Apa Itu Kopi Single Origin? Yuk, Mari Disimak!

Kopi Single Origin
Credit: Mae Mu (Unsplash)

Kopi Single Origin Kira-kira kamu sebagai pecinta kopi tahu nggak nih tentang kopi single origin? Jadi, kopi single origin merupakan istilah yang merujuk pada suatu daerah asal kopi tersebut dikembangkan atau dibudidayakan.

Nah, istilah ini muncul karena kebiasaan para masyarakat yang suka ngopi dan ingin tahu lebih banyak mengenai informasi kopi favoritnya itu secara detail atau ingin meningkatkan wawasannya tentang kopi yang mereka minum.

Mereka berpendapat bahwa kopi tidak hanya sekedar minuman yang nikmat, akan tetapi juga memiliki sejarah, asal usul kopi, serta pengalaman kultural yang sangat bermakna, bahkan dianggap mempunyai filosofi yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat.

Namun, menurut wikipedia, kopi single origin merupakan kopi yang ditanam di satu asal geografis yang sama. Bisa dibilang, berasal dari perkebunan kopi yang sama atau bisa juga biji kopi yang dikumpulkan dari satu daerah atau negara, contohnya seperti kopi Gayo, Sidikalang, kopi Papua, dan sebagainya.

Kopi Single Origin #1: Perbedaan Istilah dengan Varietas

Coffee Bean
Credit: Math (Unsplash)

Akan tetapi, bukannya single origin dan varietas itu sama artinya? Tentu saja berbeda, keduanya memiliki arti dan makna tersendiri.

Banyak orang awam yang keliru dalam pemahaman tentang single origin dengan varietas. Istilah single origin digunakan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi kopi, baik itu karakteristiknya dan cita rasa kopinya.

Sementara varietas merupakan klasifikasi tanaman kopi yang berada di bawah jenis atau disebut subspecies dari bibit yang ditanam.

Namun, terkadang cara penamaan varietas bisa saja merujuk pada daerah di mana varietas tersebut pertama kali ditemukan dan dibudidayakan, misalnya varietas merujuk ke nama daerah seperti Sidikalang.

Kopi Single Origin #2: Faktor Pengaruh Rasa Kopi 

Biji Kopi
Credit: Jessica Lewis (Unsplash)

Tentunya kopi single origin memiliki cita rasa dan karakteristik yang berbeda jika ditanam di daerah yang berbeda pula. Nah, faktor yang mempengaruhi itu, seperti iklim wilayah, keadaan tanahnya, tingkat curah hujan, suhu, dan lainnya.

Akibat faktor-faktor ini, rasa kopi pun jadi berbeda-beda, ada yang rasanya fruity, rasa mirip perbungaan, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Itu sebabnya hal ini membuat orang-orang tertarik untuk menikmati kopi berdasarkan tempat wilayah di mana mereka tumbuh.

Perbedaan Kopi Single Origin dan House Blend

Biji kopi dan minuman kopi
Credit: Jessica Lewis (Unsplash)

Selain kopi single origin, juga ada kopi yang sering ditemukan di coffee shop, yaitu house blend. Kira-kira kamu tahu nggak nih tentang house blend?

Jadi, house blend merupakan campuran atau kombinasi dari beberapa kopi single origin yang berbeda dan biasanya, menggunakan dua atau lebih kopi single origin.

Tujuannya adalah untuk menciptakan dan mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Misalnya di coffee shop, ada pelanggan yang tidak suka karakter yang terlalu bitter, tetapi juga tak terlalu suka rasa yang ringan dan fruity, sehingga barista akan mencampurkan kopi Gayo dengan kopi Jawa Barat untuk mendapatkan rasa yang pas bagi pelanggannya.

Beberapa para pecinta kopi memang lebih suka ngopi dengan single origin. Bagi mereka, hal ini merupakan cara terbaik untuk menemukan karakteristik dan rasa dari kopi. Namun, beberapa yang lainnya ada juga yang kurang menyukai rasa dari kopi single origin.

Untuk itu, beberapa coffee shop melakukan peracikan dan pencampuran kopi single origin yang bertujuan untuk menghasilkan rasa yang lebih disukai para pelanggannya.

Nah, hasil racikan ini kemudian melahirkan sebuah penamaan atau istilah dalam dunia kopi, yakni house blend. Umumnya, kopi house blend merupakan simbol yang menjadi karakteristik dari suatu coffee shop atau produk tertentu.

Dalam sejarah, penamaan kopi house blend ini diartikan sebagai sesuatu yang eksklusif seperti house wine. Kedua istilah itu digunakan untuk sebuah racikan yang menjadi produk unggulan.

Pendapat Tentang Pembuatan Kopi House Blend, Benar atau Salah?

Ilustrasi Sejarah Kopi Gayo
Credit:(travel.okezone.com)

Terdapat dua pendapat mengenai pembuatan kopi house blend, yakni pendapat pertama mengatakan kalau proses blending dilakukan sebelum roasting. Cara ini dipercaya dapat menghasilkan rasa yang khas secara bersamaan.

Kemudian pendapat yang kedua mengatakan kalau blending dilakukan setelah proses roasting kopi single origin. Sebab, beberapa orang mengatakan jika di-blend setelah roasting akan menghasilkan rasa kopi yang jauh lebih kuat dan maksimal.

Namun, sebenarnya masing-masing roaster memiliki metode dan proses yang berbeda untuk memunculkan cita rasa khas kopinya, sehingga kedua pendapat tersebut belum bisa dibilang benar.

Tak hanya itu saja, resep kopi house blend juga tergantung dari selera dan juga tergantung dari coffee shop-nya itu sendiri. Cara untuk menentukan rasanya nikmat atau tidak, yaitu dengan cara mencoba dan mengeksplorasi racikan dari kedua single origin.

Sederet Kopi Single Origin Asli Indonesia, yang Mana Favorit Kamu?

Kopi Lintong 

Kopi Lintong
Credit: (Kompasiana.com)

Kopi ini merupakan salah satu kopi asal Sumatera Utara yang menjadi single origin favorit para pecintanya. Kopi ini berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dan ditanam di sekitar danau Toba.

Hal ini yang membuat rasanya unik, seperti cokelat asli. Selain itu, kopi lintong dipengaruhi akibat letusan Gunung Toba dan ditanam pada ketinggian 1.000 mdpl-1.600 mdpl.

Kopi Malabar Atau Java Preanger

Ilustrasi Kopi Malabar Atau Java Preanger
Credit: (www.inibaru.id)

Salah satu kopi single origin yang menjadi andalan berbagai coffee shop, bahkan kopi single origin yang terkenal di Eropa. Nah, Malabar merupakan nama gunung yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kopi malabar atau java preanger memiliki tingkat kekentalan dan keasaman yang cukup tinggi. Rasanya pun dominan, seperti cokelat dan rempah-rempah.

Kopi Gayo 

Ilustrasi Kopi Gayo
Credit: (www.kba.one)

Kalau yang satu ini ditanam di daerah Aceh Tengah, tepatnya di dataran tinggi Gayo. Kopi ini merupakan varietas Arabika yang disebut varietas Arabika terbaik di dunia. Selain itu, kopi gayo memiliki kadar keasaman yang rendah dan tingkat rasa pahit yang signifikan.

Kopi Kintamani 

Kopi Kintamani
Credit: (bali.tribunnews.com)

Selanjutnya, kopi kintamani yang memiliki rasa unik, yaitu ada cita rasa buah yang menjadi ciri khas dari kopi ini. Kopi kintamani berasal dari wilayah Bali yang ditanam pada tanah yang subur.

Kopi Wamena 

Kopi Wamena
Credit: (OkeZone.com)

Kopi ini berasal dari timur Indonesia, yakni berasal dari Wamena, Papua. Kopi ini memiliki rasa yang harum dengan tipe kopi organik, sehingga menghasilkan rasa ringan dan cenderung bebas dari ampas. Selain itu, kopi wamena ditanam di 1.600 mdpl di pedalaman hutan Papua.

Kopi Toraja 

Kopi Toraja
Credit: )cafebrick.co.id)

Selanjutnya, salah satu kopi yang terdapat dua varietas yang ditanam di Toraja. Dalam segi rasa, kopi ini memiliki rasa tanah yang pekat akibat unsur hara di tempat tumbuhnya kopi tersebut yang berpengaruh pada cita rasanya.

Kopi Bajawa Flores 

Kopi Flores
Credit: (superadventure.co.id)

Nah, kalau yang ini berasal dari Pulai Flores, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerahnya pun diapit oleh dua gunung berapi yang membuat tanahnya subur saat ditanami pohon kopi dan juga, tanah vulkanik ini sangat berpengaruh kepada cita rasa kopi Bajawa.

Wanginya yang mirip seperti madu, Kopi ini menjadi terkenal di berbagai negara, bahkan negara Amerika dan Eropa, sangat suka dengan citar rasa kopi ini.

Kopi Sidikalang 

Ilustrasi Kopi Sidikalang
Credit: (Okezone.com)

Terakhir, salah satu kopi yang berasal dari Sumatera Utara, bahkan disebut kopi yang dapat bersaing dengan kopi Brazil. Dengan memiliki tekstur yang halus dan lebih pahit, banyak para pecinta kopi yang menyamakan kualitas rasanya dengan kopi Brazil. Akan tetapi, untuk cita rasa, kopi Sidikalang mempunyai cita rasa yang tersendiri.


Nah, itu dia informasi-informasi seputar kopi single origin, mulai dari apa itu artinya sampai jenis-jenis kopi single origin yang ada di Indonesia. Kamu sebagai pecinta kopi tentunya harus tahu apa yang dimaksud dengan kopi single origin, jangan hanya menikmatinya saja.

Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau minuman secangkir kopimu setiap hari berasal dari biji kopi mentah yang berkualitas. Namun, kamu bingung belinya di mana? Tak perlu khawatir! Lakopi.id menyediakan berbagai jenis biji kopi mentah yang berkualitas dan langsung dipetik oleh petani. Yuk kunjungi lakopi.id sekarang! Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.