Apa Sebenarnya Definisi ‘Kopi Kuat’?

kopi kuat
Photo by Sixteen Miles Out on Unsplash

Kopi kuat – Mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar istilah ‘kopi kuat’ atau strong coffee. Banyak coffee drinker yang menyebutkan bahwa mereka adalah penggemar ‘kopi kuat’. Dan tentunya beberapa dari mereka juga lebih menyukai kopi yang lebih light atau ringan.

Namun, tahukah kamu definisi ‘kopi kuat’ itu apa?

Yap! Definisi ‘kopi kuat’ sendiri di berbagai negara bisa dibilang berbeda-beda. Kembali lagi ke budaya ngopi yang berbeda, serta habit yang juga berbeda dari mengkonsumsi kopi di berbagai negara yang ada membuat definisi strong coffee atau ‘kopi kuat’ itu berbeda-beda.

Sebagian mengartikan ‘kopi kuat’ sebagai kopi yang lebih terkonsentrasi (contohnya: cold brew), ada juga yang menyatakan bahwa kopi bisa dikatakan ‘kopi kuat’ jika kandungan kafeinnya lebih tinggi atau level roasting yang lebih dark. 

Sebenarnya apasih definisi ‘kopi kuat’ itu? Tenang! Lakopi merangkum berbagai pendapat untuk dibagikan ke kamu! Yuk simak!

kopi dari mok pot
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Definisi Kopi Kuat: Dalam Artian Apa ‘Kuat’ pada Kopi?

Kopi yang kuat biasanya diidentikan dengan rasa pahit yang dihasilkan. Banyak orang beranggapan bahwa ‘semakin pahit kopi maka semakin kuat kopi tersebut’. Apakah benar demikian? Well, tidak selalu.

Kopi kuat bukan hanya dinilai dari betapa ‘pahit’ rasa kopi itu. Semakin gelap level roasting, semakin pahit cita rasa kopi, bukan berarti kopi itu kuat. Selain pahit, kopi kuat juga identik dengan kandungan kafein yang lebih banyak dan dapat membuat kita ‘bangun’ atau tetap terjaga dan bugar dalam menjalankan kegiatan.

Lalu apa artian ‘kuat’ atau strong yang sebenarnya pada kopi?

Kopi kuat dapat dinilai dari kopi itu sendiri. Bukan dari pahit dan kandungan kafeinnya saja. Dilansir oleh perfectdailygrind.com The Specialty Coffee Association mengukur kekuatan minuman dalam istilah “total dissolved solids” (TDS) atau total padatan terlarut. TDS adalah ukuran konsentrasi; itu mencerminkan seberapa banyak kopi yang larut ke dalam air panas di cangkir kita.

cold brew coffee tahan lama
Credit: Sabri Tuzcu via unsplash.com

Ibrahim Saad seorang Q Grader dari Torch Coffee Labs melalui perfectdailygrind.com mengatakan bahwa terlepas dari roast profile, ‘kuat’ dalam kopi dapat diukur melalui kuantitas padatan terlarut dalam cangkir setelah diekstraksi.

Meskipun TDS memberikan kita angka yang dapat diukur, persepsi individu tentang apa ‘kopi kuat’ itu berbeda dari orang ke orang. Secara sederhana kita akan mengetahui dan menganggap kopi yang kita konsumsi kuat atau tidak sesuai dengan anggapan kita masing-masing. Kopi yang kuat akan memberi kesan lasting saat dirasakan.

Chemex
Credit:downshiftology.com

Definisi Kopi Kuat: Perbedaan di Setiap Menu-menu Kopi

Dilansir dari situs coffeemagazine.co.za menyebutkan bahwa, jika kita berbicara tentang minuman berbahan dasar espresso, untuk membuat menu kopi tersebut ‘kuat’ maka biasanya barista akan menambahkan satu shot of espresso ke pesanan kita.

Tahukah kamu? Jika kamu berfikir menambah susu dapat ‘mengencerkan’ kafein ternyata hal tersebut tidak benar, loh! Rasa kopi memang akan lebih ringan, namun kandungan kafeinnya akan tetap sama. Tapi tidak dipungkiri jika, kafein akan bertahan lebih lama dalam tubuh jika kita mengkonsumsi kopi hitam tanpa campuran.

Sedangkan untuk menu filtered coffee, semakin lama waktu brewing atau kontak waktu air dan bubuk kopi, maka akan semakin banyak kafein yang dapat diekstraksi. Metode brewing menggunakan french press mengandung lebih banyak kafein daripada jumlah setara kopi yang diseduh melalui pour over dimana, kontak air dan bubuk kopi terjadi lebih cepat.

espresso
Photo by Adi Goldstein on Unsplash

Definisi Kopi Kuat: Definisi dari Berbagai Pandangan

Kembali lagi ke masing-masing individu, definisi ‘kopi kuat’ atau strong coffee memang beragam, berikut Lakopi menyunting dan mengumpulkan definisi ‘kopi kuat’ dari berbagai pandangan dan tentu dari beberapa elemen yang diperhatikan. Penasaran? Yuk langsung baca di bawah!

Dari situs majalah.ottencoffee.co.id, definisi ‘kopi kuat’ sendiri dilihat dari 3 elemen yang ‘dipercayai’ mewakilkan ‘kopi kuat’ yaitu:

  • Kuat Berarti Pahit – Beberapa orang, menganggap pahit menjadi salah satu pertimbangan orang-orang untuk melabeli kopi itu kuat. Dengan kata lain single origin yang catatannya body, earthy, bitter adalah yang “terkuat” di selera para penikmatnya. Sedangkan single origin dengan catatan fruity, sweetness, clean, balance adalah kopi tak kuat alias lemah.  Hmm bagaimana menurutmu? Atau sesuai level roasting? The darker the bitter.
  • Kuat Berarti Berat & Kental – Jika “kuat” adalah perihal kekentalan dan tekstur yang berat, maka kekuatan yang dimaksud adalah jatuh kepada kopi sejenis espresso, Turkish Coffee dan teman-temannya.
  • Kuat Berarti Tinggi Kandungan Kafeinnya – Well, jika kandungan kafein dan efek yang ditimbulkan menjadi salah satu definisi ‘kopi kuat’ maka mungkin kopi robusta menjadi ‘kopi kuat’. Selain itu semakin besar efek kafein yang timbul pada tubuh, maka mungkin semakin kuat kopi tersebut.
Creamer
Credit: productnation.co

Dilansir dari perfectdailygrind.com, beberapa tokoh dalam industri kopi mendefinisikan ‘kopi kuat’ bermacam-macam, beberapa diantaranya Menurut Michalis Dimitrakopoulos, Champion barista dari Yunani, kopi yang kuat harus memiliki rasa yang tahan lama dan intens. Dia menambahkan: “Untuk masyarakat umum, body yang lebih tebal berarti minuman yang lebih intens.”

Fiqri Aunurofiq adalah barista untuk Three Folks Coffee & Creamery di Indonesia. Dia mengatakan bahwa para pelanggannya menganggap kopi kuat secara sederhana sebagai “hitam, panas dan pahit”.


Terlepas dari definisi ‘kopi kuat’ dari berbagai pandangan tersebut, juga apa-apa saja elemen yang biasanya dikaitkan dengan kuat/ tidaknya kopi yang kita konsumsi, ‘kopi kuat’ sebenarnya bisa kita definisikan sesuai dengan reaksi tubuh kita menerima kopi tersebut.

Tentu, kopi yang kuat juga harus dibarengi dengan manfaat yang sehat. Caranya? Dengan memilih biji kopi berkualitas! Jika kamu mencari biji kopi mentah berkualitas, kamu bisa kunjungi Lakopi.id! Cari biji kopi lebih mudah dan praktis!

Jadi, apa definisi ‘kopi kuat’ versimu? 

Salam, Lakopi Indonesia.