Kopi Madu? Yuk Simak Fakta Menarik Kopi yang Ditambah Madu!

kopi dengan madu
Photo by Art Rachen on Unsplash

Kopi madu – Seperti yang Lakopi sudah sering sebutkan, kopi merupakan minuman yang saat ini bukan hanya digemari tapi juga ngopi sendiri menjadi kebutuhan serta gaya hidup. Konsumsi kopi semakin meningkat, juga dengan munculnya kedai serta menu-menu kopi yang penuh inovasi.

Berbagai macam varian menu kopi mulai dari dicampur dengan susu, buah-buahan, hingga dipadukan dengan minuman-minuman lain seperti beer dan teh juga sudah lumrah ditemui. Salah satunya adalah kopi madu! Yap! Kopi dengan campuran madu juga merupakan salah satu varian menu kopi favorite, loh!

Apakah kamu sudah mengetahui tentang kopi dengan campuran madu? Kira-kira perpaduan kedua bahan ini hanya menghasilkan kenikmatan atau ada manfaat lain, ya? 

Yuk kita simak fakta menarik dari kopi dengan madu di bawah ini! Baca sampai selesai, ya!

kopi dengan madu
Photo by El Alce on Unsplash

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kopi madu, kira-kira siapa ya yang memulai tren honey in coffee ini?

Well, dilansir roastycoffee.com orang pertama yang menambahkan madu ke dalam kopi masih belum diketahui. Ini kemungkinan besar berasal dari budaya pecinta kopi yang suka bereksperimen dengan berbagai rasa. Hal ini juga tidak mengejutkan karena bahkan orang-orang menambahkan garam, kayu manis, dan bahkan nitrogen ke dalam kopi!

Selain itu, penggunaan madu sebagai ganti gula atau ‘pemanis’ memang sudah lama dilakukan. Salah satunya pada teh. Namun, apakah tambahan madu ini juga baik untuk kopi? Yuk cari tahu!

Apakah Kopi Madu Baik Untukmu?

madu
Photo by Sophie Nengel on Unsplash

Tentu sudah banyak pembahasan mengenai kopi dengan tambahan ‘pemanis’ bukan? Saat kopi ditambah dengan ‘pemanis’ seperti gula, aritificial sugar, dan pemanis-pemanis lain -tidak terkecuali madu, tentu ada harga yang harus dibayar.

Mengapa demikian? Karena kopi yang sehat memang seharusnya tidak dikonsumsi dengan tambahan pemanis.

Penambahan madu pada kopimu akan menambahkan kalori pada secangkir kopi yang kamu konsumsi. Eits! Namun jangan khawatir, karena masih banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan alternatif penggunaan madu sebagai pemanis ini.

Kopi Madu VS Kopi Gula

kopi dengan gula
Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash

Tahukah kamu? Dilansir oleh roastycoffee.com madu memiliki lebih banyak kalori daripada gula. Madu juga mempengaruhi gula darah dengan cara yang sama seperti gula biasa. Satu sendok teh madu memiliki sekitar 21 kalori. Gula putih hanya memiliki sekitar 12 kalori kubus murni.

Wah! Lalu kenapa ‘umumnya’ madu dinyatakan lebih sehat ya? Bagaimana untuk campuran kopi? Yuk kita bahas satu per satu!

Saat berbicara mengenai manfaat kesehatan, tentu tidak hanya dilihat dari aspek kandungan kalori saja. Kita harus melihat secara lebih dalam dan detail tentang dampak yang akan diakibatkan kedua ‘pemanis’ ini.

kopi dengan madu
Credit: athome.starbucks.com

Disunting dari roastycoffee.com berikut adalah fakta-fakta yang membuat madu lebih sehat untuk menjadi ‘pemanis’ dibandingkan gula:

  • Madu mengandung sifat anti-bakteri. Karena madu mengandung pollen/ serbuk sari, madu dapar membantu melawan gejalas alergi musiman seperti pilek, sakit tenggorokan, atau sakit kepala.
  • Kopi dengan Madu – keduanya kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu mengurangi jumlah sel “sakit” dalam tubuh. Terlalu banyak sel yang sakit ini dapat menyebabkan efek negatif jangka panjang pada tubuh. Jadi menambahkan sedikit madu sebagai pengganti gula bisa sangat bermanfaat.
  • Madu memiliki banyak vitamin dan mineral. Sangat jarang sesuatu yang manis ini mengandung begitu banyak hal baik untuk tubuh. Madu kaya akan Kalsium dan Vitamin C yang baik untuk tubuh.

Ada banyak cara untuk meningkatkan pengalaman minum kopi kamu. Sayangnya, menambahkan gula (terutama gula putih) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan di masa mendatang.

manfaat kopi dengan madu
Photo by Hans Vivek on Unsplash

Manfaat Minum Kopi dengan Tambahan Madu

Menambahkan madu pada kopimu dapat dikatakan lebih baik daripada menambahkan gula, loh! Seperti yang juga telah dijelaskan sebelumnya, kira-kira apa saja ya manfaat madu dalam kopi?

Dilansir oleh majalah.ottencoffe.co.if beberapa ulasan menu diet olahraga, menyebutkan kopi dan madu membantu proses penurunan berat badan. Sama-sama memiliki rasa manis, keduanya sebenarnya berbeda dari segi kandungan senyawa. Madu memiliki kandungan berupa antibakteri, antioksidan, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

menurunkan berat badan
Photo by Bill Oxford on Unsplash

Namun tentu saja, untuk mendapatkan khasiat madu yang kita campurkan pada kopi ada baiknya untuk menambahkan madu original/ madu murni. Madu murni berasal langsung dari sarangnya. Ini mengandung lebih banyak nutrisi daripada madu biasa dan secara keseluruhan lebih sehat.

Jika kamu adalah tipe orang yang ingin menghindari gula olahan dan pengawet, disarankan untuk menggunakan madu murni untuk mendapatkan lebih banyak kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya!

Disunting dari situs coffeeland.co.id, berikut manfaat/ khasiat minum kopi dengan campuran madu!

Meningkatkan energi.

Kopi sendiri sudah terkenal merupakan salah satu minuman yang dicari untuk meningkatkan energi. Adanya tambahan madu juga akan berpengaruh pada peningkatan/ penambahan energi tersebut (jika dikonsumsi dengan baik).

Semangat
Credit: bruce mars (Unsplash)

Menurunkan risiko kanker mulut.

Karena sifat antibakteri di dalam kopi yang mampu memperkecil potensi terkena kanker, khususnya kanker mulut. Dengan madu dicampur dengan madu tentunya akan memaksimalkan manfaat kesehatan.
Menurunkan risiko kanker usus besar. Selain kanker mulut, risiko kanker usus besar pun dapat diturunkan dengan mengonsumsi kopi hitam yang dicampur dengan madu.

Ini berkat kandungan antioksidan pada kopi dan kandungan-kandungan baik dalam madu yang siap memperkecil potensi kanker usus besar sebanyak 25 persen seperti hasil penelitian di Jepang melalui konsumsi kopi campur madu sehari 2 kali.

mencegah kanker
Credit: National Cancer Institute (Unsplash)

Menambah stamina.

Penambahan madu pada kopi akan meningkatkan stamina, loh! Akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sering merasa lemas, lesu dan sering mengantuk. Meminumnya akan membantu tubuh bugar lagi. Selain berkat kafeinnya, kandungan baik madu pun menjadi kelebihan juga.

Menurunkan risiko diabetes.

Dilansir oleh coffeeland.co.id madu asli diketahui memang berindeks glikemik rendah sehingga sangat bagus dalam menekan lonjakan kadar gula darah yang berujung pada penyakit diabetes. Kopinya pun sebaiknya kopi hitam tanpa ditambah gula.

artificial sugar
Credit: nytimes.com

Mencegah obesitas.

Kopi hitam dicampur madu lalu dikonsumsi rutin (tanpa berlebihan) juga bisa menjadi cara menurunkan risiko obesitas karena kandungan gula pada madu yang berindeks glikemik rendah tadi. Penggunaan madu ketimbang gula pasir pada campuran kopi tidak akan membuat berat badan mudah naik apalagi memicu penimbunan lemak di tubuh.

risiko kesehatan
Credit: suara.com

Mencegah penyakit berat seperti stroke dan memperkuat jantung.

Karena madu mengandung nutrisi-nutrisi yang baik yang mampu membuat otot jantung lebih kuat ditambah dengan fakta bahwa kopi bisa menjadi cara melancarkan peredaran darah, anda bisa mencampurkan keduanya untuk diminum rutin.

Dengan demikian, risiko serangan stroke dan jenis-jenis penyakit jantung (khususnya masalah otot jantung) bisa diminimalisir!


Untuk mendapat manfaat kesehatan kopi tentu dibutuhkan biji kopi yang berkualitas! Bingung dimana mendapatkan biji kopi berkualitas?

Kamu bisa kunjungi Lakopi.id! Lakopi merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya, loh!

Jangan lupa! Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.