Kenalan dengan Nitro Coffee! Kopi dengan Sajian dan Cita Rasa yang Unik!

nitro coffee
Credit: Royal Cup Coffee

Nitro Coffee – Peningkatan konsumsi kopi membuat banyak sekali perkembangan dalam industri kopi. Tidak terkecuali munculnya varian menu baru serta pengolahan yang unik untuk minuman kopi.

Kamu tentu tahu cold brew? Kopi yang disajikan dan diseduh tanpa suhu panas ini nyatanya telah menjadi tren, begitu juga dengan menu kopi lain yan disajikan dingin.

Dilansir roastycoffee.com, tren baru menu kopi dingin ini telah menyebar ke hampir seluruh dunia, loh!

Namun, apakah kamu pernah mendengar tentang nitro coffee? 

Mungkin sekilas kamu pernah menemui menu tersebut di beberapa kedai kopi yang kamu kunjungi. Tapi, apa itu nitro coffee? 

Penasaran? Yuk kita bahas tentang nitro coffee lewat artikel di bawah ini!

penyajian nitro coffee
Credit: detikfood.com

Apa itu Nitro Coffee?

Nitro coffee yang juga disebut sebagai NCB adalah salah satu varian dari cold brew coffee. Oleh karena itu, sebagian orang menyebutnya dengan nitro cold brew coffee. Kopi ini juga termasuk ke dalam ‘keluarga’ kopi yang disajikan dingin.

Nitro coffee merupakan jenis cold brew yang ditambahkan gas nitrogen untuk menciptakan rasa yang unik dan tekstur yang lebih lembut. Dilansir oleh roastycoffee.com, nitro coffee pertama disajikan pada tahun 2012, sedangkan penggunaan shelves in canned pada tahun 2014.

Sejak saat itu, popularitas nitro coffee meroket hingga saat ini!

ilustrasi kopi nitro
Credit: mvtimes.com

Asal dari nitro coffee sendiri terdapat beberapa versi. Secara umum, dilanisir dari situs roastycoffee.com bahwa Austin, Texas McKim pendiri dari Cuvee Coffee adalah yang pertama ‘memulai’ tren nitro coffee ini, kemudian diikuti Portland, Oregon’s Stumptown.

Tapi versi lain, menurut majalah Esquire, asal nitro coffee tidak bisa lepas dari The Queens Kickshaw, pub kopi di New York. Menurut Esquire, pub kopi New York tersebut pertama menyajikan konsep penyajian cold brew mereka pada tahun 2011.

Terlepas dari versi asal-usul nitro coffee, tentu kamu harus tetap mencobanya!

Proses Pembuatan Nitro Coffee!

Sebelum lebih dalam memahami keistimewaan nitro coffee kita perlu terlebih dahulu mengetahui bagaiamana sih proses pembuatan nitro coffee. 

Dilansir melalui situs thrillist.com, langkah pertama dalam proses nitro adalah menyeduh kopi dengan air dingin atau suhu ruangan selama 12-24 jam (cold brew). Kemudian sekarang saatnya untuk mengubah cold brew  menjadi nitro coffee dengan menambahkan gas nitrogen dengan katup bertekanan. Langkah inilah yang memberi nitro coffee tekstur khasnya yaitu velvet dan lebih lembut.

cold brew coffee tahan lama
Credit: Sabri Tuzcu via unsplash.com

Gelembung nitrogen kecil membuat kopi menjadi lebih bertekstur lembut. Biji kopi yang diseduh menggunakan metode cold brew akan meningkatkan rasa manis dan mengurangi tingkat keasaman, sementara itu menambahkan nitrogen akan menghasilkan lapisan berbusa -seperti lapisan susu yang tenggelam dari atas hingga dasar gelas.

Proses ini kemudian menghasilkan nitro coffee yang kental, lembut dan sedikit manis -yang tentunya tidak mengandung gula dan susu, hanya kopi. Dilansir situ roastycoffee.com nitrogen membuat apa yang pada dasarnya merupakan kopi hitam berasa dan terasa seolah-olah telah ditambahkan krim dan gula ke dalamnya. Wah! Menarik ya!

keg
Credit: texasstandard.org

Fun fact! Nitro coffee sering kali disimpan dalam keg atau tong serupa dengan yang digunakan untuk menyimpan beerloh!

Apa Perbedaan Nitro Coffee dengan Menu Kopi Dingin yang Lain?

Pertama, nitro coffee dibuat menggunakan cold brew, bukan seperti kopi yang diseduh dengan hot brew seperti es kopi pada umumnya. Artinya, daripada mendinginkan minuman setelah diseduh, kopi diseduh pada suhu ruangan atau lebih dingin. Ekstraksi dingin ini juga menghasilkan konsentrat kopi, bukan kopi standar seperti yang biasa kita dapatkan dari drip brewer.

Dilansir oleh roastycoffee.com konsentrat kopi dapat diturunkan ke berbagai derajat, memungkinkan kontrol kekuatan lebih. Selain itu, nitro coffee juga mencakup bagian “nitro” (yaitu penambahan gas nitrogen), yang membedakannya lebih jauh dari es kopi atau frappé biasa.

nitro coffee dan kopi dingin
Credit: eater.com

Apakah Nitro Coffee Buruk untuk Kesehatan?

Sejak kemunculan dan kepopulerannya, pertanyaan di atas selalu ditanyakan. Perihal pengaruh dari nitro coffee terhadap kesehatan.

Tahukah kamu? Dilansir dari situ roastycoffee.com nitro coffee telah populer dalam ‘dunia fitnes’ terutama sebagai alternatif untuk es kopi dan minuman berkafein lainnya. Jadi wajar untuk bertanya-tanya, apakah ini sebenarnya lebih sehat daripada alternatifnya?

Ilustrasi stamina
Credit: Alexander Redl (Unsplash)

Untuk beberapa hal, ya! Nitro coffee lebih sehat karena rasa manis alami yang dimiliki nitro coffee sehingga kebanyakan orang dapat menikmati minuman tersebut dengan sedikit atau tanpa tambahan sama sekali.

Tidak hanya menukar nitro dengan dorongan kafein yang membantu mengurangi kalori, tetapi juga cukup menyegarkan karena manfaatnya sendiri.

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan dengan kopi nitro ini adalah kafeinnya.

Mengapa demikian? Secangkir kopi biasa (8 fl oz) mengandung sekitar 65 mg kafein. Nitro coffee dapat memiliki kandungan kafein 30% lebih banyak per ons daripada minuman kopi dingin yang lain karena dibuat menggunakan rasio grounds to water yang lebih tinggi.

alat kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Hal yang sama dapat dikatakan tentang sebagian besar minuman olahraga, tetapi perlu diulang. Seperti kebanyakan minuman berkafein, nitro dapat meningkatkan detak jantung, menimbulkan masalah bagi banyak individu yang sensitif terhadap kafein atau mereka yang menghadapi masalah jantung atau mengalami kecemasan.

Jadi, tetap harus diperhatikan ya kondisi tubuh serta toleransimu terhadap kafein!


Apakah kamu tertarik mencoba sensasi dari nitro coffee? 

Atau lebih suka cold brew tanpa tambahan?

Well, apapun pilihanmu, jangan lupa untuk membeli biji kopi berkualitas di Lakopi, ya! Lakopi merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya!

Tunggu apalagi? Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!