Apa itu Cold Brew Coffee? Apa Istimewa serta Manfaatnya? Yuk Cari Tahu!

cold brew
Credit: Matt Hoffman via unsplash.com

Dewasa ini cold brew coffee sedang menjadi primadona di kalangan coffee drinker. Apalagi semenjak pandemi, cold brew coffee menjadi salah satu varian kopi favorite yang praktis dan tahan lama untuk stok selama di rumah.

Dilansir oleh vinepair.com, ketika Starbucks meluncurkan cold brew coffee di gerai-gerai Starbucks untuk pertama kalinya, penjualan minuman es bahkan dilaporkan melonjak sebesar 20%, loh!

Faktanya cold brew coffee telah lama menjadi kopi yang terkenal dengan kelezatannya di New Orleans. Blue Bottle dan Stumptown bahkan memulai menggunakan teknik ini sejak awal. Tapi, tidak salah jika dikatakan bahwa Starbucks-lah yang mempopulerkannya.

Apakah kalian salah satu penggemar cold brew coffee? Atau malah baru pertama kali dengar namanya?

Apa itu cold brew coffee? Apa perbedaannya dengan ‘es kopi hitam’ yang biasa kamu minum?

Yuk kita cari tahu langsung lengkap dan keistimewaan dan manfaatnya dengan menyimak artikel berikut ini!

starbucks cold brew coffee
Credit: Joseph Gonzalez via unsplash.com

Apa itu Cold Brew Coffee?

Menu kopi yang dingin seperti iced coffee, iced americano dan cold brew coffee sudah tidak asing lagi di antara para penikmat kopi. Banyak kedai kopi yang menyediakan ketiga varian kopi dingin di atas, bahkan sering kali tidak hanya ketiga menu tersebut.

Sebenarnya apa yang membedakan cold brew coffee dengan menu ‘es kopi hitam’ yang lain?

Kopi pada iced coffee dan iced americano diekstraksi dengan metode seduh hot brewing, dimana kopi yang di seduh menggunakan metode hot brewing tersebut kemudian disajikan dengan es. Lain hal-nya dengan cold brew coffee. Dilansir oleh majalah.ottencoffee.co.id cold brew coffee dibuat dengan  metode “perendaman” selama minimal 8 jam. Untuk menyeduh (brewing), yang digunakan umumnya adalah air biasa dengan suhu ruangan atau dengan air dingin.

Sudah tahu perbedaannya? Yap! Cold brew coffee tidak pernah terkena paparan (suhu) panas sehingga tidak ikut mengekstraksi karakter acidity dari kopi.

hot water ilustrasi
Photo by Tim Arterbury via unsplash.com

Perbedaan nyata dari metode penyeduhan cold brew coffee adalah suhu air tempat ekstraksi kopi berlangsung. Jika biasanya menyeduh kopi dilakukan dengan suhu hampir mendidih untuk mengekstrak kopi dengan cepat, cold brew coffee menggunakan faktor lamanya durasi/waktu ketimbang suhu panas untuk mengekstraksi kopi.

Berapa lama waktu yang digunakan untuk mengekestraksi cold brew coffee?

Dilansir essence.coffee cold brew coffee dapat memakan waktu dari 4 hingga 24 jam tergantung pada metode untuk membuat satu batch penuh. Beberapa sumber lain seperti vinepair.com menyatakan bahwa cold brew setidaknya diseduh 6-12 jam dalam air bersuhu ruangan.

metode cold brew
Credit: unsplash.com (An Nguyen)

Apa yang Istimewa dari Cold Brew Coffee?

Metode seduh berbeda yang dibawa oleh cold brew coffee memberikan keistimewaan tersendiri, loh! Apa ya istimewanya cold brew coffee? Lakopi merangkumnya untuk kamu nih! Yuk kita simak!

Tingkat keasaman cold brew coffee lebih rendah.

Dilansir oleh essense.coffee sebuah penelitian oleh Toddy menyatakan bahwa cold brew coffee mengandung tingkat keasaman 50-67% lebih sedikit daripada kopi yang diseduh biasa. Cold brew coffee memiliki keasaman lebih rendah karena proses perendaman yang cukup lama.

Dilansir oleh hellosehat.com cold brew coffee memiliki kadar pH 6,31, berlawanan dengan versi panasnya (hot brewing) yang mengandung pH 5,48 — pada skala pH, semakin rendah angkanya semakin asam zat tersebut. Hal ini menjelaskan kenapa tingkat keasaman pada cold brew coffee cenderung lebih rendah.

tingkat keasaman cold brew
Credit: Battlecreek Coffee Roaster via unsplash.com

Memiliki Cita Rasa Lebih Manis

Meskipun tanpa gula atau pemanis lainnya, cold brew coffee cenderung memiliki rasa yang lebih manis. Hal ini terjadi karena proses perendaman yang lama serta suhu air yang digunakan. Hal ini dapat mengurangi penambahan gula atau pemanis lainnya dalam kopi dan membuat kopi lebih sehat!

Eitts! Tapi yang perlu diperhatikan, bukan hanya karena metodenya, namun perbedaan jenis biji kopi juga akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula ya!

Jangan lupa! Kamu bisa cari biji kopi berkualitas dengan berbagai jenis/macam kopi di Lakopi.id!

cold brew coffee
Credit: Jonas Jacobsson via unsplash.com

Cold Brew Coffee Lebih Tahan Lama!

Cold brew coffee mungkin membutuhkan waktu yang lama saat pembuatannya. Namun, setelah melalui proses panjang, cold brew coffee dapat bertahan lama, loh! Dilansir essense.coffee, jika kita menyimpan cold brew coffee di dalam kulkas, maka akan bertahan hingga 10 hari!

Cold brew coffee yang dijual oleh gerai-gerai kopi juga tidak kalah praktis dan tahan lama! Jadi, cold brew coffee bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang enggak mau ribet!

cold brew coffee tahan lama
Credit: Sabri Tuzcu via unsplash.com

Manfaat dari Mengonsumsi Cold Brew Coffee

Metode seduh yang berbeda dari cold brew coffee selain memberi keistimewaan juga membawa manfaat tertentu nih! Apa saja manfaat yang kita dapat? Yuk simak!

Dilansir essense.coffee studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa biji kopi atau green beans mengandung banyak antioksidan. Permasalahannya adalah, suhu panas dari proses roasting dan hot brewing akan mengancurkan banyak antioksidan yang terkandung dalam biji kopi.

Greenbeans
Credit: beritagar.id

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada cold brew coffee. Kurangnya paparan suhu panas membuat cold brew coffee mengandung lebih banyak antioksidan dan menghasilkan kopi yang lebih sehat!

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu keistimewaan cold brew coffee yaitu tingkat keasaman yang rendah. Dilansir hellosehat.com ini berarti cold brew coffee bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk para penggemar kopi yang punya masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung.

Semangat
Credit: bruce mars (Unsplash)

Cold brew coffee juga lebih rendah kafein daripada kopi hitam yang diseduh air panas, loh! Dilansir dari hellosehat.com satu cangkir kopi hitam yang diracik dengan air panas mengandung sekitar 62 miligram kafein, sementara kafein dalam konsentrat cold brew coffee pada umumnya hanya berkisar 40 miligram.

Kelebihan kafein juga tidak baik untuk kesehatan, loh! Jangan lupa untuk mengetahui batasan kopi dan kafein per hari, ya! 


Mau memulai membuat cold brew dari rumah? Sebagai langkah awal jangan lupa untuk menggunakan biji kopi yang berkualitas!

Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi terbaik versimu, ya!

Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.