Begini Cara Membuat Latte Art Ala Barista!

Cara membuat latte art
Credit: Guy Basabose (Unsplash)

Cara Membuat Latte ArtSiapa nih yang tidak mengenal kopi turunan espresso yang satu ini? Ya, coffee latte merupakan salah satu minuman dari bahan dasar coffee espresso yang dicampur dengan susu. Kopi ini bisa banget dinikmati di coffee shop saat santai, berkumpul bersama teman-teman, bahkan menikmati bersama kekasih pun kopi ini cocok untuk disantap.

Perpaduan rasa coffee espresso dengan susu menciptakan rasa yang gurih atau creamy. Akan tetapi, apakah kamu tahu minuman coffee latte biasanya dihiasi dengan seni-seni gambar di atasnya? Seni itu bernama latte art.

Nah, daripada kamu hanya mencicipi coffee latte bikinan orang lain, bagaimana jika kamu mencoba membuatnya sendiri? Kamu juga dapat mencoba membuat seni gambar di atas kopimu.

Dengan adanya berlatih, tentu saja dapat meningkatkan skill kamu menjadi seorang barista yang handal! Nah, kira-kira bagaimana ya cara membuatnya Merangkum dari berbagai sumber, yuk! Simak cara membuat coffee latte dan latte art di atas cangkir!

Alat yang digunakan untuk membuat coffee latte art

peralatan kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Untuk menikmati coffee latte, kamu tidak perlu pergi ke coffee shop. Di rumah pun kamu bisa membuatnya. Namun, sebelum membuat latte art, tentunya ada hal yang perlu dipersiapkan, seperti alat-alat untuk menyeduh kopi dan lain-lain. Kamu bisa gunakan alat-alat sederhana yang kamu punya di rumah. Kira-kira apa saja ya alat-alat yang diperlukan?

  • Cangkir kopi
  • Termos stainless steel
  • Aerolatte
  • Minipresso / handpresso / rok presso atau alat kopi lainnya
  • Microwave

Bahan yang digunakan untuk membuat coffee latte art

Bahan coffee latte
Credit: Isabela Kronemberger (Unsplash)

Selain alat, tentunya ada bahan-bahan juga yang harus kamu persiapkan. Namun, jika kesulitan untuk mengolah biji kopi karena tidak memiliki alat, kamu bisa menggantinya dengan membeli coffee espresso yang sudah diolah pakai mesin.

  • Susu 2% atau non-fat
  • Cocoa butter atau coklat bubuk
  • Espresso

Buat coffee espresso

Pembuatan coffee espresso

Langkah pertama untuk membuat coffee latte dan latte art-nya, yaitu dengan membuat coffee espresso terlebih dahulu. Namun, jika kamu tidak memiliki alat untuk mengolah coffee espresso, kamu bisa membelinya secara online atau gunakan coffee espresso yang sudah diolah.

Akan tetapi, jika kamu memiliki alat-alat kopi di rumah, seperti minipresso, handpresso, atau rok presso, kamu bisa menghasilkan sajian espresso yang hampir mirip seperti olahan mesin espresso asli.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat alternatif lainnya, seperti aeropress sebagai pengganti mesin espresso. Nah, jangan lupa untuk menambahkan sedikit dosis kopi agar bisa menghasilkan rasa kopi yang lebih kuat.

Cara membuat steamed dan foam susu latte

Steamed foam susu
Credit: Silvina Brodersohn (Unsplash)

Setelah membuat coffee espresso, selanjutnya membuat steamed dan foam susu lattenya. Caranya pun juga mudah, kamu bisa gunakan alat aeropress untuk membuat steamed dan foam susu sebagai bahan utama coffee latte. Namun, Jika kamu tidak memiliki alat-alat kopi, tidak perlu khawatir! kamu bisa membuat steamed dan foam susu secara manual. Berikut langkah pembuatannya:

  • Pertama, tuangkan susu kedalam termos stainless steel kemudian tutup secara rapat.
  • Langkah selanjutnya, kocok termos tersebut dengan cepat selama 1 menit. Lakukan cara ini berulang kali sampai susu terlihat berbusa.
  • Setelah itu, buka penutup termos lalu masukkan ke dalam microwave, tunggu sampai 30 detik agar susu berubah menjadi foam yang diinginkan.
  • Terakhir, foam susu siap untuk diracik.

Cara membuat latte art

Latte Art
Credit: Louis Hansel @shotsoflouis (Unsplash)

Nah, jika sudah membuat coffee espresso dan foam susu, langkah terakhir tinggal menggabungkan keduanya dan membentuk latte art. Kira-kira apa saja ya langkahnya untuk membuat latte art?

  • Langkah pertama, yaitu siapkan cangkir kopi yang akan kamu gunakan untuk menyantap coffee latte.
  • Selanjutnya, tuangkan secukupnya coffee espresso yang telah dibuat ke dalam cangkir dan jangan sampai penuh.
  • Setelah itu, foam susu yang sudah dibuat tadi dituangkan ke dalam cangkir sampai penuh, tetapi jangan sampai kepenuhan atau luber.
  • Jarak saat menuangkan susu ke dalam coffee espresso harus dekat agar foam susu dapat melapisi bagian atas coffee espresso.
  • Jangan lupa gunakan latte art pen sebagai alat bantu kamu untuk melukis foam. Buatlah art sesuai yang kamu mau, seperti gambar hati, daun, dan lainnya.
  • Terakhir, latte art sudah siap untuk disajikan.

Tips membuat latte art

Caffee Latte
Credit: Kamil S (Unsplash)

Membuat latte art bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti kamu tidak dapat mencobanya. Jika gagal, kamu bisa melakukannya berkali-kali sampai bisa. Untuk itu, Coba terapkan beberapa tips sederhana ini untuk membuat coffee latte art:

  • Gunakan susu segar untuk menghasilkan foam susu yang bagus dan halus.
  • Setelah itu, tekanan panas uap susu tidak boleh terlalu rendah dan juga tinggi agar menghasilkan foam yang pas.
  • Saat membuat coffee espresso, usahakan jangan terlalu cair agar bisa membuat lapisan foam susu di atas kopi tersebut.
  • Jangan lupa juga pahami Teknik frothing susu.
  • Selanjutnya, perlu adanya latihan saat menuangkan foam susu di atas coffee espresso untuk membuat latte art yang bagus dan menarik.
  • Tidak perlu khawatir jika melakukan kesalahan, kamu bisa mengulanginya lagi.

Contoh latte art yang unik dan menarik

Latte art hati

Bentuk Hati
Credit: Gong TY (Unsplash)

Nah, contoh yang pertama adalah bentuk hati. Buat yang masih belajar, kamu bisa nih mencoba gambar hati. Sebab, tingkat kesulitannya masih terbilang rendah dan cukup mudah untuk dibuat daripada bentuk lainnya.

Latte art bunga Tulip

Bunga tulip
Credit: Irina Babina (Unsplash)

Kalau yang satu ini merupakan bentuk tulip atau bunga dalam coffee latte yang bisa kamu coba saat masih belajar. Bisa dibilang, tulip merupakan bentuk dasar saat membuat latte art.

Latte art bunga Rosetta

Bunga rosetta
Credit: Wherda Arsianto (Unsplash)

Buat kamu yang sudah bisa membuat bentuk hati dan bunga tulip, bisa nih mencoba bentuk yang lebih sulit, seperti bunga rosetta. Nah, untuk membentuk bunga ini, kamu harus tahu di mana letak posisi ternyaman saat menuangkan foam susu ke atas espresso. Sebab, bentuk bunga rosetta memiliki banyak lekukan yang terbilang cukup sulit.


Nah, itulah informasi mengenai pembuatan latte art sekaligus pembuatan coffee latte-nya. Caranya pun cukup mudah untuk kamu yang baru belajar meracik coffee latte dan membuat art di atasnya. Namun, kamu juga perlu tahu kalau minuman kopi yang nikmat saat disantap berasal dari biji kopi mentah yang berkualitas. Jika tidak berkualitas, minuman kopi itu sendiri pun tidak begitu nikmat saat disantap.

Berbicara soal biji kopi mentah, lakopi.id merupakan perusahaan marketplace yang menyediakan banyak biji mentah yang berkualitas dan langsung dipetik oleh para petani. Nah, buat kamu yang ingin memesannya, langsung kunjungi website lakopi.id. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.