Kehabisan Kopi Filter untuk Menyeduh Kopimu? Berikut 4 Alternatif Pengganti Kopi Filter!

Kopi filter
Photo by Wade Austin Ellis on Unsplash

Kopi Filter – Kebiasaan minum kopi saat ini telah sedikit demi sedikit berubah karena adanya pandemi. Kebiasaan mengonsumsi di kedai kopi mulai bergeser menjadi ngopi dari rumah. Bahkan sejak sebelum adanya pandemi, mungkin beberapa para penikmat kopi akan membuat morning coffee dari rumah.

Selain kopi berbahan dasar espresso tentu filtered coffee lebih mudah dan simpel untuk dibuat dari rumah.

Menyeduh kopi dengan metode manual brewing biasanya membutuhkan kopi filter di dalam proses pembuatannya. Pernahkah kamu mencobanya?

Nah, lalu bagaimana jika di pagi hari saat akan membuat morning coffee kamu kehabisan kopi filter?

Tenang! Lakopi merangkum 8 alternatif pengganti dari kopi filter agar kamu bisa tetap ngopi dari rumah!

Penasaran apa saja? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

teknik pouring over coffee
Credit: unsplash.com (Patrick Fore)

Apa itu Kopi Filter?

Bagi penggemar kopi dengan metode manual brew mungkin kopi filter tidak lagi asing. Yap! Hal ini dikarenakan, dalam metode manual brewing membutuhkan filter dalam pembuatannya.

Kopi filter ini biasanya digunakan di alat-alat manual brewing seperti Chemex, Hario V60, Kalita Wave dan lain-lain. Penggunaan kopi filter – seperti namanya – dimaksudkan untuk ‘menyaring’ dan mengekstraksi bubuk kopi menjadi kopi yang bisa kita nikmati.

Lalu kira-kira apa saja alternatif dari kopi filter ini?

Menyeduh Kopi
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Kopi Filter Alternatif #1: Metode Cowboy Coffee

Pilihan termudah saat kehabisan filter adalah melewatkan komponen filter sama sekali dan membuat kopi koboi atau cowboy coffee. Apa itu kopi koboi?

Kopi koboi adalah sebutan untuk kopi tubruk jika di Indonesia. Kopi tubruk tidak membutuhkan kopi filter untuk membuatnya, yang perlu kita lakukan adalah menambahkan air panas ke dalam bubuk kopi, aduk kemudian biarkan kopi beberapa saat hingga bubuk kopi terendap ke bawah, lalu selesai. Mudah kan?

Dalam kopi koboi/ kopi tubruk ini, tidak diperlukan kopi filter sehingga lebih mudah walaupun menghasilkan kopi yang masih sedikit menyisakan ampas. Selamat mencoba!

kopi tubruk
Photo by Tijana Drndarski on Unsplash

Kopi Filter Alternatif #2: Tea Towel 

Apa itu tea towel? Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahui apa itu tea towel.

Tea towel menurut Merriam-Webster Dictionary adalah kain yang digunakan untuk mengeringkan peralatan yang selesai dicuci, di Indonesia jika kamu akrab dengan kain lap yang digunakan untuk menutupi makanan dan mengeringkan gelas/ piring itulah yang disebut dengan tea towel. 

Bagaimana cara menggunakan tea towel sebagai kopi filter? Dan apakah tidak apa-apa menggunakannya?

tea towel
Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Memang penggunaan tea towel bukan sesuatu hal yang umum, namun tetap bisa digunakan loh! Dilansir oleh roastycoffee.com penggunaan tea towel ini sangat mudah. Pertama tempatkan kain ke dalam drip basket atau pour over, tambahkan bubuk kopi dan tuangkan air panas ke atas bubuk kopi. Terus tambahkan lebih banyak air saat kopi menetes ke dalam cangkir. Selesai! Mudah bukan?

Namun tentu ada beberapa kekurangan, diantaranya penggunaan tea towel bisa mempengaruhi rasa kopimu walaupun kamu sudah menggunakan yang bersih sekalipun, jadi pilih dengan bijak ya!

Kopi Filter Alternatif #3: Kaus Kaki Kopi!

Mungkin kalian berpikir opsi ini sedikit aneh, tapi sebelumnya baca dulu sejarah penggunaan kaus kaki kopi sebagai pengganti kopi filter ini ya!

Sock Cloth Filter (kaus kaki kopi)
Credit: knowyourgrinder.com

Dilansir situs roastycoffee.com, menggunakan kaus kaki kopi sebagai pengganti kopi filter memiliki sejarah panjang, berasal dari salah satu cara pembuatan bir tradisional pertama di Kosta Rika, yang disebut Chorreador. Bagaimana cara menggunakannya?

Pegang kaus kaki (bersih) di atas cangkir kopi, tambahkan bubuk kopi dan tuangkan air panas secara bertahap, sampai kopi menetes ke dalam cangkir. Setelah selesai, cukup bilas kaus kaki dan siap digunakan kembali.

Melalui roastycoffee.com ini adalah salah satu metode paling sustainable yang menghasilkan secangkir kopi dengan rasa yang enak dengan medium atau coarse grind size. Dan jika kamu tidak suka ide menyeduh kopi dengan kaus kaki yang ada, ada juga kaus kaki kopi yang dibuat khusus untuk digunakan sebagai filter untuk kopi, loh!

Kopi Filter Alternatif #4: Saringan Logam Halus

saringan logam
Credit: mithellcooper.co.uk

Jika kamu kehabisan kopi filter di rumah, kamu juga bisa menggunakan saringan logam halus!

Saringan logam halus biasanya akan ada di setiap dapur, saringan logam halus memang bukan diperuntukkan untuk menyeduh kopi, namun dilansir roastycoffee.com kamu bisa menggunakannya untuk menggantikan kopi filter, loh! Bagaimana caranya?

Caranya hampir sama dengan saat kamu menggunakan saringan logam halus untuk keperluan lain, bubuk kopi diletakkan di saringan dan kemudian dilakukan proses brewing dan biarkan kopi mengalir mengisi cangkir.

Solusi Lain dari Penggunaan Kopi Filter!

Penggunaan kopi filter memang saat umum digunakan dalam metode manual brewing. Namun, kamu juga masih punya pilihan lain jika tidak ingin repot karena kehabisan kopi filter, loh! Berikut Lakopi merangkumnya untuk kamu!

Metode Brewing Alternatif (Tanpa Filter)

French press
Credit:businessinsider.com

Untuk menghindari masalah kehabisan kopi filter, kamu bisa menggunakan metode brewing lain yang tidak memerlukan kopi filter. Metode brewing yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif adalah dengan menggunakan french press, perkolator atau moka pot.

Yap! Ketiga alat brewing tersebut di desain tanpa menggunakan kopi filter, lebih hemat dan tentunya tetap menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah biasanya metode seduh tanpa menggunakan kopi filter akan menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih kuat dan lebih kental daripada kopi yang diseduh menggunakan filter.

Reusable Kopi Filter!

reusable coffee filter
Credit: cuppow.com

Dengan kopi filter yang dapat digunakan kembali, kamu tidak perlu khawatir tentang membeli kopi filter sekali pakai dan dapat menggunakannya seperti biasa berulang kali. Filter semacam ini biasanya ada untuk metode pour over serta aeropress.

Dilansir oleh roastycoffee.com, penggunaan kopi filter ini akan menangkap lebih banyak ‘minyak’ sehingga menghasilkan secangkir kopi yang lebih bersih dan lebih ringan. Kopi yang dihasilkan dari kopi filter jenis ini memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan kopi yang diseduh dengan emnggunakan metode french press.

Jika kamu menyukai kopi dengan cita rasa yang kuat, kamu dapat mencoba menggunakan kopi filter jenis ini. Gunakan bubuk kopi dari biji kopi terbaik dan berkualitas, kemudian seduh menggunakan metode seduh yang kamu suka dan gunakan reusable kopi filter!

Jika kamu membutuhkan biji kopi berkualitas , kamu bisa mendapatkannya dengan mengunjungi Lakopi.id!


Bagaimana? Sudah menemukan solusi dari masalah ‘kehabisan kopi filter’? Alternatif mana yang akan kamu coba?

Well, selamat mencoba di rumah! Jangan lupa gunakan biji kopi berkualitas untuk kopimu and drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!