Mengenal Kopi Kombucha, Kopi yang Baik untuk Kesehatan!

kopi kombucha
Photo by Tim Oliver on Unsplash

Manfaat kopi untuk kesehatan sudah secara umum diketahui. Namun, tentu dengan catatan konsumsi kopi yang baik dan benar. Kopi dikenal dengan kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, beberapa studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hidup lebih lama, loh! Tapi, pernahkah kalian mendengar tentang kopi kombucha?

Coffee drinker mungkin sudah ada yang mengetahui tentang kopi kombucha, kopi yang konon sangat baik untuk kesehatan! Penasaran apa itu kopi kombucha dan kenapa kopi ini baik untuk kesehatan?

Yuk simak artikelnya sampai selesai di bawah ini!

es kopi kombucha
Credit: liveeatlearn.com

Apa itu Kombucha?

Studi dari Wiley University yang dilansir melalui baristainstitute.com menyebutkan bahwa kombucha awalnya berasal dari Cina di mana ia digunakan karena manfaat kesehatannya sejak 220 SM. Pada 414 Masehi itu kombucha ‘dibeli’ dan dibawa ke Jepang oleh physician/ dokter Kombu untuk membantu Kaisar Inkyo dengan masalah pencernaan. Di sinilah nama Kombucha juga berasal.

Kombucha telah menjadi sangat populer beberapa tahun yang lalu karena ada banyak manfaat kesehatan di dalamnya dan merupakan minuman bersoda alami dengan rasa yang difermentasi dengan manis. Dilansir dari purekopiluwak.com kombucha adalah minuman spesial, menyegarkan, dan sedikit asam yang dihasilkan dari fermentasi teh manis.

Kombucha “biasa” dibuat dari teh hitam dan hijau yang difermentasi. Kombucha dapat diberi ‘perasa’ dengan menambahkan buah-buahan atau berries.

kombucha tea
Photo by Tyler Nix on Unsplash

Lalu Apa itu Kopi Kombucha?

Jika dilihat dari definisi kombucha di atas, dapat dikatakan bahwa kombucha adalah ‘teh yang di fermentasi’. Kemudian, pertanyaannya akan sampai kepada apa itu kopi kombucha? Apakah benar ‘kopi kombucha’ bukan ‘teh kombucha’?

Dilanisir oleh purekopiluwak.com kombucha bisa dianggap semacam minuman teh spesial, sedangkan kopi kombucha akan menjadi padanannya untuk peminum kopi. Kopi kombucha adalah variasi dari kombucha biasa, di mana alih-alih memfermentasi teh hitam atau teh hijau, yang difermentasi adalah kopi yang diseduh.

kombucha
Credit: purekopiluwak.com

Pada kombucha, fermentasi dicapai oleh jenis bakteri khusus yang disebut bakteri asetat dan jenis ragi tertentu, yang memakan gula dalam larutan yang dimaniskan dan menghasilkan senyawa asam seperti asam asetat (asam yang sama ada dalam cuka), dan gas seperti karbon dioksida (gas yang sama ada dalam soda dan minuman berkarbonasi lainnya).

Mikroorganisme fermentasi dimasukkan ke dalam larutan dalam bentuk cakram semi padat yang tampak seperti agar-agar yang disebut SCOBY. Bakteri  SCOBY adalah singkatan dari Symbiotic Colony Of Bacteria and Yeasts yang  digunakan dalam fermentasi kopi kombucha.

scoby
Scoby Kombucha Credit: cultureforhealth.com

Perlu diingat! Dilansir baristainstitute.com saat menggunakan kopi, bukan teh, ada perbedaan dalam rasa dan cara kerja. Kopi sangat asam, oleh karena itu, tidak perlu starter kombucha untuk menjalankan proses fermentasi. Juga ingat untuk menggunakan SCOBY yang berbeda untuk teh dan kopi kombucha karena penggunaan jenis yang sama untuk kedua minuman akan mengubah rasa dan bau satu sama lain.

Dilansir melalui baristainstitute.com  kombucha dibuat dengan fermentasi menggunakan SCOBY, kultur bakteri dan ragi. Fermentasi yang dilakukan dua kali ini berlangsung selama 1 bulan, 3 minggu untuk tahap pertama dan 1 minggu di tahap kedua.

Bagaimana Membuat Kopi Kombucha?

Seperti yang telah dijelaskan, kopi kombucha dibuat dengan memasukkan SCOBY ke dalam larutan kopi yang dimaniskan dan kemudian dibiarkan berfermentasi. Mudah bukan? Tapi, ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu:

  • SCOBY adalah koloni hidup dari mikroorganisme, jadi jika terlalu banyak dipanaskan, bakteri end yeast akan mati dan SCOBY akan menjadi tidak berguna.
  • Perlu diingat! Pertama, dilansir baristainstitute.com saat menggunakan kopi, bukan teh, ada perbedaan dalam rasa dan cara kerja. Kopi sangat asam, oleh karena itu, tidak perlu starter kombucha (tambahan cuka) untuk menjalankan proses fermentasi. Juga ingat untuk menggunakan SCOBY yang berbeda untuk teh dan kopi kombucha karena penggunaan jenis yang sama untuk kedua minuman akan mengubah rasa dan bau satu sama lain. Kedua, untuk rasa yang lebih enak, kopi kombucha difermentasi dua kali, bukan sekali seperti kombucha biasa.
kopi kombucha
Credit: purekopiluwak.com

Bagaimana Cita Rasa Kopi Kombucha?

Banyak yang mengatakan bahwa kombucha memiliki hampir semua jenis rasa. Hal tersebut terjadi karena fermentasi menghasilkan asam asetat sebagai produk sampingan. Namun, kebanyakan orang tidak menyukai kombucha karena mereka belum terbiasa dengan rasanya, terlepas dari manfaat kesehatannya.

Kopi kombucha, di sisi lain, memiliki bonus tambahan dengan menambahkan roasted flavour ke dalam campuran, dan karena kopi secara alami sudah bersifat asam, bagi pecinta kopi, keasaman ekstra yang diperoleh dari fermentasi bukanlah hal baru.

equinox kombucha
Credit: wellness-drinks.de

Manfaat Kopi Kombucha untuk Kesehatan!

Full of  Probiotik

Kopi kombucha penuh dengan probiotik, mikroorganisme baik yang tinggal di tubuh. Manfaat dari probiotik dalam tubuh dapat kamu ketahui secara lengkap melalui article review ini! Namun, dilansir purekopiluwak.com beberapa diantaranya yaitu:

  • Probiotik meningkatkan kesehatan usus, karena membantu memecah molekul dalam makanan menjadi senyawa yang lebih kecil yang lebih mudah dicerna dan diserap tubuh.
  • Probiotik membantu mengurangi atau mengobati diare akibat antibiotik dan juga jenis diare lainnya.
  • Probiotik meningkatkan respons imun, membantu tubuh Anda melawan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya dan patogen lainnya.
  • Probiotik menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Probiotik membantu mencegah kanker.
ilustrasi kopi kombucha
Credit: wellness-drinks.de

Kandungan Kafein Lebih Sedikit (Less Caffeine)

Dilansir purekopiluwak.com kopi kombucha pada dasarnya adalah tanpa kafein, sehingga dapat diminum oleh pecinta kopi yang tidak tahan kafein kapan saja sepanjang hari. Mengapa demikian?

Mikroorganisme SCOBY memecah banyak senyawa organik dalam larutan kopi manis, termasuk kafein. Ini berarti fermentasi secara alami menghilangkan kafein kopi, dan oleh karena itu kopi kombucha keluar dengan sedikit kafein yang tersisa.

Kopi dengan less caffeine? Sounds good, right?


Fermentasi kopi kombucha tentu memerlukan kopi yang berkualitas. Kopi dengan keasaman lebih tinggi seperti arabika atau dengan less acidity seperti robusta dapat dijadikan pilihan.

Kamu bisa memilih biji kopi berkualitas untuk membuat kopi kombucha di Lakopi yang merupakan market place dan menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya!

Dan, jangan lupa! Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.