Fakta Seputar Kopi Instan! Sehat atau Tidak?

kopi instan
Photo by Robert Shunev Omovmdiazz on Unsplash

Berbagai macam jenis kopi saat ini telah dipasarkan. Selain kopi origin dari berbagai daerah, kopi arabika dan robusta yang menjadi favorite para coffee drinker, eksistensi kopi instan juga masih setia hingga saat ini.

Selain mudah ditemui, terdiri dari berbagai varian rasa, praktis dan ekonomis-nya kopi instan akan membuat penggemar setianya tidak pergi. Masih ingat dengan dalgona coffee?

Yap! Dalgona coffee yang sempat viral pada tahun 2020 kemarin nyatanya berbahan dasar kopi instan! Selain dalgona coffee, tentu banyak resep-resep minuman lain yang mudah dan praktis dengan penggunaan kopi instan.

Namun, pernahkah kamu berpikir sebenarnya apa sih kopi instan itu? Apa yang membedakan kopi instan dengan kopi kemasan yang lain?

Bagaimana awal mula terciptanya kopi instan yang praktis dan rasanya tidak kalah enak dengan varian kopi original lainnya? Bagaimana pembuatannya?

Penasaran dengan cerita kopi instan?

Yuk simak hal menarik lainnya tentang kopi instan lewat artikel dibawah ini!

produk kopi instan
Photo by Oana Cristina on Unsplash

Sejarah Kopi Instan!

Siapa yang tidak suka segala sesuatu yang praktis? Tentu saja hampir semua orang menyukainya.

Tidak terkecuali dengan kopi. Mengawali pagi harimu dengan repot-repot menyeduh kopi saat kamu terburu-buru tentu tidak praktis. Kopi instan dapat menjadi pilihan dan solusi untuk konsumsi kafeinmu di pagi hari saat terburu-buru.

Kehadiran kopi instan ternyata sudah sejak lama, loh! Dilansir oleh perfectdailygrind.com kopi instan pertama kali ditemukan pada abad ke-18, namun kepopuleran kopi instan dimulai selama Perang Dunia I sebagai bagian dari ransum tentara. Setelah Perang Dunia I, gangguan dalam ekonomi global menyebabkan surplus kopi nasional di seluruh Brasil. Baru sekitar tahun 1930, Nestlé dan Brazilian Coffee Institute bersama-sama mengembangkan kopi instan, yang kemudian menjadi populer selama Perang Dunia II.

Kopi instan yang kita kenal sekarang pertama kali dipatenkan pada tahun 1881 oleh seorang berkebangsaan Perancis, Alphonse Allais.

Ilustrasi sejarah kopi instan
Credit: roastycoffee.com

Dilansir roastycoffee.com, karena terjangkau dan praktis penyajiannya, kopi instan diberikan pada tentara, dijual di supermarket dan di distribusikan ke hotel dan kantor. Sehingga menjelang Perang Dunia II kopi instan sudah mulai dikenal karena kemudahannya.

Tahukah kamu? Saat ini, kopi instan menyumbang sekitar 25% dari semua kopi yang diseduh secara eceran yang dikonsumsi di seluruh dunia, loh!

Bagaimana Proses Pembuatan Kopi Instan?

gambar kopi instan
Credit: firstforwomen.com via Pinterest

Pada saat kopi instan sampai kepada kita sebagai konsumen, kopi instan pada dasarnya adalah kopi yang terbuat dari ekstrak kopi. Kita hanya perlu menambahkan air panas, aduk, kemudian kita akan mendapatkan satu cangkir kopi instan dengan rasa yang nikmat. Simpel bukan?

Lalu, bagaimana ya pembuatannya?

Dilansir situs roastycoffee.com ada dua metode dasar untuk membuat instan kopi yaitu:

Spray Drying

Pada metode ini kopi cair hasil ekstraksi disemprotkan ke udara panas (suhu tinggi), menyebabkan kopi cair hasil ekstraksi tadi berubah menjadi butiran kopi. Spray Drying menggunakan suhu tinggi (panas) untuk mengekstrak bubuk kopi.

Freeze Drying

Kopi cair hasil ekstraksi pada freeze drying akan diuapkan menjadi bubuk kopi yang dapat dilarutkan dalam air. Freeze drying cenderung meninggalkan lebih banyak aroma yang khas sehingga membuat kopi instan hasil metode ini terasa lebih seperti secangkir kopi segar.

ilustrasi kopi organik
Photo by Kurniawan Adhi on Unsplash

Dilansir oleh perfectdailygrind.com, kopi instan biasanya dibuat menggunakan biji kopi robusta dibandingkan arabika. Hal ini dikarenakan biji kopi robusta lebih terjangkau harganya. Biji kopi robusta yang telah di roasting ini kemudian akan di ekstraksi. Cita rasa hasil ekstraksi ini akan tergantung dari tingkat roasting yang dilakukan pada biji kopi.

Selanjutnya hasil ekstraksi tersebut akan di proses menggunakan salah satu dari 2 metode yang telah dijelaskan diatas yaitu spray drying atau freeze drying hingga menghasilkan bubuk kopi instan.

Eitss tunggu dulu! Dilansir melalui thekitchn.com kedua proses tersebut ternyata berdampak buruk pada cita rasa dan kandungan kafein kopi instan loh! Oleh karena itu dalam beberapa case pembuatan kopi instan akan dilakukan proses penambahan  flavour serta aroma tambahan untuk tetap mempertahankan aroma kopi yang diinginkan. Jadi, jangan heran jika kopi instan yang kita temui terkadang memiliki berbagai macam rasa, ya!

Tahukah kamu? Brasil adalah penghasil dan pengekspor kopi instan terbesar di dunia. Pada kuartal pertama tahun 2020, tingkat ekspor kopi larut di Brasil tumbuh sekitar 20%!

ilustrasi produk kopi instan
Credit: myrecipes.com

Fakta-fakta Kopi Instan yang Perlu Kamu Tahu!

iced americano
Photo by Masaaki Komori on Unsplash

Kandungan Kopi Instan

Kopi instan memang memiliki banyak penggemar, namun tidak sedikit juga yang tidak menyukai kopi instan karena menganggap bahwa kopi instan tidak baik untuk kesehatan. Hmm, apakah benar demikian?

Dilansir oleh roastycoffee.com ternyata kopi instan memiliki lebih sedikit kandungan kafein loh! Namun, kandungan yang ada pada kopi instan tentu bukan hanya kafein. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa kopi instan mungkin mengandung lebih banyak antioksidan tertentu!

kopi instan
Photo by Sigmund on Unsplash

Kopi Instan Berbahaya untuk Kesehatan?

Terlepas dari less caffeine dan kandungan antioksidan pada kopi instan tentu juga ada beberapa kandungan yang perlu diperhatikan. Mungkin kopi instan memang rendah kafein, namun kopi instan mengandung Akrilamida. Akrilamida adalah bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang terbentuk saat biji kopi dipanggang.

Sayangnya, dilansir situs roastycoffee.com kopi instan dapat mengandung hampir hingga dua kali lebih banyak Akrilamida dari kopi yang baru dipanggang, itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan, karena paparan Akrilamida yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker.

Tapi tidak perlu terlalu khawatir! Jumlah paparan Akrilamida pada kopi instan terbukti jauh lebih rendah dari yang diperkirakan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

orang minum kopi
Photo by Nitish Meena on Unsplash

Dilain hal, melalui artikel yang dilansir dari situs healthline.com, beberapa manfaat mengonsumsi kopi instan yaitu:

  • Meningkatkan metabolisme
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif’
  • Meningkatkan kesehatan hati
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Meningkatkan longevity
  • Menurunkan risiko diabetes

Untuk artikel lengkap tentang manfaat kopi instan, dapat kamu lihat di sini!


Yap! Itu dia artikel tentang kopi instan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan konsumsi harian kopimu ya!

Jangan lupa untuk membeli biji kopi berkualiatas terbaik di Lakopi!

Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan biji kopi terbaik versimu!

Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!