Kenali Tanda-tanda Saatnya Panen Kopi

Waktu panen kopi
Photo by Gerson Cifuentes on Unsplash

Kapan tanaman kopi siap untuk dipanen? Pertanyaan ini sering muncul ketika Anda sudah tidak sabar menunggu hasil panen kopi yang sudah Anda tanam dalam waktu lama. Dalam menanam tanaman kopi memang diperlukan proses yang panjang dan banyak tahapan yang harus dilalui sampai kopi tersebut siap untuk disajikan di kedai kopi favoritmu.

Untuk menciptakan rasa yang sempurna pada kopi memang diperlukan kesabaran dan kerja keras sehingga rasa yang diberikan akan sempurna. Sebelum mencari waktu yang tepat mengenai kapan tanaman kopi sudah siap untuk di panen, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri buah kopi yang sudah siap di panen.

Apa Ciri-ciri Tanaman Kopi yang Sudah Siap Panen?

Ciri-ciri tanaman kopi yang sudah matang dapat dilihat dari warna kulitnya. Buah ceri kopi yang baik untuk dipanen merupakan yang sudah matang penuh dan berwarna merah. Tetapi karena berbagai alasan dalam proses penanaman kopi, maka para petani sering juga memanen buah yang masih berwarna kuning bahkan hijau.

Kapan Waktu untuk Panen Kopi?

Tanaman kopi yang dijaga dengan baik mulai produktif pada umur 2,5 hingga 3 tahun, tergantung pada iklim dan jenis tanaman kopi. Proses penanaman kopi robusta mulai berproduksi pada umur 2,5 tahun. Sedangkan untuk pohon kopi arabika mulai berproduksi pada usia 2,5 hingga 3 tahun.

Tanaman kopi yang ditanam pada dataran rendah akan berbuah lebih cepat jika dibandingkan pada dataran tinggi. Panen buah kopi pertama kali umumnya berjumlah sangat sedikit. Tetapi, jumlah tersebut akan meningkat dari tahun ke tahun dan mencapai puncak setelah tanaman berumur 7 sampai 9 tahun.

Tanaman kopi yang dikelola secara intensif produksinya dapat mencapai angka 2.000 kg/ha/tahun. Kapan tanaman kopi sudah siap untuk dipanen biasanya terjadi pada bulan April atau Mei hingga September atau Oktober.

Pada daerah yang basah biasanya distribusi panen lebih merata daripada di daerah kering. Sehingga waktu panennya lebih panjang sekitar bulan April hingga Oktober. Jika ingin mendapatkan mutu hasil yang tinggi, maka buah ceri kopi yang dipanen setelah matang yaitu ketika kulit buah berwarna merah.

Waktu yang diperlukan dari terbentuknya kuncup bunga hingga siap dipanen adalah sekitar 8 hingga 11 bulan untuk pohon kopi robusta. Sedangkan untuk pohon kopi arabika membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 bulan.

Selain itu, beberapa jenis kopi lainnya seperti kopi liberika dan kopi yang ditanam pada daerah yang basah memerlukan waktu sepanjang tahun. Kopi robusta dan kopi yang ditanam pada daerah kering akan menghasilkan buah pada musim tertentu sehingga panen dilakukan musiman.

Oleh sebab itu untuk menjawab kapan tanaman kopi siap untuk dipanen, biasanya berada di sekitar bulan Mei atau Juni dan berakhir pada bulan Agustus atau September. Tanaman kopi berbunga tidak serempak sehingga buah kopi dipetik secara bertahap. Buah yang berwarna merah dipetik satu per satu dengan tangan.

Tahap Pemetikan Buah Ceri Kopi

Setelah mengetahui kapan tanaman kopi sudah siap untuk dipanen, terdapat 3 tahap pemetikan buah kopi, yaitu :

  1. Pemetikan pendahuluan

Pada proses penanaman kopi, tahap pemetikan pendahuluan ini dilakukan sekitar bulan Februari hingga Maret. Fungsinya adalah untuk memetik ceri kopi yang terserang hama buah. Kopi yang diserang hama bubuk buah akan berwarna kuning sebelum berumur 8 bulan. Buah kopi akan dipetik dan langsung direbus serta dijemur untuk diolah secara kering.

  1. Petik merah (panen raya)

Panen raya dimulai pada bulan Mei atau Juni untuk memetik buah yang sudah berwarna merah.  Panen ini berlangsung sekitar 4 hingga 5 bulan dengan giliran pemetikan pertanaman 10 hingga 14 hari.  Artinya dalam waktu 4 hingga 5 bulan tersebut dapat dipanen setiap 10 hingga 14 hari sekali.  Buah kopi berwarna hijau yang terbawa saat panen harus dipisahkan dari buah berwarna merah.

  1. Petik racutan dan lelesan

Dalam tahap petik racutan, memanen buah kopi yang berwarna hijau dilakukan jika sisa buah di pohon berjumlah sekitar 10%. Caranya dengan memetik semua buah yang masih tersisa di pohon, baik yang berwarna merah maupun yang berwarna hijau.  Setelah dipetik, maka buah yang berwarna merah dipisahkan dari buah yang berwarna hijau.

Lelesan merupakan proses pengumpulan semua buah yang jatuh di sekitar pohon kopi baik buah berwarna merah, berwarna hijau maupun buah yang hampa supaya tidak menjadi inang hama bubuk buah.


Demikian infomasi mengenai kapan tanaman kopi sudah siap untuk dipanen beserta dengan ciri-ciri tanaman kopi yang sudah matang. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menanam tanaman kopi yang berkualitas! Salam Labuhan Kopi.

Annisa Tsamarah
Tiga hal yang membuat saya sangat menikmati hidup : Movie, Coffee, Book