Mengenal Kopi Tiwus, Kopi ‘Paling Enak’ dari Film Filosofi Kopi!

filosofi kopi
Credit: Credit: Hans Danials, eatandtreats.blogspot.com

Filosofi Kopi – Buku karya Dee Lestari yang juga telah diadaptasi menjadi film pertama kali pada tahun 2015 yang juga memiliki sekuel kedua pada 2017 ini secara garis besar membahas industri kopi di Indonesia dengan cara yang lebih dapat dipahami dan diterima.

Ssssttt! Kabarnya akan ada sekuel ketiga dari Filosofi Kopi, loh!

Melalui Film Filosofi Kopi ini,  nama besar kopi Indonesia mulai dikenal. Adanya film tersebut telah membuka jalan bagi industri kopi, salah satunya yang sangat terkenal yaitu Kopi Tiwus.

Apa Kopi Tiwus benar ada? Apa yang membuat Kopi Tiwus istimewa?

Yuk kita simak artikel tentang Kopi Tiwus, kopi paling enak dari Filosofi Kopi dibawah ini!

Filosofi Kopi, Bukan Buku dan Film Saja, Namun Nyata!

filosofi kopi
Credit: filosofikopi.id

Filosofi kopi sendiri merupakan nama sebuah kedai kopi yang sekarang bukan hanya ada di Jakarta namun beberapa kota lain di Indonesia. Filosofi Kopi konon hanya menyediakan kopi terbaik Indonesia. Dari buku dan film adaptasi karya Dee Lestari tersebut kemudian muncul 3 nama kopi yang paling terkenal yaitu Kopi Lestari, Ben’s Perfecto, dan Kopi Tiwus.

Untuk pembaca buku dan penikmat film ini tentu saja akrab dengan tiga nama kopi tersebut. Kopi Lestari adalah kopi yang bijinya berasal dari Bali Kintamani. Ben’s Perfecto merupakan signature dari filosofi kopi dengan biji kopi yang berasal dari Ijen, Jawa Timur yang diramu khusus oleh sang pemeran utama yaitu Ben. Dan terakhir adalah Kopi Tiwus, kopi sederhana namun konon paling enak dari Jawa Barat.

Sebelumnya, Yuk kita kenali dulu karakteristik biji kopi dari Jawa Barat!

Karakteristik Kopi dari Jawa Barat

Credit: kompasiana.com

Kopi Tiwus sendiri merupakan kopi origin Jawa Barat. Dilansir oleh kompas.com biji kopi yang berasal dari Jawa Barat cenderung memiliki karakteristik sweet (manis) dan tinggi akan acidity (asam).

Karakter tersebut muncul dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah tanah di daerah tempat kopi ditanam dan pemrosesan yang dilakukan pasca panen. Jenis tanah akan mempengaruhi karakteristik kopi yang ada, contohnya di Tenjolaya, pH tanah mencapai 4,5-5,6, yang juga diakui memengaruhi acidity kopi yang dihasilkan nantinya. Ada pun karakter sweet juga dapat dipengaruhi tanah, diantaranya kesuburan dan ketinggian.

Proses pasca panen misalnya, para petani kopi di Jawa Barat biasanya akan mengirim kopi yang di panen ke shelter (tempat pengolahan) setelah dipetik dari kebun maksimal delapan jam setelah dipetik. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas rasa biji kopi.

Untuk mengenal lebih dalam lagi kopi dari Jawa Barat kamu bisa lihat Lakopi punya artikelnya di siniloh! Check this out!

Karakteristik Kopi Tiwus, Kopi ‘Paling Enak’ di Filosofi Kopi

wawasan kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Dilansir oleh femina.co.id, kopi single origin Tiwus ditanam di Ciwidey dan Pengalengan, Jawa Barat. Kopi Tiwus sendiri mulai dikenal secara luas setelah adanya film Filosofi Kopi. Kopi Tiwus yang sebelumnya hanya dipasarkan untuk Kedai Filosofi Kopi mulai dipasarkan secara komersial.

Proses pengolahan Kopi Tiwus juga berperan dalam pembentukan rasa dari Kopi Tiwus ini sendiri. Dilansir femina.co.id, proses pengolahan Kopi Tiwus yaitu menggunakan semi wash, wet hulling.

Dari indonesiacoffeeworld.com, Semi Washed Processing atau Proses Giling Basah  diartikan sebagai pengolahan biji kopi setelah panen (pascapanen) dengan menggunakan air yang dialirkan secara terus menerus ketika mengkupas kulit buah/luar segar (catatan : dilakukan langsung setelah panen) dengan menggunakan Mesin pulper kopi basah.

Ilustrasi metode pengolahan basah
Credit:(majalah.ottencoffee.co.id)

Kedai Filosofi Kopi juga memproduksi Self Drip Coffee dari Kopi Tiwus. Banyaknya peminat Kopi Tiwus selain dikarenakan buku dan film Filosofi Kopi juga tentunya karena rasa yang dimiliki oleh Kopi Tiwus.

Kopi yang disebut sebagai ‘Kopi Paling Enak’ ini memiliki karakteristik yaitu:

  • Medium acidity.
    Tidak seperti karakteristik kopi dari jawa barat yang memiliki karakteristik tinggi akan acidity, Kopi Tiwus memiliki karakteristik medium adicity atau tingkat keasaman sedang.
  • Strong body and aroma.
    Maksud dari strong body adalah rasa tingkat kekentalan kopi yang dapat dirasakan oleh lidah saat kita menyeruput sedangkan aroma adalah istilah untuk wangi kopi setelah diseduh. Tingkat kekentalan kopi biasanya dipengaruhi oleh proses pemanggangan kopi. Dilansir dari sarasvati.co.id disebutkan bahwa kopi yang dipanggang secara medium akan memiliki body yang lebih berat.
  • Tasting notes: Dark Chocolate.
    Saat mengkonsumsi kopi, kita akan mendapatkan aftertaste atau mengacu kepada rasa yang tertinggal dalam mulut setelah minum kopi. Kopi Tiwus meninggalkan aftertaste yang serupa dengan dark chocolate.

Bagaimana Cita Rasa Kopi Tiwus?

Ilustrasi Kopi Tiwus
Credit: hipwee.com

Dilansir oleh barecamedia.com yang memberikan review akan kopi kualitas terbaik yang disediakan oleh Kedai Filosofi Kopi, disebutkan bahwa Kopi Tiwus benar adanya merupakan kopi paling ikonik di kedai tersebut. Kopi Tiwus disebut sangat cocok untuk pembuatan manual brew dan di-roasting dengan tingkat medium roast.

Salah satu proses pengolahan Kopi Tiwus ini yaitu menggunakan proses manual brewing dengan V60. Melalui proses blooming dalam suhu air 90° celcius akan menghasilkan cita rasa Kopi Tiwus yang seimbang antara acidity dan sweetness dengan dark chocolate sebagai aftertaste. Kopi Tiwus juga dapat diseduh dengan metode syphon.


Yap! Itu tadi tentang ‘Kopi Paling Enak’ versi Filosofi Kopi!

Di masa pandemi ini tentu sulit untuk mengunjungi kedai kopi Filosofi Kopi secara langsung, sayangnya kedai Filosofi Kopi juga tidak ada disemua kota.

Eits! Jangan khawatir! Kamu juga bisa merasakan sensasi kopi Jawa Barat lain yang tidak kalah enak dan istimewa!

Kamu bisa cari kopi origin Jawa Barat berkualitas di Lakopi.id! Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Lakopi saat ini memiliki empat varian kopi origin Jawa Barat, loh!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan kopi origin Jawa Barat terbaik versimu dan jangan lupa! Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.