Kalibrasi Mesin Espresso, Penting Kah?

Kalibrasi mesin espresso
Credit: Tim St. Martin (Unsplash)

Kalibrasi Mesin Espresso-Nah, buat kamu yang ingin mempertahankan kualitas kopi, tentu saja adanya kalibrasi yang perlu dilakukan, Tidak hanya dari biji kopinya saja, tetapi juga mesin espressonya. Hal ini dikarenakan agar mesin yang digunakan selama proses penyajian kopi tetap terasa nikmat.

Kira-kira apa sih itu kalibrasi? Jadi, kalibrasi merupakan proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkan suatu standar yang tertelusur dengan standar Nasional maupun Internasional dan bahan-bahan acuan yang tersertifikasi.

Berbicara soal filosofi kalibrasi, setiap instrumen atau nilai ukur harus dinilai tidak cukup baik sampai terbukti melalui proses kalibrasi atau pengujian kalau instrumen tersebut memang baik dan sesuai dengan standar yang diterapkan.

Untuk apa sih tujuan dari kalibrasi tersebut? Tentu saja untuk mengecek pengukuran untuk mencapai pada standar yang lebih tinggi atau lebih teliti. Sedangkan fungsinya, yaitu untuk menjaga kendali dengan memastikan kinerja dan akurasi penilaian dari nilai standar yang ditunjukkan oleh alat ukur.

Oleh karena itu, kalibrasi pada mesin espresso sangat penting untuk merawat atau menjaga kualitas mesin serta kinerja mesin espresso. Selain itu, selama proses penggunaan mesin, tidak ada kendala atau hal apapun yang tidak diinginkan.

Dengan adanya proses kalibrasi yang dilakukan secara berkala pada mesin espresso, dapat meningkatkan intensitas rasa serta aroma dari kopi, bahkan tidak merusak karakter pada kopi yang akan disajikan. Nah, kira-kira hal apa saja sih yang dapat mempengaruhi hasil dari kalibrasi pada mesin espresso? Merangkum dari berbagai sumber, simak ya!

Kalibrasi Mesin Espresso #1: Prosedur

Kalibrasi espresso
Credit: Lodewijk Hertog (Unsplash)

Kalibrasi harus dilakukan sesuai dengan prosedur atau standar yang berlaku. Jika terdapat kesalahan selama proses kalibrasi, tentu saja banyak kendala yang tidak diinginkan, bahkan dapat merusak mesin espresso.

Kalibrasi Mesin Espresso #2: Kalibrator

Kalibrator
Credit: (cegroup-lb.com)

Seseorang yang melakukan kalibrasi mesin harus dapat menelaah mesin ke standar nasional maupun internasional. Namun jika tidak, hasil kalibrasinya tidak akan diakui oleh orang lain.

Oleh karena itu, perlu adanya ketelitian, kecermatan, dan kestabilan kalibrator yang jauh lebih tinggi tingkatnya daripada mesin yang dikalibrasi. Selain itu, juga harus memiliki keterampilan yang sangat baik.

Kalibrasi Mesin Espresso #3: Periode Kalibrasi

Grouphead
Credit: photoflorenzo (pixabay)

Faktor utama dalam menentukan periode dan rentang waktu dalam melakukan kalibrasi selanjutnya adalah frekuensi dari pemakaian mesin espresso.

Kalibrasi Mesin Espresso #4: Lingkungan Mesin

mesin espresso
Peralatan kopi

Selain prosedur, periode, dan kalibrator, ternyata ada hal penting lagi, yaitu lingkungan dari mesin itu sendiri seperti tingkat kelembapan, getaran mesin, bahkan kondisi suhu, juga memberikan pengaruh besar terhadap mesin espresso.

Kalibrasi Rasa Kopi Sebelum Membuka Coffee Shop

Espresso
Credit: Sahand Hoseini (Unsplash)

Nah, selain dari mesin espresso, tentunya kalibrasi dari rasa espresso-nya sendiri juga penting untuk mengetahui rasa dan karakter dari kopi.  Oleh karena itu,  penting adanya kalibrasi rasa kopi sebelum membuka coffee shop karena kekonsistenan rasa dari kopi itu sangat berarti bagi para pecinta kopi yang selalu datang kembali ke coffee shop.

Namun, jika mereka tidak menemukan rasa atau karakter yang membuat mereka datang kembali, tentu saja para pelanggan atau pecinta kopi di coffee shop akan mulai berkurang. Nah, jadi jangan lupa mencicipi rasa kopi itu sebelum membuka kembali coffee shop.

Biasanya, ada hal yang menyebabkan karakter rasa kopi menjadi berbeda, seperti biji kopinya yang mungkin mengalami penurunan karakter rasa, bahkan terkadang lebih buruk tergantung origin biji kopi. Oleh karena itu, perlu tepat penyimpanan yang sesuai untuk biji kopi, biji kopi yang sudah disangrai rentan mengalami penurunan oksidasi.

Itu sebabnya untuk mencari cara supaya karakter rasa espresso tetap sama, atau seimbang seperti hari-hari sebelumnya, sangat penting untuk melakukan kalibrasi rasa sebelum coffee shop dibuka untuk para pelanggan. Kira-kira apa saja sih yang perlu dicek jika merasa rasa espresso kurang maksimal?

Kalibrasi pada Mesin Giling atau Grinder

menggiling kopi
Credit: Ashkan Forouzani (Unsplash)

Saat proses grinding dan kalibrasi ada yang salah atau merasa kurang, kamu harus mengulang kalibrasi mesin dan set grinder-nya sampai dapat menemukan dan memperbaiki kendala atau masalah.

Roasting Date

roasting kopi
Credit: Battlecreek Coffee Roasters (Unsplash)

Jangan lupa untuk mengecek kembali kapan biji kopi di-roasting. Apabila baru di-roasting kemarin, tentunya rasa biji kopi belum terbentuk sempurna. Beri waktu selama 1 minggu setelah biji kopi di-roasting agar dapat degassing terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika biji kopi telah di-roasting selama berbulan-bulan yang lalu, tentu saja rasa kopi tidak akan maksimal, terlebih jika waktunya sudah pas, tetapi rasa espresso-nya tetap tidak maksimal, sebaiknya langsung berkomunikasi dengan roaster.

Mengecek Tempat Penyimpanan Biji Kopi

jenis biji kopi
Credit: Andy Feliciotti (Unsplash)

Kalau yang satu ini, kamu harus mengecek di mana biji kopi tersebut disimpan, apakah tempat penyimpanannya lembap, kering, kedap udara, atau tidak terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, penting tetap mengecek tempat penyimpanan biji kopi agar tidak menghilangkan rasa biji kopi itu sendiri.

Periksa Origin Biji Kopi

biji kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Biji kopi berasal dari beraneka macam daerah, dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai barista, kamu harus memeriksa kembali packaging-nya supaya mengerti cita rasa dan karakter dari biji kopi tersebut.


Nah, itu dia informasi mengenai kalibrasi mesin espresso serta kalibrasi pada biji kopi itu sendiri. Sebagai barista, tugas kamu tidak hanya membuat minuman kopi yang nikmat saja, tetapi juga harus mengetahui bagaimana kalibrasi mesin espresso serta kalibrasi pada biji kopi itu sendiri.

Sebab, jika tidak dilakukan, keduanya akan rusak dan tidak bisa menghasilkan minuman kopi yang nikmat. Selain itu, penting juga untuk kamu mengetahui kalau biji kopi yang berkualitas dapat menciptakan minuman yang nikmat di mulut para pelanggan.

Penasaran? Yuk! Kunjungi lakopi.id, platform marketplace yang menyediakan aneka biji kopi pilihan, berkualitas, dan tentunya dipetik langsung oleh petani. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.