Kunjungi Kabupaten Karo dan Sidikalang, Lakopi Ajak Petani Kopi Go Digital

Petani Jumaraja
Tim Lakopi bersama petani kopi Jumaraja

Medan, 24 Oktober 2020 – Pada 17-18 Oktober 2020, Lakopi melakukan program kunjungan langsung ke petani kopi yang berdomisili di Kabupaten Karo dan Sidikalang untuk mengajak petani kopi go digital.

Kunjungan ini didasari untuk menjalin hubungan silaturahmi antara Lakopi dengan calon-calon penggunanya untuk bisa berkesempatan berdikusi dan mendengarkan secara langsung keluh kesah para petani seputar budidaya kopi di tengah melejitnya tren minum kopi saat ini.

Labuhan Kopi yang kemudian disingkat Lakopi adalah sebuah marketplace berbasis website yang bertujuan untuk menghubungkan antara petani kopi dengan penyangrai kopi atau dikenal dengan istilah populernya yaitu roasters.

Lakopi hadir untuk menjawab tantangan dalam industri kopi demi mencapai ekosistem industri kopi yang berkelanjutan. Salah satu nilai yang paling ditonjolkan Lakopi adalah Direct Trade, dimana para petani bisa langsung terhubung dengan calon pembelinya, yaitu roaster, melalui platform digital yang bisa dikunjungi melalui alamat berikut: https://lakopi.id.

Pak Waldi, salah satu petani kopi dari Desa Dokan Kabupaten Karo, berharap dengan adanya start up di sektor perkopian ini, Lakopi dapat membantu petani kopi untuk terhubung ke pembeli secara langsung dan menjadikan kopi lokal semakin dikenal.

Salah satu aspek yang membedakan platform marketplace Lakopi dari marketplace yang sudah saat ini tidak lain terletak pada unsur navigasinya yang lebih coffee friendly, dimana para roasters atau calon pembeli dapat melakukan navigasi dengan mudah dalam menemukan berbagai jenis greenbeans dengan berbagai karakteristiknya.

Selain itu, adanya transparansi harga juga menjadikan platform ini lebih menguntungkan pihak petani dan merupakan hal yang jarang dirasakan oleh petani lokal, mengingat adanya pihak ketiga yang kerap membeli langsung dari petani dengan harga yang lebih murah.

Greenbeans kopi
Greenbeans Kopi Jumaraja Desa Cinta Rakyat

Lakopi sendiri merupakan salah satu perusahaan start up asal Medan yang berhasil menjadi Top 8 Start Up Medan dari perhelatan Baparekraf for Start Up (BEKUP) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Visi Lakopi sendiri adalah untuk menciptakan ekosistem industri kopi yang lebih berkelanjutan dengan memberikan eksposur lebih bagi para petani kopi lokal untuk bisa menciptakan brand dari produk greenbeans yang dimilikinya, dan menciptakan peluang bisnisnya sendiri.

Dengan demikian, petani kopi bisa mengurangi ketergantungannya terhadap pihak ketiga yang kerap membeli dari petani dengan harga yang lebih murah.


Tentang Lakopi (Labuhan Kopi)

Lakopi adalah sebuah situs marketplace daring khusus komoditas kopi mentah dalam bentuk greenbeans. Lakopi berfungsi untuk menjembatani petani kopi dengan roastery untuk bisa bertransaksi dengan aman.

Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://lakopi.id.