Mau Beli Biji Kopi Mentah? Berikut 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan!

biji kopi mentah
Photo by Rene Porter on Unsplash

Biji kopi mentah – Seperti yang kita tahu, kopi memiliki proses sangat panjang sebelum dapat kita nikmati. Jika kamu tipe home roaster dan suka bereksperimen di rumah untuk mendapat kopi terbaik versimu, memilih green beans atau biji kopi mentah mungkin bukan hal baru.

Sebelum dilakukan proses roasting tentunya kita harus mendapatkan biji kopi mentah terlebih dahulu, beberapa menyebutnya green beans. Pemilihan biji kopi mentah ini kemudian menjadi penting karena pastinya akan mempengaruhi cita rasa dan kualitas kopimu.

Sayangnya, memilih biji kopi mentah bukan perkara yang mudah. Apalagi, akses terhadap biji kopi mentah ternyata masih terbatas, loh! 

Wah lalu kira-kira bagaimana cara memilih biji kopi mentah yang baik untuk kita beli dan olah? Yuk kita bahas bersama!

biji kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Apa itu Biji Kopi Mentah/ Greenbeans?

Dilansir oleh coffeeland.co.id biji kopi mentah atau green coffee beans/ green beans adalah biji dari buah kopi masak yang sudah dihilangkan daging buah dan cangkangnya. Biji kopi mentah tersebut telah disortir dan dikeringkan untuk memenuhi standar mutu pasaran.

Umumnya buah kopi yang dipanen adalah buah yang merah meranum di pohon. Buah kopi umumnya disebut sebagai coffee cherry. Pengolahan kopi dari coffee cherry menjadi biji kopi mentah siap roasting terdiri dari lima langkah, yaitu:

  • Sortasi buah (berries)
  • Pengeringan
  • Dehulling
  • Sortasi biji
  • Penyimpanan dan distribusi
biji kopi pengeringan
Credit: povertybaycoffee.com

Apakah Semua Biji Kopi Mentah Sama?

Sebelum membeli biji kopi mentah, tentunya kita harus mengetahui jenis dari biji kopi itu sendiri. Spesifikasi biji kopi mentah ini diperlukan agar kita tidak clueless bagaimana mengolahnya agar cita rasanya keluar secara maksimal.

Dilansir situs perfectdailygrind.com, ada begitu banyak jenis biji kopi dan perbedaan di antara masing-masing jenisnya, dan hal tersebut dapat mempengaruhi rasa dan cara kita memanggangnya. Tahukah kamu? Di Lakopi Indonesia, spesifikasi dari biji kopi mentah yang dijual ditampilkan dengan mudah, loh! Kamu bisa bertransaksi biji kopi mentah dengan lebih nyaman!

Apa yang Perlu Menjadi Pertimbangan dalam Memilih Biji Kopi Mentah?

Sebelum kita membeli biji kopi mentah, ada baiknya kita terlebih dahulu mencari tahu dan memahami tentang biji kopi mentah. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan membeli biji kopi mentah? Berikut Lakopi merangkum beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih biji kopi mentah:

Asal/ Origin

Kondisi di mana kopi ditanam, termasuk iklim, kelembaban, dan tanah akan mempengaruhi aroma dan rasanya. Cobalah biji kopi mentah dari besar – kecil, dari beberapa negara, kemudian wilayah untuk dapat membedakan jenisnya.

ilustrasi varietas kopi
Credit: pinterest.com

Varietas Biji Kopi

Spesies dan varietas kopi (yang merupakan kategori genetik di bawah spesies) memiliki dampak yang luar biasa pada kopi yang diseduh. Sehingga penting untuk menanyakan varietas dari biji kopi mentah yang akan kamu beli dan kamu olah nantinya.

Mau tahu varietas kopi populer di Indonesia? Klik di sini!

Ketinggian

Secara umum, semakin tinggi elevasi, semakin rendah suhunya. Ini dapat menyebabkan kopi tumbuh lebih lambat dan memungkinkan kandungan gula berkembang lebih banyak.

Namun, saat mempertimbangkan ketinggian, jangan lupa bahwa berbagai daerah memiliki suhu yang berbeda. Ingatlah hal ini saat membandingkan kopi, terutama jika kopi berasal dari negara atau bahkan benua yang berbeda.

kopi organik
Photo by Elias Zsakl on Unsplash

Memahami Proses Pengolahan Biji Kopi Mentah

Dalam pengolahan alami / kering, seluruh coffee cherry dikeringkan sebelum bagian luar buah dikeluarkan, sehingga menghasilkan rasa yang lebih manis dan lebih fruity. Kopi basah atau yang sudah dicuci telah dikeluarkan dari buahnya sebelum dikeringkan, sehingga cenderung kurang manis tetapi jauh lebih bersih, namun hal ini akan membawa keasamannya keluar.

Dalam honey processing yang dilakukan adalah menghilangkan kulit tetapi meninggalkan beberapa lendir, atau daging buah, di sekitar biji kopi selama pengeringan. Ini menciptakan rasa manis dan full-bodied, dibandingkan dengan kopi yang dicuci terlebih dahulu (metode wet/washed).

Dilansir oleh majalah.ottencoffee.co.id beberapa petani kopi menjual langsung buah kopi karena tidak ada lahan jemur, maka pembeli biji kopi mentah membelinya langsung dan tahap pengeringan/ penjemuran dilakukan oleh pembeli. Oleh karena itu sebelum memilih dan membeli biji kopi mentah haruslah memahami tahapan yang terkait dengan greenbean baik secara teori maupun praktiknya.

penjemuran biji kopi mentah
Photo by Riley Farabaugh on Unsplash

Tahukah kamu? Karena perlunya pemahaman tentang biji kopi mentah/ greenbeans sebelum kamu jadi greenbeans buyer dilansir majalah.ottencoffee.co.id tidak sedikit juga para green coffee buyer menjadi konsultan pertanian untuk menanam kopi agar dapat menggali potensi dari sekitaran lahan tanam, loh!

Bagaimana pengaruh tanaman lindung untuk menjaga tanaman kopi agar tetap tahan terkena sinar matahari langsung, bagaimana melakukan budidaya yang tepat untuk meningkatkan kualitas kopi, dan banyak lagi. Wah ternyata ilmu tentang biji kopi mentah ini sangat berguna, ya!

Cita Rasa dan Aroma dari Kopi Java Preanger
Credit: infokopi.com

Tips Membeli Biji Kopi Mentah

Disunting dari situs coffeeland.co.id, disebutkan beberapa tips jika kamu ingin membeli biji kopi mentah. Apa saja tips-nya? Yuk kita simak!

  • Pilih wilayah yang terletak di pegunungan tinggi. Karena kopi arabika terbaikatau kopi lainnya umumnya berasal dari perkebunan kopi di dataran tinggi. Misalnya kopi Kerinci dan Kopi Ijen.
  • Pilih penjual kopi di pasar yang sudah terkenal dan terpercaya agar tidak dikibuli dengan kopi mentah berkualitas rendah.
  • Pilihlah biji kopi yang utuh, kering dan tidak berbau apek.

Yap! Itu tadi hal-hal penting dan tips dalam memilih dan membeli biji kopi mentah. Sebagai percobaan, belilah dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan coba rasanya di rumah.

Ohiya! Selain itu ada cara yang lebih mudah, loh! Jika kamu ingin memastikan kualitas biji kopi mentah yang kamu beli, kamu bisa membelinya lewat marketplace biji kopi mentah seperti Lakopi Indonesia! Selain sudah dipastikan berkualitas dan mudah transaksinya, trade-nya langsung ke petani kopi!

Siap memilih biji kopi mentah? Kunjungi Lakopi.id sekarang!

Salam, Lakopi Indonesia.