Ini Sederet Tentang Coffee Cupping yang Wajib Kamu Tahu!

Coffee Cupping
Credit: Battlecreek Coffee Roasters (Unsplash)

Coffee Cupping-Sebelum menjadi secangkir kopi yang nikmat, biji kopi akan melewati serangkaian proses, seperti penanaman, pemanenan, pencucian, penyangraian, bahkan diuji dari cita rasa kopi itu sendiri. Nah, kira-kira kamu tahu tidak nih nama dari uji cita rasa itu? Ya, namanya coffee cupping atau cupping test.

Tes uji rasa ini merupakan metode yang sistematis untuk mengevaluasi karakteristik aroma dan rasa dari biji kopi. Tentu saja melewati proses ini pun juga ada serangkaian proses dan langkah-langkah khusus.

Biasanya, uji cita rasa berkaitan dengan tujuan ekonomi, seperti membeli atau mencampur kopi. Kira-kira selain pengertian, apakah ada informasi lain? Tentu saja ada! Yuk, simak artikel sampai habis ya!

Bagaimana Sih Gambaran Coffee Cupping?

Tidak Melakukan Cupping Test
Credit: cincinnatimagazine.com

Untuk melakukan tes uji rasa ini, gerakan fisik pun ikut dalam melakukan proses ini, seperti mengendus, menghirup, dan juga menelan untuk merasakan rasa kopinya.

Bisa dibilang, tindakan ini sangat penting dalam melakukan cupping test dan perlu adanya ketelitian untuk mendapatkan kopi yang nikmat.

Apa sih Tujuannya dari Coffee Cupping Ini?

coffee cupping
Credit: Battlecreek Coffee Roasters (Unsplash)

Nah, Mungkin sebagian dari pecinta kopi ada yang sudah paham tujuan dari coffee cupping. Namun, beberapa dari mereka pun juga ada yang tidak tahu apa tujuannya. Berikut tujuannya:

Mengevaluasi cita rasa kopi

biji kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Tujuan pertama adalah untuk menilai cita rasa dari kopi itu sendiri, apakah layak untuk dicoba atau tidak. Selain itu, tujuan ini juga untuk mengetahui karakteristik dari cita rasa kopi, seperti bagaimana wanginya, aroma kopi, rasa kopi, tekstur kopi, tingkat keasaman, dan bagaimana after taste-nya. 

Mengetahui apakah ada kecacatan cita rasa

Ilustrasi mengetahui kecacatan pada kopi
Credit: coffeemagazine.co.za

Mencari tahu apakah ada kecacatan dari rasa kopi itu, seperti terlalu berminyak, apakah biji kopi berjamur, masih mentah, dan lainnya. 

Mengetahui homogen dari rasa kopi

Coffee Cupping
Credit: northstarroast.com

Kalau yang satu ini untuk mengetahui apakah komposisi rasa dalam kopi tersebut seimbang atau tidak agar menghasilkan rasa kopi yang sempurna.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Coffee Cupping

Persiapan Coffee Cupping
Credit: levelground.com

Nah, sebelum kamu memulai coffee cupping, terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, mulai dari ruangannya, diri kamu sendiri sebagai cupper, dan lain-lain. Berikut penjelasannya:

Persiapan ruangan untuk coffee cupping

Ruang Coffee Cupping
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Ruang yang digunakan adalah ruang yang bersih, terhindar dari kontaminasi, tenang dan tidak berisik, sejuk (menggunakan AC bila perlu), serta rapi dan menyenangkan. Hal ini bertujuan agar dapat melakukan coffee cupping secara detail dan serius.

Persiapan untuk cupper

cupper
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Jika kamu seorang cupper, wajib untuk mempersiapkan diri sebelum coffee cupping, seperti meningkatkan kepercayaan diri kamu, jangan merokok atau makan sebelum melakukan cupping, tidak dalam kondisi kelaparan atau kekenyangan, tidak menggunakan parfum saat cupping, serta memiliki ketenangan jiwa dan tidak tergesa-gesa.

Protokol coffee cupping (SCAA)

Ilustrasi protokol Coffee Cupping
Credit: europeancoffeetrip.com

Bisa dibilang, melakukan coffee cupping juga harus mengikuti protokol. Berikut penjelasannya:

  • Gelas cupping harus berukuran kurang lebih 200 mili dan terbuat dari bahan kaca atau porcelein.
  • Siapkan sendok khusus untuk cupping, biasanya sendok berbentuk cup.
  • Sampel yang digunakan adalah biji kopi yang telah disangrai secara (light-medium roast)
  • Sampel kopi yang disangrai tidak kurang dari 8 menit dan tidak lebih dari 12 menit. Setelah itu, harus segera didinginkan.
  • Untuk rasio optimum ukuran kopi dan air adalah 8.25 gram kopi per 150 ml air.

Persiapan untuk coffee cupping

Persiapan Coffee Cupping
Credit: brewminate.com
  • Sampel kopi harus dihaluskan dan tidak lebih dari 15 menit sebelum diseduh.
  • Air yang dicampurkan pun harus bersih, tidak berbau, dan tidak berasa. Kamu bisa gunakan air yang sudah difilter.
  • Suhu air panas untuk penyeduhan tidak kurang dan tidak lebih dari 93°C

Langkah-langkah melakukan coffee cupping

Langkah-langkah Coffee Cupping
Credit: sobatkopi.com

Setelah menyiapkan berbagai hal untuk cupping, berikutnya adalah langkah-langkah dalam melakukan coffee cupping. Kira-kira bagaimana ya? Berikut informasinya:

Amati bubuk kopi

wawasan kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang cupper adalah memperhatikan dan mengamati bubuk kopi, apakah bubuk kopi kasar atau halus.

Sniffing

Sniffing
Credit: bridgecoffeeroasters.co.uk

Menilai atau mengevaluasi harum kopi dengan cara menghirup aroma yang terdapat dalam bubuk kopi sebelum diseduh dengan air panas.

Menyeduh kopi

Seduh Kopi
Credit: distribuidoragiorgio.com

Setelah bubuk kopi dievaluasi, kemudian akan diseduh dengan air mendidih ke dalam gelas cup kopi dengan perbandingan 8-10 gr untuk 150 ml-180 ml dengan suhu 93-96 °C.

Tunggu sampai 5 menit untuk mengalami ekstraksi. Setelah sudah, pecahkan lid yang menutupi kopi dan hirup aromanya.

Jangan lupa untuk membuang partikel kopi yang mengambang agar tidak mengganggu saat  coffee cupping. Setelah itu, tunggu sampai suhu kopi mencapai 50 °C.

Slurping

Slurping
Credit: blog.mistobox.com

Kopi yang dievaluasi akan disruput oleh cupper yang bertujuan untuk merasakan unsur rasa dengan oksigen yang masuk ke dalam rongga mulut, agar lebih mudah mengidentifikasi kopi lewat indra perasa.

Jangan lupa gunakan sendok yang sudah disiapkan tadi, sruput yang kuat sampai uap seduhan kopinya terasa di rongga hidung. Ratakan sruput minuman kopi ke seluruh permukaan lidah kamu.

Tahan selama 3-5 detik agar lidah dapat merasa sensasi  dari kopi, seperti cacat yang ada pada kopi, karakteristik cita rasa kopi, dan gosokan cairan kopi ke langit-langit mulut agar mendapat tekstur/body kopi.

Menilai rasa kopi

Menilai kopi
Credit: wnyc.org

Terakhir, kopi akan dimuntahkan dan disruput kembali oleh cupper. Biasanya, metode ini dilakukan sampai 2-3 kali dengan jeda waktu 10-15 menit.

Setelah mendapatkan rasa dari kopi, tulis hasilnya dalam form dan diskusikan bersama cupper lain setelah coffee cupping telah selesai. 


Nah, itu dia sederet hal yang perlu kamu tahu tentang coffee cupping, dari artinya, tujuannya, persiapannya, bahkan langkah melakukan coffee cupping.

Nah, kamu juga perlu tahu kalau secangkir kopi yang nikmat juga berasal dari biji kopi mentah yang berkualitas. Akan tetapi, lagi pandemi virus Corona gini kamu jadi susah untuk membelinya.

Tak perlu khawatir! Kamu dapat membelinya di lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai jenis kopi mentah yang sangat baik dan langsung dari petani.

Yuk, tunggu apalagi? Kunjungi lakopi.id untuk mendapatkannya. Salam Labuhan Kopi!

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.