Yuk Simak 5 Fakta Keurig Coffee Maker yang Perlu Kamu Tahu!

keurig coffee maker
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Keurig Coffee Maker – Alat brewing kopi semakin hari memang semakin berkembang. Tuntutan akan kemudahan serta keefektifan dalam alat brewing kopi sering kali memunculkan inovasiinovasi alat brewing kopi yang lebih praktis.

Berbagai macam alat brewing yang bisa dengan mudah digunakan seperti french press, chemex, v60 dengan metode pour over menjadi beberapa pilihan favorite dari coffee drinker. Beberapa yang memiliki budget lebih besar dan menyukai sajian berbahan dasar espresso bahkan memboyong mesin espresso untuk di rumah.

Dari beberapa alat brewing yang tentunya praktis dan ‘memudahkan’ kita sebagai coffee drinker, pernahkah kamu mendengar Keurig? atau K-Cups?

Apasih Keurig dan K-Cups ini? Apakah memang praktis dan efisien? Yuk kita simak fakta menariknya lewat artikel di bawah ini!

kopi
Credit: Emre Gencer (Unsplash)

Apa itu Keurig Coffee Maker?

Keurig adalah household name dari dunia mesin brewing kopi yang ada di dunia. Selain alat brewing kopi, mereka juga membuat ekstra seperti carafes, filter, dan bahan satu kali pakai untuk melengkapi mesin kopi yang ada di rumah dan atau kantor-kantor.

Keurig disebut juga sebagai sistem brewing untuk minuman khusunya untuk di rumah dan commercial use. Mesin untuk brewing ini diproduksi oleh perusahaan Amerika yaitu Keurig Dr Pepper. Produk utama Keurig adalah: K-Cups pods. K-Cups merupakan single-serve coffee containers, pods untuk minuman lain juga tersedia, dan mesin proprietary yang menyeduh minuman dari dalam pods.

Varietas minuman Keurig termasuk kopi panas dan dingin, teh, cocoas, minuman berbahan dasar susu, limun, sari buah, dan minuman berbahan buah. Melalui mereknya sendiri dan merek berlisensi kemitraannya, Keurig memiliki lebih dari 400 varietas berbeda dan lebih dari 60 merek kopi dan minuman lainnya. Selain pod K-Cup, itu termasuk pod Vue, K-Carafe, dan K-Mug juga.

keurig coffee maker
Photo by Felipepelaquim on Unsplash

Sejarah Keurig Coffee Maker!

Dilansir oleh roastycoffe.com perusahaan membuat signature coffee maker sekitar awal tahun 1990-an untuk digunakan dan disesuaikan dengan lingkungan kantor. Tepatnya pada 1992 perusahaan yang memproduksi single-serve brewer dan coffee pod original yaitu Keurig, Inc. didirikan di Massachusetts.

Perusahaan ini mengeluarkan mesin brewing pertama dan K-Cups pada tahun 1998 dengan menargetkan pasar yaitu untuk penggunaan kantor. Setelahnya single-cup brewing menjadi populer dan kemudian pada tahun 2004 mesin brewing untuk di rumah ditambahkan dalam daftar produk.

Pada tahun 2006, perusahaan kopi khusus yang berbasis di Vermont yang diperdagangkan secara publik, Green Mountain Coffee Roasters, mengakuisisi Keurig, yang memicu pertumbuhan pesat bagi kedua perusahaan. Sekarang, mesin Keurig hadir dalam berbagai model dan warna yang menarik untuk memenuhi kebutuhan baik di kantor maupun di rumah sesuai dengan budget yang kamu miliki, juga tentunya sesuai seleramu!

sejarah keurig ilustrasi
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Keuntungan Punya Keurig Coffee Maker!

Apa yang membuat Keurig begitu populer dan paling sering ditemui di kantor dan di rumah? Yap! Efektifitas!

Selain proses nya yang cepat -dan tentunya mudah, penggunaan Keurig ini tidak mengorbankan rasa kopi yang dihasilkan. Dengan kata lain, rasa kopi yang dihasilkan dari Keurig tidak akan berkurang kenikmatannya. Keurig mudah digunakan dan banyak juga yang dapat di program serta perawatannya juga cukup mudah.

Kopi yang dihasilkan memang tidak akan sebaik kopi yang diseduh menggunakan alat-alat filter brewing atau french pres. Namun, kopi yang dihasilkan dari Keurig akan menghasilkan kopi yang lebih konsisten, lebih nyaman dan tentunya lebih cepat. Keuntungan lainnya yaitu, terdapat ratusan rasa dari K-Cups yang dapat kamu seduh melalui Keurig.

Keurig coffee maker akan menyeduh kopimu dalam waktu kurang dari satu menit saja! Alat ini tentu akan sangat menguntungkan bagi kita yang membutuhkan kopi di pagi hari dengan cepat sebelum beraktivitas. Lebih nyaman lagi karena Keurig dapat di program sehingga kita bisa sepenuhnya mengatur akan seperti apa kopi kita di pagi hari.

waktu terbaik minum kopi
Photo by Laura Chouette on Unsplash

Apa itu Kopi K-Cups?

Hal menarik dan terbaik dari menggunakan Keurig adalah kita dapat merasakan customized experience. Yap! Tepatnya kita dapat melakukan ini karena -seperti yang telah dijelaskan, banyak varian rasa yang dapat hadir melalui Keurig. Selain itu, Keurig juga menawarkan berbagai vendor berlisensi seperti Starbucks, Dunkin Donuts, dan Green Mountain Coffee.

Kopi K-cup hadir dalam cangkir kecil sekali pakai yang ditutup dengan topping foil yang di dalamnya terdapat filter tambahan dan kopi bubuk. K-Cups adalah jenis kopi yang digunakan saat kamu menggunakan Keurig. K-Cups ini di desain sebagai cartridge khusus untuk Keurig, sedangkan coffee/ tea pod tidak khusus untuk Keurig.

Nah, K-Cups inilah yang dapat memberikan berbagai macam varian rasa untuk setiap seduhan kopi yang kamu buat menggunakan Keurig.

k-cups
Photo by Oscar Ochoa on Unsplash

Mengapa Keurig Dapat Menghasilkan Kopi dengan Cepat?

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya, mengapa Keurig dapat menghasilkan kopi dalam waktu yang singkat -sangat singkat malah, hanya berkisar 1 menit. Dilansir roastycoffee.com rahasia dari kecepatan Keurig yaitu fakta bahwa Keurig menyimpan air panas di dalam water tank.

Sedangkan dalam mesin drip otomatis, biasanya air akan mulai dipanaskan saat mesin dihidupkan. Selain itu kamu tidak perlu memperhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan bubuk kopi yang kamu gunakan seperti grind size, dan lain-lain – yang biasanya kamu lakukan saat menggunakan drip coffee/ filter coffee brewing.

secangkir white coffee
Photo by Brigitte Tohm on Unsplash

Well, sudah memutuskan akan membeli Keurig? Atau malah sebaliknya? Banyak sumber mengatakan, Keurig sangat tepat untuk kalian yang tinggal sendirian dan membutuhkan asupan kopi dengan cepat. Namun, terlepas dari kemudahannya juga pasti memiliki beberapa kekurangan, salah satu dari segi lingkungan, lewat sampah yang dihasilkan.

Sebelum memutuskan, ada baiknya kamu memastikan apakah Keurig memang mesin pembuat kopi yang paling tepat untuk kamu atau bukan, ya!

Jangan lupa juga, kamu masih bisa membeli biji kopi mentah di Lakopi.id! Trade-nya langsung ke petani, dan tentunya lebih mudah dan praktis!

Happy brewing! 

Salam, Lakopi Indonesia.