Cara Mudah Roasting Kopi dari Rumah!

roasting kopi dari rumah
Photo by Louis Hansel on Unsplash

Roasting kopi dari rumah – Sebelum menikmati secangkir kopi yang nikmat, tentu kamu harus mendapatkan biji kopi berkualitas yang di roasting dengan baik dan sesuai seleramu. Namun, pernahkah kamu berfikir untuk roasting kopi dari rumah?

Yap! Roasting kopi/ proses sangrai kopi yang dilakukan tanpa mesin di rumah nyatanya bukan hal yang baru dan aneh, loh! Mungkin sebagian dari kamu pernah merasakan saat kakek/ nenekmu melakukan roasting kopi secara tradisional dari rumah.

roasting kopi dari rumah tradisional
Photo by Neilstha Firman on Unsplash

Tahukah kamu? Salah satu cara terbaik untuk menikmati kopi adalah dengan melakukan roasting kopi sendiri, loh! Saat kamu memanggang kopi di rumah, kamu bisa menjamin bahwa setiap cangkir kopi akan segar dan dengan sedikit latihan, mungkin kamu dapat memastikan bahwa kopi tersebut di roasting tepat sesuai seleramu!

Lalu apakah kira-kira kesulitan yang perlu dihadapi saat roasting kopi dari rumah? Apa saja hal yang perlu diperhatikan agar hasil roasting sesuai dan dapat menghasilkan kopi yang nikmat?

Yuk kita simak melalui artikel di bawah ini!

dark roast
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Sebelum membahas tentang roasting kopi dari rumah lebih lanjut, kira-kira kenapa ya kita perlu roasting kopi?

Dilansir melalui roastycoffee.com pertama, kopi diproses untuk menghilangkan kulit luar, daging buah, dan kulit perkamen bagian dalam. Setelah selesai, biji bagian dalamnya, atau yang dikenal dengan biji kopi, dikeringkan.

Saat dikeringkan menjadi greenbeans yang dikirim ke seluruh dunia untuk di roasting.

Biji kopi ini dapat disimpan dalam waktu lama dan masih segar setelah melalui proses roasting. Jika tidak dilakukan roasting minumannya akan menjadi pahit dan sangat asam, sehingga pada dasarnya tidak dapat diminum. Roasting akan memberi kopi rasa dan aroma yang unik.

10 Tahap Roasting Kopi Secara Umum

roasting kopi
Credit: Battlecreek Coffee Roasters (Unsplash)

Dilansir oleh roastycoffee.com, menurut pro-roaster ada 10 level/ tingkatan roasting yang dilalui biji kopi (tetapi tidak harus) yaitu:

  • Green: biji akan mempertahankan esensi hijau aslinya, bahkan saat mulai memanas.
  • Yellow: Warnanya akan menjadi kekuningan, dan biji akan mengeluarkan bau grassy.
  • Steam: Uap akan mengepul dari biji. Ini adalah air di dalam biji yang menguap.
  • First Crack (Cinnamon/ Light Roast): Di sinilah tahap roasting sesungguhnya dimulai. Gula di dalam biji terkaramelisasi, dan terdengar suara retakan, seperti suara popcorn yang meletus.
  • Medium/ City Roast: Setelah retakan pertama, biji telah mencapai City Roast, tingkat pemanggangan minimum yang dapat diterima untuk selera penggilingan dan penyeduhan kopi kebanyakan orang.
  • City Plus Roast: Dengan karamelisasi gula lebih lanjut dan lebih banyak minyak, ukuran biji akan membengkak dan mencapai City Plus Roast. Ini adalah tingkat roasting yang populer dan umum untuk digunakan.
level roasting kopi
Photo by Ochir Erdene on Unsplash
  • Medium-Dark Roast/ Full City Roast: Di luar batas City Plus adalah Full City, roast yang bahkan lebih gelap yang membawa biji ke ambang retak kedua.
  • Second Crack (Full City Plus Roast): Biji mengalami crack kedua, lebih keras dan memasuki Full City Plus. Roasting level ini akan menghasilkan lebih banyak lapisan intensitas pada rasa.
  • Dark Roast (French Roast): Asap akan menjadi menyengat, gula yang terkandung dalam biji akan terkaramelisai dan keluar sebanyak mungkin tanpa merusak rasa, dan keseluruhan struktur biji akan rusak. Ini adalah batas maksimal roasting kopi dalam batas rasa yang enak.
  • Burnt: Jika kamu belum berhenti roasting sampai hingga saat ini, baunya akan berubah dari menyengat menjadi tidak enak, dan biji akan gosong.

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Roasting Kopi dari Rumah?

Ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan sebelum kamu roasting kopi dari rumah yaitu:

Siapkan Greenbeans!

Jika kamu ingin roasting kopi di rumah, maka kamu perlu menyiapkan greenbeans. Hal ini dapat menjadi salah satu persiapan yang paling penting karena ternyata greenbeans/ biji kopi mentah masih sulit dicari, loh!

Tapi tenang! Ada Lakopi Indonesia sebagai marketplace yang menjual biji kopi mentah! Kamu bisa langsung kunjungi Lakopi.id dan pilih greenbeans yang kamu inginkan, langsung dan enggak pakai ribet!

Sejarah Kopi Java Preanger di Indonesia
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Alat Roaster

Karena kita akan melakukan roasting kopi dari rumah, maka kita hanya perlu menyiapkan alat roaster yang ‘memang’ ada di rumah. Yap! Kita hanya memerlukan kompor dan serta pan yang memiliki tutup. Sebagai tips kamu bisa menggunakan pan dari tanah liat seperti yang biasa digunakan saat roasting kopi tradisional!

pan untuk roasting
Photo by Helinton Fantin on Unsplash

Storage/ Tempat Penyimpanan Biji Kopi

Setelah kamu selesai roasting kopi, kamu akan membutuhkan tempat untuk menyimpannya sampai menggunakannya. Ingat, semakin kedap udara semakin baik. Tetapi bahkan wadah terbaik tidak akan menghentikan kopi dari kehilangan rasa dan aromanya setelah sekitar seminggu jika tidak digunakan.

kopi storage
Credit: barbearista.com

Tips Roasting Kopi dari Rumah!

Dilansir situs roastycoffee.com langkah yang perlu kita lakukan jika ingin roasting kopi dari rumah menggunakan alat simpel seperti pan dan di roasting di atas kompor, maka kita harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Set up dan Pre-Heat!

Sebelumnya kamu jelas sudah harus mempersiapkan greenbeans/ biji kopi mentah yang ingin kamu roasting. Pada saat membeli, jangan malu untuk bertanya rekomendasi bagaimana seharusnya biji kopi tersebut di roasting, sampai level berapa yang baik, dll. Itu akan sangat membantumu.

Setelah biji kopi mentah sudah siap, selanjutnya adalah panaskan terlebih dahulu pan yang akan kamu gunakan sekitar 5-10 menit. Proses ini akan lebih baik jika kamu dapat mengukur suhunya. Pre-heat ini harus dilakukan sebelum biji kopi mentah mulai dimasukkan.

roasting kopi dari rumah
Credit: Wikipedia

2. Mulai masukkan biji kopi mentah!

Saat tahap 1 sudah siap maka selanjutnya adalah masukan biji kopi mentah ke dalam pan. Setelah biji kopi mentah dimasukkan maka kamu harus memastikan untuk ‘mengaduk’ atau sederhananya membuat biji kopi terus bergerak (jangan dibiarkan), hal ini dilakukan agar hasil roasting merata. Dalam mengaduk juga harus dengan ritme yang stabil dan merata.

3. Biji mulai di roasting!

Saat biji di roasting, mereka akan melewati beberapa tahap. Kamu akan melihat transisi dari mentah menjadi grind-and-brewable, dan memutuskan dengan tepat bagaimana level/ tingkatan roasting yang kamu inginkan.

Proses ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan untuk mengontrol rasa kopi yang akan dihasilkan nanti, dan untuk mempelajari cara menguasai prosesnya, dan (yang paling penting) menjaga biji agar tidak gosong. Kamu bisa memperhatikan 10 tahap roasting kopi yang sudah dijelaskan di atas!

kopi sudah di roasting
Photo by Marissa Eric on Unsplash

4. Setalah selesai, pindahkan dan dinginkan!

Setelah level roasting mencapai yang kamu inginkan, kamu bisa menyelesaikan proses roasting. Selanjutnya adalah pindahkan biji kopi ke loyang datar/ nampan dan dinginkan pada suhu ruangan. Setelah dingin baru biji kopi hasil roasting siap disimpan!

5. Simpan biji kopimu!

Setelah biji kopi dingin, simpan dalam wadah kedap udara. Mason jars sangat direkomendasikan untuk menyimpan biji kopi hasil roasting. Jika biji kopimu merupakan level roasting Full City atau Darker, kamu disarankan untuk memberi waktu 12 jam untuk mendinginkan biji kopi dan membiarkan gas yang terkandung dalam biji keluar sebelum disimpan.

storage kopi
Photo by Madalyn Cox on Unsplash

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba roasting kopi dari rumah? Pada masa pandemi seperti ini, akan sangat baik untuk meminimalisir keluar rumah, loh! Kamu bisa mendapatkan biji kopi mentah dari Lakopi Indonesia dan roasting kopi dari rumah! (Bonus belajar dan eksperimen tentunya!)

Tunggu apalagi? Kunjungi Lakopi dan dapatkan biji kopi mentahmu! Happy roasting!

Salam, Lakopi Indonesia!