Karakteristik Unik dari Kopi Java Ijen Raung, Kopi Jagoannya Bondowoso

Kopi Java Ijen Raung
Credit: thevault.ph

Kopi Java Ijen Raung – Minuman kopi bukanlah lagi hanya minuman biasa. Namun juga, minuman kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia.

Tidak hanya dikalangan para orang tua, tetapi kalangan kaum milenial pun kopi sangat difavoritkan. Selain itu, di Indonesia sendiri, terdapat beraneka macam kopi origin yang berasal dari berbagai macam wilayah, salah satunya kopi Java Ijen Raung atau biasa disebut dengan kopi “Java Blue Mountain”

Nah, kopi ini berasal dari daerah Jawa, lebih tepatnya Bondowoso. Bisa dibilang, kopi Java Ijen Raung ini memiliki wangi bunga hutan sampai-sampai mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis dari Kementrian Hukum dan HAM.

Jadi, jangan heran kalau penggemarnya sangat banyak, bahkan sampai dikenal oleh masyarakat dunia. Aroma dan sensasi kopinya yang khas membuat para pecinta kopi kecanduan untuk meminumnya.

Selain itu, masih banyak lagi informasi-informasi mengenai kopi Java Ijen Raung. Penasaran apa saja informasinya? Merangkum dari berbagai sumber, yuk! Simak sampai habis ya!

Sejarah Kopi Java Ijen Raung

Awalnya, bibit kopi ini berasal dari pegunungan “Blue Mountain” yang dibawa oleh Belanda pada masa penjajahan. Bibit kopi itu pun ditanam oleh Belanda di beberapa daerah, salah satunya di pulau Jawa di Lereng Ijen Raung. Di wilayah itu, bibit pun ditanam di suatu lokasi bernama Gunung Blau. 

Dulu, di lereng Ijen Raung sendiri dilarang menanam kopi arabika dan hanya boleh ditanami Robusta karena kebun milik PTPN. 

Akan tetapi, banyak penduduk sekitar yang nekat menanam kopi arabika di tengah hutan dengan mengambil bibit kopi milik PTPN, salah satunya di bawah kopi Gunung Blau. 

Sementara pada tahun 1980-an, banyaknya para petani yang menanam kopi arabika dan jenis varietas Blue Mountain pun juga ikut menyebar.

Akan tetapi, varietas kopi Java Ijen Raung Blue Mountain ini termasuk langka dan adanya keterbatasan produksi yang membuat harga kopi ini menjulang sangat tinggi. 

Karakteristik Kopi Java Ijen Raung

Sejarah Kopi Karo
Credit: angela pham (Unsplash)

Nah, seperti yang sudah jelaskan tadi, kopi Java Ijen Raung ini berasal dari Bondowoso, Jawa Timur yang ditanam pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Kopi ini tumbuh dengan suhu udara sekitar 15 sampai 25 C° yang cocok ditanami segala jenis perkebunan, termasuk perkebunan kopi. 

Selain itu, cita rasa dari kopi yang satu ini terbilang sangat unik dan aromanya yang khas, seperti wangi melati, sweet dan sedikit juicy. Itu sebabnya banyak para pecinta kopi yang tergila-gila dengan kopi Java Ijen Raung.

Berbicara soal rasanya, kopi ini tidak terlalu pahit, ada sensasi rasa pedas yang berasal dari tanaman rempah, kacang-kacangan, dan juga terdapat rasa cokelat yang nikmat.

Bisa dibilang, kopi Java Ijen Raung ini memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Untuk teksturnya, kopi ini sangat lembut dan meninggalkan aftertaste sweet di mulut. 

Proses Pengolahan Kopi Java Ijen Raung

Ilustrasi metode pengolahan basah
Credit:(majalah.ottencoffee.co.id)

Bisa dibilang, metode ini merupakan metode yang paling banyak mengeluarkan biaya yang besar karena membutuhkan air yang sangat banyak.

Perbandingannya pun sekitar 1 kg buah kopi yang harus dicuci dengan air sekitar 1-6 liter air bersih. Biasanya, metode ini digunakan oleh perusahaan kopi atau pabrik kopi dengan skala yang besar.

Selain itu, pabrik yang menerapkan metode ini juga memiliki washing station, seperti di mana buah kopi dicuci, dikupas, dan difermentasi.

Nah, setelah ada bantuan dari CSR (Corporate Social Responsibility) Bank Indonesia, para petani kopi dari arabika (kopi java) di kaki Gunung Ijen Raung, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sudah menerapkan metode basah.

Itu sebabnya harga jual kopi juga mengalami kenaikan. Kira-kira bagaimana sih prosesnya? Berikut penjelasannya:

Proses Panen Buah Kopi

proses panen
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Proses pertama adalah melakukan pemetikan buah kopi yang sudah matang sempurna dan berwarna merah. Pemetikan ini dilakukan secara manual menggunakan tangan sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Sortasi Buah Kopi

sortasi kopi
Credit: kbr.id

Buah kopi yang sudah dipetik akan melewati proses sortasi, di mana petani memisahkan buah kopi yang berwarna hijau, kuning, atau sudah busuk.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan buah kopi sebelum diproses lebih lanjut. Setelah sudah, barulah masukkan buah kopi ke air untuk memisahkan biji kopi yang kosong dan tidak kosong.

Hal tersebut dapat dibuktikan dari buah kopi yang mengambang artinya biji kopi kosong dan buah yang tenggelam artinya berisi.

Fermentasi Kopi

Ilustrasi biji gagal difermentasi
Credit: (Gordi.id)

Berikutnya, yaitu proses fermentasi, di mana biji kopi yang masih dilindungi atau dibalut oleh kulit tanduknya akan didiamkan di wadah penampungan selama kurang lebih 12-18 jam.

Biasanya, wadah ini akan ditutup dengan terpal supaya prosesnya akan semakin maksimal. Bisa dibilang, proses ini bertujuan untuk mengembangkan aroma, tingkat keasaman, dan rasa dari kopi itu sendiri. 

Penjemuran

Pengeringan biji kopi
Credit:(aerikuriyansyah-ringkasantphp9.blogspot.com)

Setelah melewati proses fermentasi, maka akan dilakukan proses sortasi terlebih dahulu untuk memisahkan biji kopi yang bagus dan cacat (defect).

Jika sudah, barulah biji kopi akan dijemur dengan alat modern sehingga biji kopi kadar airnya mencapai 11%-12%.


Nah, itu dia informasi mengenai kopi Java Ijen Raung jagoannya Bondowoso ini. Bisa dibilang, biji kopi ini memiliki rasa yang khas dan ada sensasi pedas di dalamnya.

Buat kamu yang sudah pernah mencicipi kopi ini, jangan lupa untuk mengetahui asal-usul kopinya juga ya! Hal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kamu tentang kopi.

Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau secangkir kopi yang nikmat itu berasal dari biji kopi pilihan dan berkualitas. Akan tetapi, karena pandemi seperti ini, kamu jadi kesulitan untuk membelinya, benar begitu bukan?

Tak perlu khawatir! Kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah dan langsung dipetik oleh para petaninya loh! Untuk transaksinya pun juga langsung ke petaninya.

Yuk, tunggu apa lagi? Kunjungi lakopi.id sekarang untuk dapatkan biji kopi terbaik di Indonesia. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.