Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyangrai Kopi

Roasting

Untuk menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma yang diinginkan, diperlukan teknik sangrai atau teknik roasting yang harus dilakukan dengan tepat. Tapi apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum menyangrai kopi?

Seperti yang kita ketahui bahwa sebelum biji kopi itu bisa diminum, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Salah satunya yaitu roasting kopi. Pada tahap ini kopi akan disangrai berdasarkan tingkat atau level yang berbeda-beda sesuai keinginan dan kebutuhan.

Biji kopi tidak secara gamblang hanya dimasak, tapi ada beberapa tahap yang dilalui. Ketika roasting, biji kopi akan mengeluarkan air, mengering dan mengembang hingga aroma dan rasanya keluar.

Sebelum melakukan roasting kopi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu suhu, waktu, biji kopi dan alat bantu ketika hendak menyangrai kopi. Terutama alat untuk menyangrai kopi yang digunakan. Alat atau mesin roasting harus bisa menghantarkan panas sejak waktu pertama digunakan. Selain itu penting juga untuk mengetahui nahwa alat atau mesin roasting tersebut suhunya dapat diatur.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyangrai biji kopi:

Pemilihan biji kopi

Hal ini penting karena biji kopi sendiri sangat beragam dan setiap karakteristik akan mempengaruhi rasa dan aroma biji kopi yang akan kamu nikmati. Perhatikan jenis biji kopi, origin-nya, grade, bahkan proses pasca panennya dan pilihlah jenis biji kopi seperti apa yang ingin kamu roasting.

Suhu temperatur

Suhu ideal yang dipakai untuk roasting kopi yaitu pada 195 sampai dengan 205 derajat celsius. Pada suhu 190 hingga 195 derajat celsius diperuntukkan untuk roasting tingkat light (Light Roast). Biji hasil roasting akan berwarna coklat muda.

Pada suhu 200 hingga 205 derajat celsius, diperuntukkan roasting tingkat menengah (Medium Roast). Biji yang dihasilkan berwarna coklat yang menuju tua.

Yang terakhir pada suhu diatas 205 derajat celsius, biasanya untuk Dark Roast. Biji kopi hasil roasting ini berwarna coklat yang sangat tua hingga kehitaman, aroma hangusnya juga mulai muncul. Tidak ada peraturan yang baku untuk suhu temperatur ini tetapi pastikan kamu mengetahui cita rasa yang kamu mau karena level suhu akan sangat mempengaruhi rasa kopi.

Waktu yang diperlukan

Waktu yang paling efektif diperlukan untuk roasting kopi yaitu berkisar antara 10 hingga 15 menit. Ini disesuaikan dengan level roasting, kadar air biji kopi dan hasil biji kopi yang diinginkan.

Gunakan alat bantu

Ketika roasting kopi, harus dipastikan bahwa biji kopi tidak terpegang oleh tangan agar tidak terkontaminasi jamur. Jika terkontaminasi, akan mengurangi kualitas biji kopi yang sedang di-roasting. Maka itu, gunakan alat khusus roasting ataupun sendok ketika ingin melihat biji kopi atau melihatnya lebih dekat.


Selain hal diatas, mesin roasting  juga merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan. Mesin roasting terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: conduction dan confection. Di artikel ini akan membahas apa perbendaan antara keduanya menurut Omden dari Penikmati Kopi.

Pada mesin conduction, panas akan secara langsung dihantarkan ke mesin roasting melalui drum di dalamnya. Hal ini menyebabkan panasnya bisa dengan cepat diatur, ingin naik ataupun turun. Sedangkan mesin confection, perpindahan panasnya melalui udara yang disebut airflow. Namun ada beberapa mesin yang tidak dapat mengubah airflow tersebut.

Lalu mesin mana yang bagus dan cocok digunakan untuk roasting kopi?

Sebenarnya semua mesin punya kelebihannya masing-masing ,tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan setiap jenisnya. Pada tahap awal, bisa menggunakan jenis conduction untuk menutup airflow agar kopi bisa menyerap panasnya.

Proses ini juga bisa mempercepat pengeringannya. Ketika biji kopi sudah mulai bereaksi merubah warna menjadi coklat, gabungin kegunaan conduction dan convection. Dengan membuka airflow (conduction) untuk mengurangi molekul air dan menurunkan suhu panasnya (convection). Tepat sebelum first crack dapat mengurangi suhu panas (convection).

Hal ini dilakukan agar biji kopi dapat melepaskan panas. Maka itu, tidak ada salahnya untuk mempunyai dua jenis fungsi. Namun dengan penggabungan kedua fungsi itu, bukan berarti biji kopi yang dihasilkan akan lebih enak. Karena balik lagi, banyak faktor yang mendukung keberhasilkan roasting biji kopi.

Sekarang sudah tahu kan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum roasting kopi? Bagaimana? Sudah siap untuk menyangrai biji kopi? Pastikan sebelum menyangrai kopi kamu telah membeli greenbeans berkualitas pilahanmu yang bisa kamu temui di Labuhan kopi.

Vanessa
Saya seorang penulis secara full-time di agensi, yang suka berkelana di waktu senggang dan menuliskan pengalamannya di blog pribadi.