Kenalan dengan Kopi Cortado: Menu Kopi yang Disajikan Mini!

kopi cortado
Photo by Matt Hoffman on Unsplash

Kopi Cortado – Menu kopi yang ada saat ini semakin beragam. Bukan hanya variasi dari milk beverage, tapi juga variasi menu kopi hitam juga semakin banyak kita temukan di kedai-kedai kopi yang biasa kita kunjungi.

Namun, dari banyaknya kedai kopi yang kita kunjungi, apakah kamu pernah melihat menu minuman kopi Cortado? Atau malah kamu pernah sengaja pesan dan mencoba kopi Cortado?

Kopi Cortado saat ini telah populer di beberapa kedai dari berbagai negara, loh! Minuman yang disajikan dengan gelas kecil seperti espresso namun tetap terlihat strong ini ternyata sedang menjadi pembicaraan para coffee drinker.

Apa sih kopi Cortado itu? Penasaran? Yuk kita cari tahu lewat artikel di bawah ini!

barista making cortado
Photo by Lidia Vi on Unsplash

Apa itu Kopi Cortado?

Dilansir oleh roastycoffee.com Kopi Cortado merupakan minuman kopi yang disajikan hangat berukuran lebih kecil yang terdiri dari espresso dan susu hangat. Perlu dicatat disini, susu hangat yang digunakan dalam pembuatan kopi Cortado adalah steamed milk.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, apa perbedaan kopi Cortado dengan minuman kopi latte lainnya? Dengan bahan yang sama yaitu espresso dan susu apa yang membedakan kopi Cortado?

Jika kamu menyebutkan kopi Cortado sama dengan minuman latte lain, mungkin itu adalah hal yang benar. Lantas apa yang membedakan kopi Cortado? Rasio espresso dan susu yang digunakan dalam membuatnya yaitu 1:1 (sekitar setengah espresso dan setengah susu dalam satu serve).

Penggunaan susu dan perbandingannya yang sama dengan espresso ini bertujuan untuk mengurangi keasaman pada espresso. Walaupun kopi Cortado menggunakan steamed milk, kopi Cortado juga tidak memiliki banyak foam saat disajikan, beda dengan sajian kopi lainnya yang menggunakan steamed milk.

kopi cortado
Credit: esquirescoffee.co.uk

Dilansir oleh majalah.ottencoffee.co.id kopi Cortado ini biasanya disajikan dengan cangkir yang terbuat dari gelas atau metal, sangat jarang disajikan dengan cangkir yang terbuat dari keramik. Berbeda dengan sajian latte lainnya yang membutuhkan susu dengan buih/ foam yang optimal untuk menampilkan tekstur art pada permukaan sajian kopi.

Kopi Cortado juga banyak digemari karena strukturnya yang sederhana dan disajikan dengan ukuran yang kecil. Perubahan ukuran dan volume sajian kopi biasanya akan mempengaruhi rasa yang dihasilkan, hal itu tidak terjadi pada kopi Cortado. Bahkan kedai kopi besar seperti Starbucks hanya akan menyajikan kopi Cortado dalam ukuran cangkir yang telah ditentukan sebelumnya.

Steamed foam susu
Credit: Silvina Brodersohn (Unsplash)

Cerita dari Kopi Cortado!

Kopi Cortado merupakan minuman kopi yang asalnya dari Spanyol. Kata “cortado” sendiri berasal dari kata “cortar”, yang merupakan kata kerja Spanyol yang berarti “memotong”. Cortado dinamai demikian karena susu yang menjadi tambahan dimaksudkan untuk ‘memotong’ (rasa pahit) espresso.

Cortado juga dapat mengacu pada pengenceran kopi dan minuman espresso. Kopi Cortado dibuat di negara Basque, Spanyol dan populer di seluruh wilayah Galicia di Portugal Utara hingga Kuba. Cortado memiliki karakteristik dengan sedikit foam tidak seperti minuman kopi dari Spanyol lainnya.

Karena sedikitnya foam pada Cortado inilah yang membuat susu yang menjadi campuran dapat ‘memotong’ rasa espresso dan menyatu dengan sempurna. Hasilnya? Tentu saja kombinasi yang seimbang dan lezat dari espresso dan light steamed milk.

ilustrasi pelanggan yang komplain
Credit: Kyle Ryan (Unsplash)

Bagaimana Cara Menikmati Kopi Cortado?

Mungkin dengan ukurannya yang kecil serta image ‘strong’ yang dimiliki kopi Cortado membuatmu bertanya-tanya how to drink kopi Cortado? 

Dilansir oleh roastycoffee.com Cortado dimaksudkan untuk diminum secara (sipped) perlahan. Mereka biasanya disajikan dalam cangkir berukuran 5-7 oz dan dimaksudkan untuk diminum secara perlahan karena kandungan kafeinnya yang kuat. Di tempat-tempat tertentu, kopi Cortado bahkan disajikan dengan segelas air gratis sebagai penetralisir.

Kira-kira Apa Perbedaan Kopi Cortado dengan Menu Kopi Espresso + Susu Lainnya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan dasar dari kopi Cortado masih membuatnya ‘disamakan’ dengan menu kopi berbahan dasar espresso dan susu lainnya. Lantas apa sih sebenarnya perbedaan kopi Cortado dengan menu lain ini? Yuk kita simak di bawah!

Macchiato
Credit: Louis Hansel @shotsoflouis (Unsplash)

#1 Kopi Cortado VS Macchiato, Cappuccino dan Latte

Dalam hal minuman espresso secara general, kopi Cortado mirip dan berada di antara macchiato dan cappuccino. Jumlah shot of espresso yang mereka gunakan biasanya sama yaitu 1 shot.

Perbedaan utama adalah rasio/ jumlah susu yang digunakan. Macchiato memiliki lebih sedikit susu sehingga volume nya lebih sedikit dan tentunya memiliki rasa yang lebih strong. Sedangkan cappuccino mengandung lebih banyak susu, serta lebih banyak foam. Volume sajian cappuccino juga lebih besar dan lebih ringan kandungan kafein.

Sama halnya dengan macchiato dan cappuccino, latte (walaupun sering dikira sama dengan Cortado) memiliki rasio steamed milk lebih banyak sehingga kandungan kafein latte tidak sekuat Cortado.

#2 Kopi Cortado VS Flat White

flat white
Photo by Hanna Balan on Unsplash

Minuman lain yang sering dibandingkan dengan kopi Cortado adalah flat white. Hampir mirip dengan macchiato, cappuccino dan latte, yang membedakan adalah rasio/ jumlah susu yang ada di dalamnya. Flat white lebih cenderung mirip latte dibandingkan kopi Cortado. Flat white mengandung lebih banyak susu dan sedikit lebih kental dari kopi Cortado. Begitupun penyajian, flat white juga biasanya disajikan dengan sedikit sentuhan latte art.

#3 Kopi Cortado VS Gibraltar

Apakah kalian pernah mendengar kopi Gibraltar? Faktanya, kopi Gibraltar adalah minuman yang sama dengan kopi Cortado. Lalu mengapa nama keduanya berbeda? Sama halnya dengan Americano dan Long black, dimana perbedaan negara asal mempengaruhi penyajian dan nama keduanya, Cortado dan Gibraltar mengalami hal yang sama.

“Gibraltar” hanyalah nama underground. Nama “Gibraltar” sebenarnya berasal dari San Francisco, California, dan dibuat oleh Blue Bottle Coffee Company. Berbeda dengan Cortado, Gibraltar dinamai demikian karena cangkir tempat penyajiannya, yaitu gelas Libbey “Gibraltar” 4,5 oz.

Dilansir oleh roastycoffe.com, gelas ini dibuat oleh perusahaan kaca Libbey, komponen dan proporsi Gibraltar identik dengan Cortado, hanya berjalan dalam waktu yang berbeda. Sederhananya, Gibraltar adalah kopi Cortado yang disajikan di gelas Gibraltar.

gibraltar coffee
Credit: blog.bluebottlecoffee.com

Bagaimana? Tertarik mencoba kopi Cortado? Atau ingin mencoba membuatnya di rumah? Jika kamu ingin membuat Cortado dari rumah, pastikan kamu membuat espresso dengan baik! Butuh tips membuat espresso dari rumah? Klik di sini!

Jangan lupa jika kamu ingin mendapatkan biji kopi berkualitas untuk kopimu, kamu bisa kunjungi Lakopi.id! Marketplace kopi yang akan memudahkanmu memilih dan bertransaksi untuk membeli biji kopi mentah pilihanmu!

Stay healthy and drink your coffee!

Salam, Lakopi Indonesia!