Yuk Simak! Fakta Seputar Es Kopi yang Perlu Kamu Tahu!

es kopi
Photo by Luis Reyes on Unsplash

Minum kopi saat ini telah menjadi kebiasaan dan kebutuhan harian bagi sebagian orang di Indonesia. Maraknya kedai kopi baik yang ada di hampir setiap kota di Indonesia membuat konsumsi kopi terus meningkat. Salah satu favorite para coffee drinker tentu saja, es kopi!

Indonesia dengan iklim tropisnya, membuat konsumsi minuman dingin tentu lebih tinggi dibandingkan minuman hangat, tidak terkecuali kopi. Es kopi memiliki penggemar tersendiri karena cita rasa yang nikmat, dan jenis serta flavour yang beragam.

Satu gelas es kopi di siang hari yang terik? Kedengaran menarik bukan?

Namun, apakah kamu tahu asal-usul es kopi? Apa saja jenisnya dan fakta menarik lainnya?

Yuk kita simak lewat artikel tentang es kopi di bawah ini!

Kopi Gula Aren
Credit: Frank Mckenna (Unsplash)

Sejarah Es Kopi!

Apakah kamu sedang menikmati es kopi saat ini?

Well, ternyata versi pertama es kopi sudah ada sejak abad ke 18, loh!

Versi pertama es kopi muncul di Aljazair sekitar tahun 1840 selama pertempuran Mazagran. Itu adalah minuman kopi dingin yang dimaniskan dan menurut sejarah diciptakan oleh militer Prancis saat itu. Es kopi ini disebut dengan Mazagranhence the name. 

iced coffee mazagran with lemon
Credit: nespresso.com

Dilansir coffeemagazine.co.za pertempuran Margazan berlangsung selama 17 tahun lamanya, tentara Prancis yang kehabisan susu kemudian menambahkan air ke kopi mereka dan memutuskan untuk meminumnya dalam keadaan dingin untuk melawan panas. Prajurit lain di dekat Mazagran juga disuguhi sejenis kopi yang terbuat dari sirup kopi yang dicampur dengan air.

Setelah kembali ke Paris, para veteran Mazagran menyarankan kepada pemilik kafe agar mereka menyajikan minuman baru kepada pelanggan, dan juga menyajikannya dalam gelas tinggi.

Sejak saat itu, minuman itu dijuluki café mazagran! 

frappuccino
Credit: mashed.com

Es kopi seperti yang kita kenal mulai dikenal pada tahun 1995 ketika Starbucks memperkenalkan Frappuccino (frappé + cappuccino), yang merupakan minuman kopi es campuran. Es kopi yang ada ‘dimana-mana’ dalam beberapa dekade terakhir mungkin telah membantu meningkatkan popularitas es kopi hingga saat ini.

Saat ini, es kopi biasanya dibuat dengan espresso, filtered coffee, atau coffee syrup yang dicampur dengan susu dan es batu. Minuman kopi yang lebih kuat dipadukan dengan es untuk membuat minuman yang lebih seimbang: Rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu asam; concentrated brew; dan es untuk mencairkannya.

Here’s the fun fact!

Berdasarkan data yang dimuat oleh vendingmarketwatch.com melalui situs barista411.com, 77% konsumen es kopi mengatakan bahwa minum es kopi membuat mereka merasa lebih produktif di tempat kerja!

Ilustrasi pelanggan profesional
Credit: Headway (Unsplash)

Es Kopi Around the World

Perjalanan es kopi dari abad ke 18 kemudian berlangsung cepat dan menyebar ke hampir seluruh dunia. Penyajian es kopi-pun tergolong beragam dan berbeda-beda di beberapa negara. Mazagran-pun telah mengalami modifikasi dan penyajian di berbagai negara, seperti di Austria es kopi ditambahkan dengan shot of rum, sedangkan di Catalonia dan Portugal ditambahkan dengan irisan lemon.

Modifikasi Mazagran/ es kopi ini akhirnya membentuk menu baru dan memiliki identitas masing-masing. Penasaran definisi es kopi dan penyajiannya di berbagai negara? Lakopi merangkum beberapa di antaranya lewat 3 es kopi paling populer! Penasaran apa aja?

Yuk kita simak di bawah!

Lokasi Strategis
Credit: Sophie Augustin (Unsplash)

Es Kopi Vietnam atau Vietnamese Iced Coffee

Dilansir victorallen.com Es kopi Vietnam terkenal karena penggunaan susu kental manisnya, yang membuat es kopi ini menjadi lebih manis. Biasanya biji kopi yang digunakan yaitu biji kopi robusta yang dengan grind size antara course dan fine.

Es kopi Vietnam dibuat menggunakan filter logam dan memiliki pengepres sendiri untuk membuatnya. Karena Vietnam adalah penghasil utama jenis kopi robusta, yang terkenal pahit, kemungkinan jenis es kopi ini dibuat untuk mengimbangi rasa pahit dari robusta tersebut dengan rasa manis dari susu kental manis.

vietnamese iced coffee
Photo by Hoang Thanh on Unsplash

Es Kopi Jepang atau Japanese Iced Coffee

Es kopi Jepang adalah pilihan es kopi ringan dan menyegarkan yang cenderung lebih enak tanpa tambahan susu dan gula. Es kopi Jepang telah dinikmati para coffee drinker sejak tahun 1920-an.

Es kopi Jepang kadang disebut “flash brew”, es kopi Jepang berbeda karena diseduh tepat di atas es. Metodenya dapat dikatakan sama dengan pour over tetapi untuk es kopi. Karena kopi masih diekstraksi dalam air panas, ia mempertahankan semua rasa kopi dan tidak memiliki waktu untuk rusak sebelum didinginkan.

Karena proses brewing tersebut, es kopi Jepang memiliki cita rasa yang lebih mirip teh tapi tetap mempertahankan  cita rasa fruity dan bright note dari kopi. 

japanese iced coffee
Credit: handground.com

Es Kopi Thailand atau Thai Iced Coffee

Apa itu es kopi Thailand? Ada yang sudah pernah mencoba? Es kopi Thailand ternyata tidak jauh berbeda dengan es kopi Vietnam, loh!

Es kopi Thailand dibuat menggunakan kopi hitam yang sangat kental yang cepat didinginkan dan disajikan di atas es dengan gula, krim kental, dan kapulaga. (Beberapa juga menggunakan susu kental, seperti dengan es kopi Vietnam.) Kopi jenis ini dikenal sebagai Oliang, sebuah kata yang berasal dari Cina; “O” berarti “Hitam”, sedangkan “liang” berarti “dingin”. Terkadang juga disebut sebagai “yen kopi” di Thailand. 

es kopi thailand
Photo by Tomas Jasovsky on Unsplash

Bagaimana? Sudah menemukan es kopi favorite-mu?


Untuk membuat es kopi yang nikmat, tentu dibutuhkan biji kopi yang berkualitas!

Kamu bisa kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi berkualitas untuk es kopimu! Lakopi merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya!

Jangan lupa! Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!