Fakta Kopi Hijau yang Perlu Kamu Tahu!

kopi hijau
Photo by Battlecreek Coffee Roaster on Unsplash

Kopi hijau – Permintaan akan kopi membuat perhatian akan industri kopi menjadi semakin tinggi. Tidak terkecuali proses-proses sebelum kopi bisa kita nikmati dengan mudah dan simpel.

Dari perjalanan panjang proses pengolahan kopi tersebut salah satunya adalah tahap kopi hijau atau biji kopi mentah. Biji kopi mentah ini disebut juga green bean karena warnanya yang masih alami -hijau, sebelum dilakukan proses roasting agar biji kopi lebih awet dan mudah diolah.

Ternyata, dibalik kopi hijau yang mungkin kita fikir ‘masih belum dapat diolah’ terdapat banyak manfaat dan fakta menariknya, loh! Kira-kira apa saja manfaat dan fakta dari kopi hijau

Yuk kita simak lewat artikel di bawah ini!

Cita Rasa dan Aroma dari Kopi Java Preanger
Credit: infokopi.com

Kenalan dengan Kopi Hijau

Menurut mrocoffee.com kopi hijau merupakan biji kopi mentah dari tanaman Coffeea. Kopi hijau pada dasarnya adalah biji yang ‘umumnya’ berwarna hijau, yang berada dalam lapisan buah kopi/ coffee cherry. Sederhananya kopi hijau adalah biji kopi biasa yang belum di roasting atau biasa disebut biji kopi mentah.

Mungkin selama ini kamu banyak menemukan ekstrak dari kopi hijau pada suplemen makanan, namun green bean juga dapat dibeli utuh -hanya berupa kopi hijau, dan kamu bisa mengolahnya di rumah. Biasanya digunakan untuk membuat hot beverage, seperti kita mengolah roasted coffee.

Masih bingung untuk membeli kopi green bean? Sekarang, kamu sudah bisa mendapatkan kopi hijau dengan mudah, loh! Kamu bisa kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi mentah pilihanmu dengan mudah dan tentunya berkualitas! Kamu juga bisa lihat tips membeli biji kopi mentah di sini!

Dilansir oleh heathline.com minuman dari ekstraksi kopi hijau yang berwarna hijau muda ini tidak akan terasa seperti hasil ekstraksi roasted coffee yang biasa kamu rasakan. Mengapa demikian? Karena hasil ekstraksi kopi ini cenderung jauh lebih lembut.

kopi green bean
Photo by Nastya on Usnplash

Tahukah kamu? Banyak juga yang mengatakan rasanya lebih mirip teh herbal daripada kopi.

Menurut mrocoffee.com, sebelum dapat di ekstraksi, kopi green bean ini melalui proses yang berkualitas. Proses setelah panen melalui 14 tahap. Usai memetik buah, batas pengupasan coffee cherry adalah delapan jam, tidak boleh lebih. Sedangkan proses fermentasinya selama 16 jam. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas. Selanjutnya biji kopi ini pun melalui proses pengeringan.

Kopi hijau merupakan tahapan biji kopi sebelum selanjutnya di roasting sesuai kebutuhannya, mulai dari light roast hingga dark roast. Roasting dilakukan untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang kita -para penikmat kopi tentunya sukai. 

Nah, yang perlu kamu tahu untuk membuat ekstrak dari kopi green bean, biji kopi ini umumnya tidak di roasting tapi direndam dan kemudian dikonsetrasikan lagi untuk membuat ekstraknya.

medium roast
Photo by Artem Zhukov on Unsplash

Kopi Hijau/ Green bean – Ingredients

Kopi hijau, sama seperti dengan kopi pada umumnya memiliki kandungan kimia atau chemical profile sebagai salah satu ingredients yang ada. Dilansir oleh lemarbet.com termasuk di dalamnya berbagai jenis asam organik seperti malat, sitrat, asetat, kopi, dan lainnya.

Namun, tahukah kamu? Dilansir oleh healthline.com kopi hijau mengandung pasokan asam klorogenat yang melimpah – senyawa dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Asam klorogenat adalah antioksidan yang sangat kuat, yang menurunkan jumlah radikal bebas dalam tubuh kita. Well, kandungan antioksidan dalam kopi bukan hal yang baru bukan? Namun, faktanya kandungan asam klorogenat pada biji kopi menurun drastis selama proses roasting, sedangkan pada minuman/ ekstraksi kopi hijau persentasenya tetap tinggi.

level roasting kopi
Photo by Ochir Erdene on Unsplash

Fakta Menarik Manfaat Kopi Hijau/ Green bean untuk Kesehatan

Dari berbagai kandungan yang ada dalam biji kopi hijau, diantaranya sangat berpengaruh dan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita, loh! Bahkan bukan hanya kopi hijau, kopi secara umum yang dihasilkan dari biji kopi yang telah di roasting-pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Eits! Tapi ingat tentu dengan pengolahan dan penyajian yang baik dan benar agar terasa manfaatnya. Nah kira-kira apa saja manfaat kopi hijau untuk kesehatan tubuh kita? Yuk simak!

Sejarah Kopi Java Preanger di Indonesia
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Manfaat #1: Kopi Hijau Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Ekstrak kopi hijau dipromosikan sebagai suplemen untuk menurunkan berat badan pertama kali di ungkapkan pada tahun 2012. Dilansir oleh healthline.com, ternyata banyak ahli kesehatan yang membantah anggapan bahwa ekstrak kopi green bean berdampak secara signifikan pada berat badan.

Dari healthline.com ekstrak kopi hijau dipasarkan sebagai suplemen penurunan berat badan, tetapi bukti ilmiah yang mendukung keefektifannya masih kurang. Sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut akan hal tersebut.

Tahukah kamu? Faktanya adalah bahwa kopi hijau dengan sendirinya tidak menjamin penurunan berat badan, karena tidak dapat membakar lemak dalam tubuh.

Namun, dilansir lemarbet.com kopi hijau dapat menjadi dietary product yang sangat baik karena mampu mengaktifkan proses metabolisme dan memiliki efek diuretik yang sangat baik.

menurunkan berat badan
Photo by Bill Oxford on Unsplash

Manfaat #2: Kopi Hijau Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kopi hijau mungkin memiliki manfaat kesehatan selain menurunkan berat badan. Faktanya, asam klorogenat yang ada di dalamnya itu dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. 

Dilansir oleh healthline.com, dari penelitian yang dilakukan kepada 50 orang dengan sindrom metabolik – sekelompok faktor risiko, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah, yang meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung – mengonsumsi 400 mg ekstrak kopi hijau tanpa kafein dua kali sehari selama 8 minggu menunjukkan peningkatan signifikan pada kesehatan mereka.

Walaupun hasil penelitian tersebut memuaskan, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek dari ekstrak kopi hijau

penyakit kronis
Photo by Hush Naidoo on Unsplash

Penting! Walaupun kopi hijau baik untuk kesehatan, perlu diingat dosis yang kita konsumsi, ya! Tidak ada rekomendasi dosis yang jelas telah ditetapkan untuk kopi hijau, tetapi beberapa penelitian telah dengan aman menggunakan dosis hingga 400 mg ekstrak dua kali sehari (dosis yang aman tetap sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing).


Sudah mengenal kopi hijau sekarang? Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk dapatkan kopi hijau atau biji kopi mentahmu di Lakopi.id ya! Happy brewing! Salam, Lakopi Indonesia.