Begini Cara Menyeduh Secangkir Kopi yang Nikmat di Rumah, Mau Coba?

Cara Menyeduh Secangkir Kopi

Cara Menyeduh Kopi – Lagi-lagi di masa pandemi seperti ini membuat kamu susah untuk pergi keluar, bahkan susah untuk nongkrong lagi di coffee shop. Biasanya kamu nongkrong sambil menikmati kopi yang nikmat, kini sudah jarang akibat virus Corona.

Nah, daripada kamu galau tidak bisa menikmati secangkir kopi yang nikmat lagi di coffee shop, ada baiknya kamu menyeduh sendiri di rumah.

Tentu saja hemat, praktis, bahkan kamu bisa membuat secangkir kopi yang nikmat setiap hari, benar begitu bukan?

Untuk menyeduh kopi sendiri di rumah pun cukup mudah. Kamu bisa menggunakan alat-alat penyeduh sederhana, seperti aeropress, chemex, french press, pour-over, dan auto drip.

Kamu bisa menikmatinya sambil bekerja di rumah ataupun menemaimu di waktu pagi dan senja, tanpa perlu keluar rumah untuk membeli kopi favoritmu.

Nah, penasaran nggak nih bagaimana menyeduh secangkir kopi favoritmu yang nikmat di rumah? Merangkum dari berbagai sumber, yuk! Dicoba ya.

Cara Menyeduh Secangkir Kopi # 1: Siapkan Bahan dan Alat

alat kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Nah, sebelum mulai menyeduh kopi, kamu harus mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, apa saja ya?

Membeli biji kopi yang berkualitas

Ilustrasi biji kopi
Credit: (learn.bluecoffeebox.com)

Biasanya, biji kopi akan kehilangan rasa dan aromanya dengan cepat setelah disangrai atau digiling. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek tanggal roasting yang tercetak pada kemasan kopi.

Semakin baru tanggal roasting kopi, semakin segar dan nikmat biji kopi tersebut. Perlu diingat juga, jangan menggiling biji kopi sampai kamu siap untuk menyeduh.

Menggiling biji kopi dengan grinder

menggiling kopi
Credit: Ashkan Forouzani (Unsplash)

Untuk menyeduh secangkir kopi yang nikmat, kamu bisa meng-invest mesin grinder untuk menghaluskan biji kopi yang telah kamu beli di rumah. Mesin grinder juga memiliki beragam jenis, berikut penjelasannya:

Grinder manual

Grinder manual
Credit: Inibaru.id

Jenis grinder ini sering digunakan oleh para pecinta kopi untuk mendapat aroma yang kopi yang khas, bahkan selama proses penggilingan pun kamu dapat mencium aroma kesegaran dari biji kopinya.

Meski begitu, grinder manual ini sedikit membutuhkan waktu lebih lama untuk menggiling kopi agar biji kopi menjadi halus. Perlu diingat juga, grinder manual ini tidak bisa digunakan untuk jumlah kopi yang terlalu banyak.

 Grinder elektrik

Grinder elektrik
Credit: Tokopedia.com

Kalau yang satu ini lebih modern dan membutuhkan daya listrik, seperti namanya. Grinder ini lebih praktis dan cepat saat menggiling biji kopi walaupun ukurannya cukup besar sehingga membutuhkan lebih banyak space untuk meletakkannya.

Burr grinder

Ilustrasi burr grinder
Credit:majalah.ottencoffee.co.id

Cara kerjanya pun hampir sama dengan grinder manual. Akan tetapi, banyak pecinta kopi yang beranggapan kalau grinder manual jauh lebih lama dibandingkan burr grinder.

Bisa dibilang, grinder atau penggiling ini menggunakan motor listrik, sehingga penggilingan menjadi lebih cepat karena terdapat dua pelat gilingan roda bergigi. Selain menghaluskan kopi, burr grinder juga bisa mengekstrak minyak pada biji kopi.

Blade grinder

Blade grinder
Credit: littlecoffeeplace.com

Terakhir, penggiling kopi yang satu ini menggunakan dua mata pisau untuk menggiling biji kopi menjadi lebih halus. Pisaunya pun terdiri dari dua jenis, yaitu mata pisau lurus (flat) dan mata pisau dengan posisi melingkar (conical).

Blade grinder ini mempunyai keunggulan dalam menggiling kopi jauh lebih cepat, bahkan hanya dalam waktu kurang dari semenit.

Akan tetapi, hal tersebut yang membuat biji kopi tidak halus merata dan rasa dari kopi pun bisa berubah. Untuk itu, lebih baik menggunakan blade grinder dengan menuangkan jumlah biji kopi sedikit demi sedikit ya!

Nah, itu beberapa jenis grinder yang bisa kamu gunakan saat menggiling kopi di rumah. Namun, Jika kamu tidak sanggup untuk membeli mesin grinder, kamu bisa menggunakan biji kopi yang sudah diolah menjadi bubuk dan bisa dibeli di pasaran.

Mengukur suhu air

mengukur suhu air
Credit: Shopee.id

Setelah menggiling biji kopi, jangan lupa untuk mengukur suhu air saat menyeduh secangkir kopi. Suhu yang optimal untuk mengekstraksi rasa maksimum, yaitu antara 195° dan 205° F.

Kamu bisa menggunakan alat termometer untuk memastikan kalau air yang kamu gunakan itu cukup panas. Selain itu, gunakan air yang sudah difilter karena kotoran dalam air dapat mempengaruhi rasa pada secangkir kopimu.

Mengukur berat kopi dan air

Mengukur berat kopi
Credit: tokomesinbogor.com

Gunakan timbangan kopi untuk mengukur kopi dan air yang pas sehingga mendapat rasio yang sempurna saat menyeduh secangkir kopi, bahkan rasa yang pas dan nikmat.

Gunakan pengukur waktu

pengukur waktu
Credit: commons.wikimedia.org

Selanjutnya, gunakan pengukur waktu untuk memastikan kalau kamu tidak mengekstrak rasa kopi secara berlebihan atau kurang dari bubuk kopi.

Cara Menyeduh Secangkir Kopi # 1: Pilih Metode Penyeduhan Kopi

Menyeduh Kopi
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Setelah menyiapkan bahan-bahan serta alat-alatnya, barulah kita memasuki metode penyeduhan kopi. Bisa dibilang, pemilihan metode penyeduhan kopi tergantung dari selera kamu.

Selain itu, perlu juga kamu tahu kalau setiap metode dapat menghasilkan rasa yang berbeda. Nah, kira-kira apa saja sih metodenya?

Aeropress

Credit: workshopcoffee.com

Dengan menggunakan metode atau alat aeropress, dapat menghasilkan rasa yang sedikit kompleks dengan aroma yang nikmat.

Metode ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati secangkir kopi dengan cepat tanpa mengorbankan rasa. Selain itu, metode ini lebih mudah untuk digunakan dan dibersihkan, serta menghasilkan kopi yang lebih kompleks.

Langkah menyeduh kopi menggunakan aeropress:

  1. giling biji kopi sampai tingkat kualitasnya fine.
  2. Basahkan piston karet dan masukkan kedalam brewing cylinder sekitar ¼ inci. Setelah itu balikkan penyeduh kopi dan letakan pada timbangan serta nol kan skala timbangan.
  3. Tambahkan 17 gram kopi ke silinder dengan skala nol.
  4. Secara perlahan tambahkan 250 gram air panas yang sudah difilter (205° F).
  5. Kemudian tunggu selama 1 menit lebih 15 detik.
  6. Setelah sudah, selanjutnya letakan kertas filter ke dalam penahan filter, kemudian basahi filter dengan air panas, dan kunci penahan di tempatnya.
  7. Terakhir, balikan alat penyeduh kopi dan dirikan di atas cangkir kamu. Tekan perlahan silinder alat penyeduh kopi dengan tekanan yang stabil sampai tidak ada air yang tersisa di dalam aeropress.

Setelah sudah, kamu bisa menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Chemex

Chemex
Credit:downshiftology.com

Bisa dibilang, metode ini menghasilkan rasa yang kompleks, aromatik, rasa manis yang seimbang, dan juga juicy. Selain itu, chemex sulit untuk dibersihkan dengan tangan karena bentuk leher alat ini sangat sempit dan pegangannya mudah untuk dilepas.

Langkah menyeduh kopi dengan chemex:

  1. giling biji kopi sampai medium-fine
  2. letakan kertas filter di wadah dan basahi dengan air panas.
  3. Letakan chemex pada timbangan dan nol kan skala timbangan.
  4. Tuangkan 32 gram bubuk kopi ke dalam filter dengan skala nol.
  5. Tuangkan 60 sampai 70 gram air panas yang sudah difilter dengan suhu (205° F), serta dilakukan dengan cara memutar sampai menutupi bubuk. Setelah itu, tunggu sampai 45 detik.
  6. Tuangkan sisa air tadi secara perlahan dengan gerakan memutar sampai mencapai 500 gram air sesuai ukuran chemex.

Tunggu air sampai mengalir ke dalam wadah selama 3 menit atau 4 menit. Setelah itu, secangkir kopi siap kamu nikmati.

French Press

French press
Credit:businessinsider.com

Alat seduh ini dapat menghasilkan cita rasa kopi yang beraroma dan sensasi ketebalan kopi akan terasa di mulut kamu.

Akan tetapi, tanpa kertas filter, alat seduh ini akan mempertahankan minyak asli pada kopi dan menciptakan rasa yang kuat.

Selain itu, jaringan filter menahan sebagian besar dari bubuk kopi, tetapi untuk bubuk kopi yang lebih halus dapat tertinggal di minuman sehingga menghasilkan minuman yang sedikit kental.

Langkah menyeduh kopi dengan French Press:

  1. giling biji kopi sampai hasilnya kasar.
  2. letakan teko French Press pada timbangan dan nol kan skala timbangan
  3. Tuangkan 35 gram kopi yang sudah digiling tadi ke dalam teko dengan skala nol.
  4. Tambahkan 250 gram air panas yang sudah difilter dengan suhu 205° F.
  5. Aduk dengan sendok logam sekitar 5 detik.
  6. Setelah itu, tambahkan air sebanyak 500 gram.
  7. Jangan lupa untuk pasang timer selama 4 menit dan 2 menit sambil diaduk merata.
  8. Setelah 4 menit, tekan pompa atau plunger dengan perlahan dan tuangkan ke cangkir.

Secangkir kopi pun siap kamu hidangkan dan dinikmati.

Pour-over

Pour-over
Credit:seriouseats.com

Alat pour-over dapat menghasilkan cita rasa kopi yang juicy, rasa manis yang tidak terlalu kuat, dan rasa lembut yang terasa dimulut.

Bisa dibilang, tipe alat penyeduh ini mudah sekali dibersihkan dan hanya membutuhkan space yang sedikit untuk meletakkannya.

Langkah menyeduh kopi dengan pour-over:

  1. Giling kopi sampai medium-fine.
  2. Letakkan brewing vessel di atas cangkir atau teko dan letakkan kertas filter ke dalam Setelah itu, basahkan dengan air panas.
  3. Letakkan cangkir dan brewing vessel pada timbangan dalam nol kan skala timbangan.
  4. Tuangkan 32 gram bubuk kopi ke dalam filter dengan skala nol pada timbangan.
  5. Tambahkan 64 gram air panas yang sudah difilter dengan suhu 205° F, tunggu sampai 40 detik.
  6. Setelah sudah, tuangkan kembali sisa air tadi secara perlahan sampai mencapai skala 500 gram pada timbangan.

Sebagai catatan, air akan mulai turun ke dalam teko selama 3 menit atau 4 menit. Jika membutuhkan waktu lebih panjang, jangan lupa untuk menggiling biji kopi lebih kasar.

Namun jika membutuhkan waktu cepat, maka ada baiknya menggiling biji kopi lebih halus. Secangkir kopi pun siap untuk disantap!

Auto-drip

Auto Drip
Credit: goodhousekeeping.com

Nah, yang terakhir ini sangat popular di kalangan para pecinta kopi. Bisa dibilang, alat penyeduh kopi ini sangat mudah untuk digunakan, dibersihkan, dan sangat cepat untuk menyeduh kopi.

Langkah menyeduh kopi dengan auto-drip:

  1. giling biji kopi sampai medium-fine.
  2. Jika kamu menggunakan kertas filter, letakkan di dalam filter basket dan basahkan dengan air panas. Tunggu air sampai mengalir ke dalam teko, dan jika sudah, kamu bisa membuangnya.
  3. Untuk membuat empat cangkir dengan ukuran 6 ons, tuangkan sekitar 6 sendok makan kopi bubuk ke dalam filter.
  4. Setelah itu, tuangkan 24 ons air dingin yang sudah disaring atau difilter dan tekan mulai untuk menyeduh.

Setelah sudah selesai, kopi pun siap untuk dinikmati.


Nah, itu dia bagaimana cara menyeduh kopi, mulai dari siapkan bahan-bahannya, alat grinder, alat seduh, dan langkah menyeduh kopinya.

Buat kamu yang ingin menghasilkan kopi yang nikmat seperti di coffee shop, bisa coba cara-cara di atas. Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau minuman kopi yang nikmat juga berasal dari biji kopi yang berkualitas.

Akan tetapi, kamu kesulitan untuk membelinya di mana gara-gara pandemi? Tak perlu khawatir! Lakopi.id menyediakan berbagai jenis kopi mentah yang berkualitas dan dipetik langsung oleh para petani, bahkan kamu bisa membelinya secara online.

Yuk tunggu apalagi? Kunjungi lakopi.id sekarang. Salam Labuhan Kopi!

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.