Apa Itu Espresso Romano? Yuk Cari Tahu 4 Faktanya!

Espresso romano
Credit: werokitchen.com

Espresso romano – Espresso merupakan sajian kopi yang tidak bisa dipisahkan dengan bermacam-macam menu minuman kopi lainnya. Kopi yang kebanyakan orang enggan mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan ini memiliki beberapa varian, diantaranya espresso romano.

Espresso yang cenderung disajikan pekat, ‘sangat pahit’ dan dalam porsi sedikit ini biasanya akan dicampur dengan bahan lain saat disajikan. Banyak menu kopi yang mengandung espresso di dalamnya seperti americano, cafe latte, cappuccino, dan lain-lain.

Namun, pernahkah kamu mendengar tentang espresso romano?

Apa itu espresso romano dan bagaimana cita rasanya?

Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini!

espresso romano
Credit: netdoctor.co.uk

Apa itu Espresso Romano?

Espresso romano merupakan minuman sederhana yang sangat menarik. Espresso romano secara sederhana yaitu espresso murni yang disajikan dengan irisan lemon. Namun, terlepas dari ‘simpel’ yang dimiliki espresso romano, masih banyak yang bingung dengan identitasnya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan penyebutan espresso romano yang berbeda-beda pada setiap negara. Selain itu penyajian espresso romano yang berbeda-beda juga masih menimbulkan kebingungan.

Dilansir oleh perfectdailygrind.com espresso romano dibuat dengan menggabungkan shot of espresso dengan irisan lemon atau jus lemon dan satu sendok teh gula. Irisan lemon tersebut bisa diperas atau diteteskan ke dalam kopi – terkadang juga dimaniskan.

espresso
Photo by Adi Goldstein on Unsplash

Espresso romano merupakan minuman sederhana yang dapat disajikan panas, dingin, atau dengan es – dan dengan atau tanpa susu. Beberapa kafe juga ada yang menambahkan anisette (minuman beralkohol dari Mediterania).

Melalui situs perfectdailygrind.com menyatakan bahwa minuman ini populer di wilayah Campania, Italia yang meliputi kota Napoli, Capri dan Amalfi Coast. Di daerah ini espresso romano disebut dengan caffè canarino atau caffè al limone. Warga setempat mengklaim bahwa espresso romano ditemukan di kota Giugliano, dimana di kota tersebut espresso romano menjadi minuman khas kota.

Lemon on espresso romano
Photo by Tom Paolini on Unsplash

Sejarah Espresso Romano!

Walaupun menggunakan nama ‘romano’ yang berarti “Roman”, tidak ada bukti kuat yang menyebutkan bahwa espresso romano berasal dari Roma atau Italia. Selain itu, terlepas dari namanya, banyak cerita yang bertentangan terkait asal-usul espresso romano.

Dilansir oleh situs perfectdailygrind.com beberapa orang mengatakan itu adalah penemuan Amerika yang diberi fake Italian heritage untuk menarik wisatawan. Yang lain mengklaim bahwa minuman itu ditemukan di Prancis. Dan meskipun tidak ada bukti pasti bahwa itu secara historis adalah Italia, ada cerita yang menunjukkan bahwa minuman tersebut mungkin berasal dari sana.

Hmm, kenapa bisa begitu? Tentu saja ini tidak terlepas dari peran Italia secara umum terhadap perkembangan industri kopi.

Testing awal kopi Espresso
Credit: Drew Beamer (Unsplash)

Orang Italia telah mengonsumsi kopi yang diseduh dengan moka pot atau mesin espresso selama beberapa dekade. Mesin espresso ditemukan pada awal abad ke-20, dan moka pot pada tahun 1930-an. Keduanya adalah penemuan Italia. Namun, pada awal abad ke-20, berkat Perang Dunia Pertama dan Kedua, ada pembatasan impor di Italia.

Saat berlangsungnya krisis tersebut, orang-orang Italia terpaksa mengonsumsi kopi instan murah dengan rasa yang tidak enak (berbeda dengan kopi instan yang ada sekarang). Setelah Perang Dunia Kedua selesai tentu masih perlu waktu untuk memulihkan perdagangan, tidak terkecuali kopi. Nah! Dari sinilah konon, orang Italia menggunakan lemon pada kopinya untuk mengurangi rasa tidak enak dari kopi instan yang mereka konsumsi.

kopi espresso romano
Credot: perfectdailygrind.com

Kemudian, versi cerita lain dari keterkaitan espresso romano dengan Italia yaitu dilansir oleh majalah.ottencoffee.co.id, pada masa Perang Dunia Dua tengah krisis air, di mana-mana daerah perang, dan untuk membersihkan peralatan makan/minum, mereka menggunakan lemon. Dan kini, entah bagaimana di beberapa kedai kopi Italia sajian ini menjadi menu mereka. Espresso yang disajikan dengan potongan lemon.

Wah, menarik ya!

Terlepas dari banyak-nya versi cerita asal-usul espresso romano, kamu wajib coba ya!

Cita Rasa dan Manfaat Espresso Romano

Penyajian Espresso romano
Credit: werokitchen.com

Dr Wilton Soares Cardoso seorang guru dan dokter di Instituto Federal de Educação Brasil, Ciência e Tecnologia melalui perfectdailygrind.com mengatakan bahwa saat menggabungkan espresso dan lemon, ketajaman dan keasaman lemon secara efektif “diimbangi” oleh intensitas dan kepahitan espresso, begitu juga sebaliknya.

Ketika lemon dan kopi digabungkan, yang terbaik adalah kedua bahan tersebut berkualitas tinggi. Di antara beberapa drinker, espresso romano juga konon memiliki kemampuan untuk mengurangi efek mabuk. Kafein secara alami memiliki sifat vasokonstriksi, yang membantu meredakan sakit kepala, sedangkan minyak esensial dalam lemon membantu pencernaan dan mempercepat fungsi metabolisme.

Bagaimana Cara Membuat Espresso Romano?

espresso romano dr rumah
Credit: perfectdailygrind.com

Dilansir oleh werokitchen.com mempersiapkan espresso romano cukup sederhana. Buatlah satu atau dua shot of espresso (Mau tahu cara membuat espresso dari rumah? Klik di sini!) bisa juga menggunakan moka pot, kemudian sajikan dengan sentuhan lemon dan gula.

Kamu juga bisa memeras sedikit jus lemon ke dalam espresso. Pastikan juga espresso yang kamu hasilkan memiliki cita rasa yang enak, ya! Hal tersebut bisa kamu dapatkan dari pemilihan biji yang berkualitas!

Kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi berkualitas untuk espressomu!

Sedikit lemon akan menambah ‘kecerahan’ rasa pada espresso dan melembutkan rasa pahit yang dihasilkan oleh espresso itu sendiri. Sajian espresso romano juga terlihat ‘berkelas’.

espresso romano
Credit: thelores.com

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya di rumah?

Jadi, duduk santai, nikmati istirahat di sore hari, dan nikmati espresso romano sesuai dengan seleramu!


Dapatkan biji kopi berkualitas dari berbagai macam daerah di Lakopi.id, Lakopi merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya, loh!

Don’t forget to drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.