusikan pengalaman yang kamu rasakan.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luar biasa kamu bisa juga sambil mencicipi berbagai jenis greenbeans yang bisa kamu temukan di Labuhan Kopi.

Vanessa
Saya seorang penulis secara full-time di agensi, yang suka berkelana di waktu senggang dan menuliskan pengalamannya di blog pribadi.