Yuk Simak! Berikut Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin dari Rumah!

espresso dari rumah
Photo by Elle Hughes by Unsplash

Menu minuman kopi yang ada saat ini sangat beragam. Beberapa diantaranya tentu menu kopi espresso based. Espresso sebagai bahan dasar berbagai menu minuman kopi ‘biasanya’ dibuat dengan mesin espresso. Kedai kopi biasanya akan mempunya mesin espresso dari berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Tapi, bagaimana jika kita ingin membuat minuman kopi espresso based dari rumah? Apakah kita bisa membuat espresso tanpa mesin dari rumah?

Banyaknya penggemar menu minuman kopi espresso based kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah espresso bisa dibuat di rumah tanpa mesin espresso?

Mau tahu jawabannya?

Simak artikel di bawah ini sampai selesai, ya!

Mesin Espresso
Credit: Mike Marquez (Unsplash)

Yuk Kenali Dulu Espresso!

Bentuk Hati
Credit: Gong TY (Unsplash)

Apakah kamu penggemar cafe latte, cappuccino atau macchiato?

Well, ketiga minuman diatas adalah minuman favorite para coffee drinker. Namun apakah kamu tahu? Minuman tersebut merupakan jenis minuman kopi espresso based.  Banyak coffee drinker enggan mengonsumsi espresso -original hanya espresso saja tanpa dicampur dengan bahan lain, karena rasanya yang ‘sangat pahit’, pekat, dan porsinya yang sedikit.

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Mesin Espresso
Credit: Kevin Butz (Unsplash)

Dilansir melalui majalah.ottencoffee.co.id nama espresso diambil dari metode pembuatannya, yaitu “press” dan cerita ini bermula di Itali. Pada masa itu, orang yang mayoritas pekerja sangat dikejar oleh waktu, dan membuat kopi masa itu tidaklah secepat sekarang. Pembuatan kopi mencapai waktu 5 menit hanya untuk satu cangkir kopi. Singkatnya, ditahun 1905 mesin espresso pertama pun lahir, dan dari situlah lahirnya kata “es-press-oh” dimulai dan menyebar ke seluruh dunia.

Bagaimana Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin dari Rumah?

Berbagai sumber menyebutkan bahwa kita bisa membuat espresso dari rumah -bahkan dari mana saja, tanpa menggunakan mesin pembuat espresso. Dilansir oleh kumparan.com, berikut beberapa alat yang dapat digunakan untuk membuat espresso tanpa mesin:

French Press.

Alat seduh kopi ini terdiri dari wadah yang di bagian dalamnya terdapat semacam logam atau tutup plastik dan plunger yang untuk menyaring ampas kopi. Metode seduhnya pun sangat mudah dan efisien; yang kita butuhkan, hanyalah bubuk kopi dan air panas.

Cara pembuatan espresso menggunakan french press yaitu dengan memasukan 2 sendok bubuk kopi, kemudian tambahkan air panas dengan suhu tertentu, dan setelah ditunggu 30 detik barulah kopi di aduk dan di diamkan selama 4 menit lamanya. Kemudian tekan flunger perlahan dan akan menghasilkan ekstraksi kopi yang ‘konon’ sama dengan espresso.

French press
Credit:businessinsider.com

Aero Press

Aero press merupakan salah satu alat seduh kopi (manual brew) yang mampu menghasilkan espresso. Aero press ini terdiri dari dua bagian, yakni gagang untuk penekan dan coffee tank. Nah aeropress sendiri mengandalkan tekanan udara yang berasal dari tenaga kita sebagai pembuat kopi. Dilansir tamandelta.com, pembuatan espresso dengan aero press tidak jauh berbeda dengan french press.

Setelah penjelasan diatas, kemudian timbul pertanyaan, apakah ekstraksi yang dihasilkan merupakan espresso atau kopi hasil brewing yang biasa dihasilkan dengan alat-alat manual brewing tersebut?

Credit: workshopcoffee.com

Melalui majalah.ottencoffee.co.id dijelaskan bahwa pembuatan espresso harus berlangsung cepat. Jika mengacu pada waktu pembuatan, maka dengan rasio sajian espresso menggunakan french press atau pun aero press selama tidak di atas 5 menit mungkin saja bisa dikatakan sajian tersebut adalah espresso.

Namun, jika mengulik dari tembakan air didih kemudian air kopi langsung jatuh ke cangkir tanpa ada jeda sedikit pun untuk kopi terendam air seduhan. Maka, sajian kopi rasio espresso dari metode french press atau aero press tidak bisa dikatakan sajian espresso.

espresso dr rumah
Photo by Mihai Varga on Unsplash

Lalu Bagaimana Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin yang Benar?

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat espresso tanpa mesin adalah rasio kopi dan air seduhan, serta suhu air yang digunakan dalam pembuatan espresso.

Dilansir majalah.ottencoffee.co.id sajian espresso memiliki perbedaan rasio yang jauh berbeda dengan manual brew. Jika manual brew memiliki rasio 1:16, 1:18 dan rasio lainnya tergantung pertimbangan barista ketika menyeduhnya. Espresso memiliki rasio yang seimbang 1:1 perbandingan kopi dan air seduhan, ada juga yang menggunakan rasio 1:2, atau 1:3.

rasio
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Suhu air juga penting diperhatikan dalam pembuatan espresso, suhu air seduhan yang digunakan umumnya 90-96°C, karena pada titik suhu inilah air seduhan mampu mengesktraksi kopi secara optimal. Dalam pembuatan espresso dengan mesin, banyak hal yang sebenarnya harus diperhatikan seperti tampingpressure bar, dan berapa lama bubuk kopi dialiri air seduhan yang dishot.

Bagaimana caranya membuat espresso yang benar tanpa mesin espresso?

Well, dalam hal pembuatan espresso ada alat-alat yang dapat digunakan tersendiri. Espresso maker sekarang dapat ditemukan dengan mudah dan tidak ribet -dan tentu lebih murah, dari mesin espresso yang biasa kita temui di cafe atau coffee shop favorite kita.

Espresso Maker Portable

Beberapa pilihan espresso maker portable tentu sangat praktis dan mudah digunakan, juga bisa dibawa kemana-mana. Beberapa espresso maker portable antara lain Staresso, Minipresso, dan Nanopresso.

Lakopi akan membahas satu diantaranya yaitu nanopresso.

Dilansir baristainstitute.com nanopresso menghasilkan espresso yang baik, memiliki krema diatasnya dan terlihat seperti espresso yang dibuat dengan mesin. Nanopresso menghasilkan espresso dengan aftertaste, acidity dan body yang pas. Selain itu juga alat ini mudah digunakan, dibersihkan dan praktis.

Nanopresso
Nanopresso, Photo by Coffee Geek on Unsplash

Espresso Maker untuk di Rumah

Dilansir majalah.ottencoffee.co.id espresso maker untuk rumahan juga lebih terjangkau dan praktis. Hasil espresso yang dihasilkan juga tidak kalah dengan espresso yang dihasilkan oleh mesin espresso yang disajikan barista di coffee shop yang biasa kamu kunjungi.

Beberapa espresso maker untuk di rumah, diantaranya Flair, Rokpresso, Little Guy Espresso Maker.

rokpresso
Credit: perfectdailygrind.com

Untuk membuat espresso yang nikmat dari rumah, kamu juga memerlukan bubuk kopi dari biji kopi berkualitas.

Kamu bisa mendapatkan biji kopi berkualitas di Lakopi! Lakopi merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya, loh!

Tunggu apalagi? Siapkan peralatan dan kopimu, ayo buat espresso dari rumah!

Jangan lupa! Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.