Yuk Kenali! Kopi Sidikalang, Kopi Legenda dari Sumatera Utara!

kopi sidikalang
Credit: google.com

Kopi yang namanya sudah tidak asing bagi para penikmat kopi di Indonesia. Kopi Sidikalang merupakan kopi legenda, melegenda karena kopi ini memiliki cita rasa yang konon katanya terbaik di nusantara.

Penggemar kopi? Apakah kalian sudah pernah mencicipi Kopi Sidikalang ini? Kopi Sidikalang merupakan sebutan untuk kopi robusta dan arabika yang dikembangkan di Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kopi Sidikalang bahkan memiliki festival tersendiri, loh!

Yap! Pada tahun 2018, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi mengadakan Festival Kopi Sidikalang dengan tujuan untuk mengembalikan kejayaan industri Kopi Sidikalang yang saat itu surut ditengah persaingan perdagangan kopi lokal lainnya.

Kopi Sidikalang bahkan dianggap sebagai salah satu varietas kopi terbaik di Sumatra, bersama dengan Kopi Gayo, Simalungun dll. Penasaran dengan Kopi Sidikalang?

Yuk, simak penjelasannya!

Ilustrasi Kopi Sidikalang
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Sejarah Kopi Sidikalang, Salah Satu Kopi Terbaik Sumatera

Dilansir specialtycoffee.co.id menyebutkan bahwa kondisi alam sidikalang yang di penuhi oleh berbagai pegunungan dengan tingkat kemiringan yang bervariasi. Kondisi alam Sidikalang yang sejuk membuat beragam jenis buah-buahan dan pertanian tumbuh subur disini.

Pada tahun 1990-an kopi jenis robusta diperkenalkan di Indonesia sebagai pengganti tanaman kopi arabika yang hancur karena penyakit tumbuhan. Tetapi, sejarah masuknya jenis kopi robusta ke Sidikalang tidak begitu jelas karena kurangnya dokumen/ data yang memuat tentang hal tersebut.

Kopi merupakan salah satu andalan sektor pertanian dari Kecamatan Sidikalang. Produk Kopi Sidikalang bahkan sudah menembus pasar lokal maupun pasar ekspor.

Pada tahun 1980-an produk kopi Dairi adalah robusta, pasar dunia telah mengapresiasikan kopi Dairi yang bercita rasa spesifik dan di olah secara tradisional. Merek atau brand yang diberikan: kopi Sidikalang.

Dilansir oleh merdeka.com, daerah Sidikalang dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta terbaik yang memiliki kadar kafein tinggi, mencapai 70-80%. Lokasinya yang berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur, membuat Sidikalang mampu menghasilkan salah satu kopi terbaik di nusantara.

Ilustrasi Kopi sidikalang
Credit: unsplash.com (Georgi Petrov)

Mengenal Cara Pengolahan Kopi Sidikalang

Dilansir dari minumkopi.com Kopi Sidikalang merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatra yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatra diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed).

Pengolahan Kopi Sidikalang dilakukan dengan wet hulled atau giling basah. Full Wash Coffee Beans Process atau Proses Pengolahan Kopi Basah (sering disebut Olah Basah) adalah pengolahan biji kopi setelah panen (pascapanen) dengan menggunakan air sebagai media proses selama proses pengolahan biji kopi tersebut.

Kopi sidikalang wet hulling
Credit: au.cafe-royal.com via Majalah Otten Coffee

Ciri Khusus dan Cita Rasa Khas Kopi Sidikalang

Kopi-kopi dari Sumatera sudah tidak diragukan lagi kualitas dan rasanya. Salah satunya Kopi Sidikalang. Sidikalang merupakan salah satu dari tiga wilayah bersama dengan Mandailing dan Lintongnihuta sebagai 3 Wilayah Sumatera Utara yang memproduksi kopi dengan cita rasa terbaik.

Kopi Sumatera Utara secara umum telah dikenal memiliki tekstur yang halus dan bercita rasa kompleks. Mayoritas kopi di wilayah ini diolah secara kering maupun basah. Sehingga menjadikan kopi dari Sumatera Utara unik, loh!

Lalu bagaimana dengan ciri dan cita rasa khas Kopi Sidikalang?

  • Body tebal.
    Body dalam kopi berarti rasa tingkat kekentalan kopi yang dapat dirasakan oleh lidah saat kita menyeruput Tingkat kekentalan kopi biasanya dipengaruhi oleh proses pemanggangan kopi.
  • Acidity rendah namun kadar bitterness lebih tinggi dan intens.
    Acidity adalah tingkat keasaman kopi, sedangkan bitterners adalah rasa pahit dari kopi. Cita rasa sedang yang dimiliki robusta Sidikalang ini menghasilkan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag tapi tetap ingin minum kopi setiap hari.
Ilustrasi sakit perut
Credit: klikdokter.com
  • Aroma dan karakter yang khas.
    Kopi Sidikalang memiliki aroma nutty dan kacang-kacangan juga memiliki aroma seperti coklat. Dilansir oleh bp-guide.id salah satu produk unggulan dari Sidikalang adalah kopi robusta. Seperti cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Namun wangi yang dihasilkan robusta Sidikalang tidak terlalu tajam.
  • Long after taste.
    Aftertaste merupakan daya tahan rasa kopi sidikalang yang tertinggal di mulut dan tenggorokan setelah meminumnya. Semakin lama rasa kopi yang tertinggal di mulut, maka kopi tersebut punya nilai aftertaste yang tinggi. Dilansir dari bp-guide.id Kopi Sidikalang memiliki aftertaste yang cukup lama/ tinggi.
kopi sidikalang
Credit: madina.go.id

Yap! Itu tadi tentang salah satu kopi terbaik di Sumatera yaitu Kopi Sidikalang!

Cita rasa serta kualitas Kopi Sumatra yang sudah tidak diragukan lagi tentu menarik untuk dicoba para penggemar kopi.

Apakah kamu tahu? Dilansir laman ksmtour, meskipun Kopi Sidikalang merupakan jenis kopi terbaik di Sumatera, namun selama lebih dari satu dekade belakangan kualitas kopi robusta Sidikalang perlahan mulai tertandingi seiring dengan naiknya jenis kopi arabika. Wah, lalu bagaimana solusinya?

Oleh karena itu, pemerintah sedang gencar untuk meningkatkan promosi Kopi Sidikalang agar tidak kalah saing di pasar nasional dan internasional.


Kamu bisa cari kopi origin Sumatera yang pasti kualitasnya di Lakopi.id! Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya, loh!

Jika kalian ingin membeli kopi terbaik sumatera, Lakopi saat ini memiliki beberapa varian kopi origin Sumatera. Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan kopi origin Sumatera terbaik versimu!

Drink your best quality coffee healthily and happily!

Salam Labuhan Kopi