Buah Ceri Kopi atau Coffee Cherry: Hal-hal yang Wajib Kamu Tahu!

buah ceri kopi
Photo by Andres Hernandez on Unsplash

Buah Ceri Kopi – Sebelum menjadi biji kopi yang siap di roasting dan di grind, tentu saja kopi merupakan ‘buah’ dari tanaman kopi. Ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa biji kopi ternyata berasal dari seed atau biji yang ada di dalam buah kopi.

Buah kopi akrab juga disebut dengan kopi ceri atau coffee cherry ini adalah kopi yang kamu ambil/ panen langsung dari pohon kopi. Buah kopi ini kemudian akan diolah sedemikian rupa mulai dari proses pencucian, pengeringan, proses roasting, hingga biji kopi diubah menjadi bubuk kopi untuk kemudian diseduh menjadi secangkir kopi yang nikmat.

Well, bukan rahasia lagi bahwa rantai produksi kopi dari panen hingga menjadi secangkir kopi yang nikmat memang panjang dan butuh perhatian khusus. Yap! Tentunya untuk menjaga kualitas kopi itu sendiri.

Bicara mengenai buah kopi, kira-kira apa saja yang kita perlu tahu dan kita tidak tahu dari asal mula biji kopi ini? Faktanya masih banyak coffee enthusiast atau sekedar penikmat kopi yang belum tahu mengenai buah kopi/ coffee cherry ini.

Mau tahu lebih banyak tentang buah kopi? Yuk simak lewat artikel di bawah ini!

kopi kartika
Credit: perfectdailygrind.com

Tahukah kamu? Selain pulp atau lendir/ daging buah kopi yang langsung berdampak pada cita rasa yang akan dihasilkan biji kopi, ternyata masih banyak fakta-fakta lain dari buah kopi yang tentunya bermanfaat, loh! Apa aja nih kira-kira? Yuk kita simak!

Apakah Kopi Adalah Buah?

Yap! Sebelum melangkah terlalu jauh, mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya apakah benar kopi itu disebut ‘buah kopi’ dan apa memang dia jenis buah? Benar sekali. Kopi adalah buah. 

Dilansir dari situs roastycoffee.com, menyatakan bahwa kopi adalah buah/ yang menyerupai cherry. Kopi dihasilkan dari tanaman kopi yang mungkin ada satu hal yang belum kamu ketahui bahwa kopi bahwa pohon kopi menghasilkan bunga putih yang harum (beberapa mengatakan hampir mirip dengan jasmine) yang kemudian akan berubah menjadi buah ceri hijau hampir seperti buah beri.

Setelah matang buah ini akan berwarna merah muda/ jingga atau sangat merah dan saat itulah kopi siap dipetik. Biji kopi yang kamu ketahui itu adalah biji yang ada di dalam buah kopi ini. Secara teknis, kulit luar buah kopi keras dan pahit, di dalamnya ada daging manis yang berair dan di bawahnya ada lapisan berlendir yang melindungi bagian terbaik di bawahnya, biji kopi.

biji kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Apakah Ceri Kopi Mempengaruhi Cita Rasa Kopi?

Beberapa petani mengatakan bahwa kualitas biji kopi dapat dinilai dari rasa buah kopi. Buah kopi yang lebih matang akan memiliki warna yang lebih gelap dan mengandung gula lebih banyak. Pengaruh buah kopi terhadap cita rasa ini tidak terlepas dari peran proses pengolahan saat pemisahan pulp dengan biji kopi.

Metode pengolahan/ pemrosesan dibagi menjadi dua jenis secara umum. Metode alami dengan mengeringkan seluruh buah kopi kemudian menghilangkan kulit serta pulp setelahnya. Dan yang kedua metode pencucian/ washed method saat kita memisahkan biji kopi dari pulp dan kulit buah kopi sebelum memfermentasi biji kopi dalam air.

Memahami metode pemrosesan akan memudahkan kita menentukan ekspektasi cita rasa pada kopi yang kita panen. Hal ini juga memudahkan kita memilih karakteristik cita rasa pada kopi origin yang kita inginkan. Metode pemrosesan yang biasa digunakan oleh industrik kopi secara umum adalah washed methods. 

proses natural
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Bagaimana dengan Pulp dari Buah Ceri Kopi?

Salah satu yang menjadi residu/ limbah dari pengolahan kopi adalah pulp. Pulp sering dibuang ke saluran air bersama saat proses pencucian sehingga menimbulkan polusi. Beberapa petani menggunakannya sebagai pupuk dan yang lainnya telah menemukan cara yang lebih inovatif untuk menggunakan produk sampingan dari produksi kopi ini.

Dilansir oleh roastycoffee.com, penggunaan paling umum untuk pulp yang diperoleh dari sisa pengolahan alami adalah teh cascara. Apa itu Cascara? Cascara adalah kulit kering dari buah kopi. Teh cascara ini mengandung banyak antioksidan dan lezat. Ini juga menawarkan solusi untuk ketidakefisienan pertanian dan dapat memberikan sumber pendapatan tambahan bagi petani kopi.

teh cescara
Credit: craftcoffeeguru.com

Apakah Buah Ceri Kopi Bisa Langsung Dimakan?

Tidak semua orang memiliki akses kepada kebun/ pertanian kopi tentunya, sehingga tidak semua dari kalian mungkin bisa merasakan buah kopi secara langsung. Namun pernahkah kalian bertanya-tanya apakah buah kopi bisa langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu dan dikeluarkan biji kopinya? Jawabannya adalah bisa!

Buah kopi bisa dimakan secara langsung. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa rasa buah kopi manis seperti mangga atau semangka dan harum nya seperti jasmine, hibiscus atau rosewater atau gabungan dari ketiganya. Rasanya lembut saat dimakan dan rasanya cepat menghilang, teksturnya yang berlendir membuat buah kopi tidak terlalu terlihat ‘enak untuk dimakan’.

biji kopi/ coffee cherry
Credit: kitucafe.com

Manfaat dan Kegunaan Lain dari Buah Kopi

Pemanfaatan buah kopi tidak hanya sebatas karena baik untuk lingkungan. Buah kopi juga memberikan manfaat kesehatan dengan antioksidan dan memberikan solid health boost. Selain itu beberapa produsen kopi inovatif bukan hanya memproduski teh cascara. Buah kopi juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk seperti mentega, cokelat, dan lain-lain.

Tahukah kamu? Dilansir roastycoffee.com ada sebuah perusahaan dari Hawai yang mengambil sifat anti-inflamasi dari buah kopi dan menggunakan ampas kopi untuk memberikan manfaat kesehatan dan bahkan membuat jus buah kopi.

The National Institute of Health memberi peringkat tingkat antioksidan buah kopi menjadi 10 kali lebih tinggi daripada buah delima atau teh hijau. Itu juga mengapa beberapa perusahaan perawatan kulit menggunakan buah kopi untuk produk mereka dengan kegunaan mencegah penuaan kulit.

Penyimpanan
Credit: (IDN Times)

Buah kopi menjadi cikal bakal atau awal mula proses panjang kopi sebelum sampai di cangkir kita. Dari yang telah kita bahas di atas, ternyata buah kopi juga tidak kalah manfaatnya dengan biji kopi yang sudah diolah!

Jangan lupa! Kalau kamu mencari biji kopi mentah berkualitas kamu bisa kunjungi Lakopi.id! Mencari biji kopi mentah lebih mudah dan praktis!

Salam, Lakopi Indonesia.