Mengenal Dekat Kopi Flores Bajawa: Sejarah dan Prosesnya!

Ilustrasi Kopi FLores Bajawa
Credit: shop.ora.organic

Kopi Flores Bajawa – Bagi kamu para pecinta kopi, kira-kira sudah pernah kopi yang satu ini belum? Jadi, nama kopi ini diambil dari ibukota Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, yang artinya adalah lembah kesejahteraan. Istilah “Bha” artinya lembah, kuali, sedangkan “Jawa” artinya sejahtera.

Nah, wilayah Bajawa berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dan tempat ini cocok untuk ditanami perkebunan kopi. Tak hanya itu saja, di wilayah Bajawa juga terdapat gunung Inerie yang menjadi tempat ditanamnya kopi Flores Bajawa. 

Selain itu, perkembangannya perkebunan di wilayah Bajawa tersebut tidak lepas dari kepercayaan dan adat istiadat masyarakat sekitar.

Mereka percaya kalau kekayaan alam dan hasil perkebunan kopi itu juga dipengaruhi oleh unsur magis arwah leluhur. Itu sebabnya, istiadat dan etika moral sangat mereka jaga sampai saat ini.

Nah kira-kira bagaimana ya sejarah dari kopi Flores Bajawa ini? Merangkum dari berbagai sumber, simak artikel ini sampai habis ya!

Sejarah Kopi Flores Bajawa

Ilustrasi Sejarah Kopi Flores Bajawa
Credit: okdam.com

Awal kemunculan kopi Flores Bajawa di Ngada, sudah ada sejak tahun 1977 saat pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur membeli 4 kg bibit kopi propelegitim dan 4 kg bibit kopi arabika dari Jember, Jawa Timur.

Bibit kopi propelegitim ini pun ditanam di halaman kantor Dinas Pertanian, perkebunan, dan peternakan Kabupaten Ngada. Sementara bibit kopi arabika dikembangkan di perkebunan misi Katolik Malanuza, Boawae, dengan jarak 30 km arah timur Ngada.

Pada saat pemerintahan yang dipimpin oleh Matheus John Bey (1978-1988), kopi arabika itu juga dikembangkan di Kecamatan Golewa dan Bajawa.

Kurang lebih, ketinggian untuk menanam kopi tersebut sekitar 1.000-1.700 di atas permukaan laut (mdpl), yang membuat budidaya kopi Bajawa dapat diterapkan secara maksimal.

Proses Pengolahan Kopi Flores Bajawa

Proses Pengolahan Kopi Flores Bajawa
Credit: thestuffofsuccess.com

Selain sejarah Kopi Flores Bajawa, selanjutnya proses pengolahannya. Kira-kira kamu tahu tidak nih bagaimana proses pengolahannya? Mulai dari budidayanya sampai proses pengolahan menjadi buah kopi. Berikut penjelasannya:

Budidaya kopi Flores Bajawa

Ilustrasi Budidaya Kopi Flores Bajawa
Credit: bajawacoffee.com

Metode budidaya yang digunakan oleh para petani adalah metode organik, sehingga dapat menghasilkan kopi Flores Bajawa yang sangat berkualitas.

Varietas yang digunakan adalah S-795, Arabusta Timtim, dan Typica (Juria). Program peningkatan untuk ke depannya akan menggunakan varietas S-795 agar dapat diperbanyak secara generatif dan vegetatif.

Bisa dibilang, penanaman ini tidak dilakukan secara sembarangan. Sebab, pembibitannya pun akan diterapkan sesuai prinsip teknik budidaya yang baik dan akan dikonsultasikan kepada Dinas atau lembaga penelitian.

Nah, pertumbuhan kopi Flores Bajawa ini menggunakan penaung, baik sementara maupun tetap. Tanaman penaung ini harus disiapkan setahun sebelum waktu penanaman bibit kopi.

Intensitas cahaya matahari diatur sekitar 60% untuk diterima oleh tajuk tanaman kopi. Selain itu, jenis tanaman yang digunakan sebagai penaung dalam waktu sementara, seperti Tephrosia candida (untuk pupuk hijau), Moghania macrophylla (untuk pakan ternak dan pupuk hijau), Cajanus cajan (kacang gude, untuk sayuran), Musa sp. (pisang, untuk buah), dan lainnya.

Sebelum penanaman bibit, harus dilakukannya pembersihan gulma, pemotongan tanaman penaung, dan diatur ulang agar barisan tanaman kopi sejajar. Selain itu, penanaman bibit juga dilakukan pada musim hujan saat curah hujan mencapai 200 mm.

Pemeliharaan tanaman kopi mengutamakan konservasi air, tanah, dan kesuburan tanah. Bahan organik yang digunakan untuk penanaman kopi ini, seperti seresah, pangkasan, gulma, pupuk kandang, kompos dan lainnya.

Nah, pemupukan hanya menggunakan pupuk organik dengan dosis 5-10 kg/pohon. tahun, dan diaplikasikan hanya dua kali pada awal dan akhir musim hujan.

Proses panen

proses panen
Credit: majalah.ottencoffee.co.id
  • Proses panen dilakukan dari pagi hari sampai siang hari dan dilakukan secara manual, yaitu pemetikan dengan tangan. Buah yang dipilih pun hanya yang sudah matang sempurna.
  • pemetikan kopi pun menggunakan dua wadah untuk buah yang sudah matang dan juga buah lain, seperti buah kering, setengah kering, rontok, dan lain-lain.
  • Sebelum pemetikan, di bawah pohon kopi harus diberi karung atau plastik agar buah yang terjatuh dapat mudah dikumpulkan.
  • Setelah sudah panen, buah kopi harus melewati sortasi agar dapat membedakan buah yang sudah matang dan yang belum matang.
  • Buah yang sudah matang sempurna harus segera diolah dan tidak boleh disimpan karena akan menimbulkan defect.

Proses pascapanen

Ilustrasi metode pengolahan basah
Credit:(majalah.ottencoffee.co.id)

Setelah melewati proses panen, buah kopi akan masuk ke tahapan selanjutnya, yaitu proses pengolahan buah kopi menjadi green bean.

Nah, pengolahan ini dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu pengolahan kering (dry process) dan pengolahan secara basah (wet process).

Bisa dibilang, kopi Flores Bajawa ini hanya dihasilkan dengan cara pengolahan kopi secara basah yang langkah-langkahnya telah ditentukan sesuai Standar Operasional Prosedur oleh MPIG. Nah, cara olah basah ini terdiri dari tiga macam metode, yaitu:

  • Olah basah, giling kering (wet process, dry hulling)
  • Olah basah, giling basah (wet process, wet hulling)
  • Olah basah, kopi madu (pulped natural atau Decascado)

Cita Rasa Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores
Credit: (superadventure.co.id)

Kopi yang diproses bahkan dibudidayakan secara optimal, mampu mengeluarkan cita rasa yang sangat nikmat. Kopi Flores Bajawa memiliki karakter rasa nutty, orange, dan karamel.

Apalagi saat kamu menyeduhnya dengan air panas dalam kondisi masih segar, aroma kopi grade specialty ini sangat menggoda untuk dinikmati.

Itu sebabnya, kopi ini merupakan salah satu kopi yang disukai banyak orang, bahkan dijadikan oleh-oleh wisatawan saat berkunjung ke Flores.


Nah, itu dia sejarah dan proses pengolahan kopi Flores Bajawa. Dengan pengolahan dan budidaya yang sangat ketat, menjadikan kopi ini sangat disenangi oleh banyak orang. Tak hanya di dalam negeri Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri seperti Amerika pun juga banyak yang mencintai kopi ini.

Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau secangkir kopi yang nikmat itu juga berasal dari biji kopi mentah pilihan. Nah, beli biji kopi mentah yang mudah dan berkualitas itu di mana sih?

Tak usah khawatir! Mampir saja ke website lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi pilihan dan tentunya langsung dipetik oleh para petani.

Tunggu apalagi? Yuk, kunjungi lakopi.id sekarang. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.