Identifikasi Jenis Defect Biji Kopi: Disangrai dan Sebelum Disangrai!

Ilustrasi Defect Biji Kopi
Credit: kopitem.com

Defect Biji Kopi – Bisa dibilang, kopi bukan hanya jenis minuman yang nikmat lagi, tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Nah, buat kamu yang suka minum kopi setiap hari, apakah tahu kalau secangkir kopimu itu telah melewati banyak proses pengolahan? Mulai dari proses panen, pasca panen, dan lainnya.

Selain itu, biji kopi yang dipilih pun juga sangat bagus dan berkualitas dengan kecacatan yang sangat rendah. Itu sebabnya minuman kopimu itu sangat nikmat untuk dihidangkan. 

Sebagai pecinta kopi tentunya kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan ‘kecacatan’. Tentu saja kecacatan yang dimaksud ini mengacu kepada biji kopinya, dengan nama lain coffee defect atau defect biji kopi. Hal tersebut dapat terlihat dari bentuk fisik biji dan aroma biji kopi.

Penyebabnya pun terjadi akibat berbagai faktor, seperti gangguan hama, penanaman yang tidak optimal, dan lainnya. Jika biji kopi mengalami kecacatan, tentu saja dapat mengganggu cita rasa dari kopi yang kamu minum.

Nah, kira-kira bagaimana ya jenis-jenis defect biji kopi yang sudah disangrai dan belum disangrai? Merangkum dari berbagai sumber, simak artikel ini sampai habis ya!

Jenis Defect Biji Kopi Sebelum Disangrai

Ilustrasi Sejarah Kopi Flores Bajawa
Credit: okdam.com

Beberapa jenis biji kopi yang rusak saat proses pascapanen. Berikut penjelasannya:

Biji pecah atau tidak utuh

Greenbeans
Credit: beritagar.id

Biasanya, hal ini terjadi saat memasuki tahap proses pascapanen. Saat biji kopi dipisahkan dari kulit dan daging buah, terkadang terdapat beberapa kendala atau kesalahan yang menyebabkan biji kopi tersebut tidak utuh karena mengalami benturan.

Hal ini dapat mengakibatkan kendala saat proses penyangraian, seperti terdapat biji kopi yang kecil atau besar. Bisa dibilang, biji kopi yang pecah akan lebih mudah hangus saat disangrai dan akan terasa sangat pahit.

Biji kopong

Ilustrasi Biji Kopong
Credit: azakopigayo.co.id

Nama lain dari biji kopong adalah elephant beans. Sebab, biji ini isinya tidak rata alias satu sisi ada lebih banyak isinya daripada sisi sebelahnya.

Hal ini mungkin terjadi dari pohon biji kopi dan terdapat buah yang tidak menghasilkan biji yang sempurna. Jenis biji yang seperti ini dapat cepat hangus dan mempengaruhi rasa kopi ketika disangrai.

Biji berbentuk ganjil

Peaberry
Credit:(indonesian.alibaba.com)

Umumnya, hal ini terjadi akibat kegagalan pembuahan yang menyebabkan biji kopi berbentuk ganjil. Selain itu juga, hal ini menyebabkan rasa yang tidak nikmat dari kopi itu sendiri dan menyebabkan proses sangrai yang tidak merata.

Biji yang gagal fermentasi

Ilustrasi biji gagal difermentasi
Credit: (Gordi.id)

Kalau yang satu ini tidak terlihat dari bentuk fisiknya, tetapi dari aroma biji kopi. Hal ini terjadi karena proses pascapanen yang melewati proses fermentasi, dan paling sering terjadi pada tahap penjemuran biji kopi.

Biji kopi yang gagal fermentasi akan menimbulkan rasa yang asam dan wangi yang tidak sedap, sepeti bau busuk.

Biji yang berlubang

Biji kopi berlubang
Credit: planterandforester.com

Nah, yang satu ini diakibatkan oleh hama atau serangga. Biji yang terkena serangan hama rasanya akan sangat pahit dan tidak padat sehingga tidak bagus untuk diproses lebih lanjut.

Biji yang menghitam

Biji Kopi Menghitam
Credit: ARTsbyXD (pixabay.com)

Saat kamu menemukan biji yang warnanya sudah menghitam, ada baiknya segera dibuang. Sebab, hal ini terjadi karena biji kopi terlalu lama menyentuh tanah dan sudah terkontaminasi dengan bakteri atau zat.

Biji yang tidak mengeluarkan aroma

Ilustrasi biji kopi mentah wine coffee
Credit: ictcoffee.com

Bisa dibilang, biji yang tidak mengeluarkan aroma atau disebut masih mentah dan dipaksa panen. Rasa yang dihasilkan pun masih mentah dan aromanya masih belum ada.

Baggy atau past corp

penyimpanan biji kopi
Credit: dghchocolatier (pixebay.com)

Biji kopi yang disimpan terlalu lama dan kondisinya pun kurang bagus, dapat menimbulkan defect biji kopi. Sebab, kopi yang disimpan terlalu lama akan menghasilkan rasa, seperti kardus, karung, atau kayu.

Jenis Defect Biji Kopi Sesudah Disangrai

Selanjutnya, jenis kecacatan pada biji kopi yang telah melewati proses sangrai atau roasting. Kira-kira apa saja ya? Berikut penjelasannya:

Baked coffee

Baked coffee
Credit: kompasiana.com

Biji kopi yang terlalu lama disangrai akan menyebabkan kecacatan dan dapat dilihat dengan kasat mata. Biasanya, kopi yang defect seperti ini akan menghasilkan rasa yang hambar atau flat.

Underdeveloped coffee

Ilustrasi Underdeveloped coffee
Credit: coffeemagazine.co.za

Biji yang belum berkembang atau matang sempurna cenderung akan mengeluarkan rasa seperti rumput atau tanaman hijau. Hal ini dapat diketahui saat melakukan proses tahap coffee cupping.

Overdeveloped coffee

Overdeveloped coffee
Credit: baristahustle.com

Kalau yang satu ini kebalikan dari underdeveloped, yaitu kopi yang disangrai dan berubah warna menjadi gelap mendekati hitam, serta mengeluarkan banyak minyak.

Bisa dibilang, jenis defect ini hampir mirip dengan dark roast. Karakter rasa yang dihasilkan pun juga pahit dan meninggalkan after-taste yang tidak enak.

Quakers

Ilustrasi quakers coffee
Credit: burmancoffee.com

Kira-kira kamu tahu tidak sih apa yang dimaksud dengan quakers? Jadi, quaker merupakan biji kopi yang belum matang dan berkeriput.

Bisa dibilang, biji cacat seperti ini susah sekali ditemukan dalam bentuk green beans. Quaker terjadi akibat kondisi tanah yang sangat buruk sehingga biji tidak berkembang sempurna.

Umumnya, biji kopi ini dapat terlihat setelah kopi disangrai. Itu sebabnya perlu adanya disortasi setelah disangrai dan sebelum dikemas.


Nah, itu dia sederet jenis defect biji kopi yang terjadi sebelum disangrai atau pascapanen dan sesudah disangrai. Kopi yang mengalami kecacatan tentunya menghasilkan rasa yang tidak enak, tekstur yang kasar, dan juga harum aromanya pun tidak sedap.

Secara keseluruhan, tidak ada biji kopi yang dinyatakan zero defect atau benar-benar sempurna, dan pasti selalu dinyatakan terdapat kecacatan.

Nah, buat kamu yang mencari biji kopi yang berkualitas sangat baik dan dipetik langsung oleh para petani, yuk! Kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah dengan kualitas yang baik.

Selain itu, trade-nya pun juga langsung ke petaninya loh! Tunggu apalagi? Segera pesan sekarang juga di lakopi.id, ya! Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.