Decaf Coffee, Kopi Tanpa Kafein?

Decaf Coffee

Decaf Coffee – Bisa dibilang, kopi merupakan salah satu minuman favorit di dunia, bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Banyak orang yang menikmati kopi sebagai minuman, tetapi mereka juga ingin membatasi kafein untuk kesehatannya.

Selain itu juga, banyak orang yang suka menikmati cita rasa dari kopi, tetapi tidak ingin menanggung efek samping yang ditimbulkannya dan akhirnya, terciptalah decaf coffee.

Nah, kira-kira apakah kamu tahu apa itu dekafeinasi kopi atau disebut decaf coffee? Jadi, decaf coffee adalah kopi yang kadar kafeinnya diturunkan sampai level terendah melalui proses yang disebut dekafeinasi.

Namun, apakah benar decaf coffee terbebas dari kafein? Atau bagus untuk kesehatan? Merangkum dari berbagai sumber, yuk simak artikel ini ya!

Apa Itu Decaf Coffee dan Bagaimana Pembuatannya?

Decaf Coffee Ilustrasi
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Nah, decaf coffee itu berasal dari proses dekafeinasi kopi, yaitu proses dari biji kopi yang dihilangkan hampir 97% kandungan kafeinnya.

Untuk prosesnya pun terdapat beberapa cara untuk menghilangkan kafein dari biji kopi, mulai dari menggunakan air, pelarut organik, dan juga karbon dioksida. Nah, kira-kira bagaimana ya prosesnya? 

  1. Biji kopi dicuci menggunakan pelarut sampai kafeinnya mengalami ekstraksi, kemudian barulah pelarut tersebut dihilangkan.
  2. Selanjutnya, kafein juga bisa dihilangkan menggunakan karbon dioksida atau filter arang (charcoal filter) yang dikenal sebagai metode Swiss Water Process.

Biji kopi harus telah hilang kafeinnya sebelum mereka disangrai dan digiling untuk dikemas. Nilai nutrisi dari decaf coffee juga harus setara dengan kopi biasa, selain dari kandungan kafeinnya.

Namun, jika kandungan kafein dihilangkan dari kopi, rasa serta aromanya menjadi lebih sedikit lembut, dan warnanya pun juga dapat berubah tergantung metode apa yang digunakan.

Hal ini tentunya bagus untuk dikonsumsi untuk kamu yang tidak suka minuman terlalu pahit dan aroma yang terlalu kuat seperti kopi biasa.

Berapa Banyak Kafein yang Masih Tertinggal di Decaf Coffee?

Proses Pengolahan Kopi Flores Bajawa
Credit: thestuffofsuccess.com

Nah, bisa dibilang, kandungan kafein tidak benar-benar hilang dari decaf coffee. Biasanya, mengandung jumlah kafein yang bervariasi, mulai dari 3 mg kafein setiap cangkir kopi.

Pada sebuah studi menemukan bahwa setiap 6 ons (180 ml) decaf coffee per cangkir hanya mengandung kafein sebanyak 0-7 mg.

Di sisi lain, rata-rata kafein yang terkandung dalam kopi biasa sekitar 70-140 mg, tergantung jenis kopi, metode yang digunakan, dan juga ukuran cangkir atau cup.

Jadi, walaupun decaf coffee ini tidak sepenuhnya hilang kafeinnya, tetapi kandungannya pun sangat rendah.

Decaf Coffee Mengandung Antioksidan dan Nutrisi

Ilustrasi biji kopi
Credit: (learn.bluecoffeebox.com)

Apakah kamu tahu? Kalau kopi merupakan sumber antioksidan terbesar dalam makanan barat atau disebut Western diet. Bisa dibilang, kandungan antioksidan pada decaf coffee hampir sama dengan kopi biasa, walaupun lebih rendah sekitar 15%.

Perbedaan ini diakibatkan hilangnya sedikit antioksidan selama proses dekafeinasi. Nah, kandungan di dalam antioksidan kopi biasa atau decaf coffee ini adalah asam hidrokinetik dan polifenol.

Oleh karena itu, antioksidan sangat efektif dalam menetralkan senyawa reaktif yang disebut radikal bebas di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, antioksidan ini juga dapat mengurangi kerusakan oksidatif dan membantu mencegah penyakit parah, seperti jantung, hati, kanker, dan diabetes tipe 2.

Selain antioksidan, decaf coffee juga mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Secangkir kopi tanpa kafein yang diseduh mengandung asupan harian magnesium yang direkomendasikan, 4,8% kalium, dan 2,5% niasin, atau vitamin B3.

Hal ini memang tidak mengandung banyak nutrisi, tapi jumlahnya akan bertambah jika kamu bisa meminum secangkir kopi 2-3 kali per hari.

Manfaat Decaf Coffee Untuk Kesehatan

kopi
Credit: Emre Gencer (Unsplash)

nah, kopi tanpa kafein atau decaf coffee ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan kamu. Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan dan zat aktif lainnya yang bagus untuk kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Berikut penjelasannya!

Mencegah diabetes tipe 2, fungsi hati, dan kematian dini

Diabetes
Diabetes

Mengonsumsi minuman kopi, baik kopi berkafein atau tanpa kafein, dapat mencegah risiko diabetes tipe-2. Nah, kamu dapat mengonsumsi secangkir kopi ini setiap hari untuk mengurangi risiko sampai 7%.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, kopi tanpa kafein dapat menurunkan kadar enzim hati dan juga, dapat mencegah risiko kematian dini yang disebabkan karena stroke atau penyakit jantung.

Mencegah penuaan dan penyakit neurodegeneratif

Ilustrasi penuaan
Credit: blog.udemy.com

Kopi tanpa kafein atau berkafein, dapat memberikan efek agar mencegah terjadinya penuaan, sehingga wajah kamu tampak lebih muda jika mengonsumsi secangkir kopi secara rutin.

Selain itu, studi sel manusia juga menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein dapat melindungi neuron di otak, serta dapat membantu mencegah perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Bisa dibilang, hal tersebut disebabkan oleh asam klorogenat dalam kopi, bukan kafein. Namun, kafein sendiri juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit neurodegeneratif.

Mengurangi gejala sakit perut dan risiko kanker rektal

Ilustrasi sakit perut
Credit: klikdokter.com

Bagi para pecinta kopi, pasti kamu tahu kalau mengonsumsi secangkir kopi terkadang dapat bikin mulas atau sakit perut, benar begitu bukan?

Nah, kalau kamu mengonsumsi kopi tanpa kafein ini tentunya dapat mengurangi rasa mulas yang kamu alami setiap meminum secangkir kopi. Kok bisa?

Ya, sebab, kopi tanpa kafein telah terbukti menyebabkan refluks asam yang jauh lebih sedikit daripada kopi biasa, sehingga gejala sakit perut atau mulas pun berkurang.

Minumlah dua cangkir decaf coffee atau lebih dalam sehari agar dapat mengurangi risiko kanker rektal hingga 48% lebih rendah.


Nah, itu dia informasi mengenai decaf coffee atau kopi tanpa kandungan kafein di dalamnya. Bisa dibilang, mengonsumsi kopi ini jauh lebih aman bagi kesehatan daripada kopi biasa.

Kamu juga perlu tahu kalau secangkir kopi yang nikmat itu berasal dari biji kopi berkualitas. Kalau tidak berkualitas, tentu saja rasanya tidak senikmat yang dibayangkan.

Akan tetapi, kamu bingung belinya di mana karena terhalang oleh pandemi? Tak perlu khawatir! Yuk, kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas.

Selain itu, trade-nya juga langsung ke petaninya loh! Yuk, tunggu apalagi? Kunjungi lakopi.id sekarang juga untuk dapatkan biji kopi terbaik. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.