Mengenal Kopi Peaberry, Kopi Lanang!

Mengenal kopi Peaberry
Credit: (freepik.com)

Mengenal Kopi Peaberry – Siapa nih yang suka dengan kopi-kopi langka seperti kopi peaberry atau disebut kopi lanang? Kira-kira kamu tahu nggak sih kenapa disebut kopi peaberry atau kopi lanang?

Nah, istilah kopi peaberry merupakan istilah bahasa dagang internasionalnya, sedangkan kopi lanang menurut bahasa Jawa, yaitu laki-laki. Lalu, kenapa disebut kopi lanang yang berarti laki-laki? Sebab, biji kopi ini mengalami anomali atau kelainan pasca panen.

Walaupun mengalami kelainan, anomali pada kopi ini justru memiliki keistimewaan tersendiri untuk dinikmati. Nah, saat proses pemetikan, anomali kopi lanang dapat dilihat dari bentuk bijinya. Umumnya, bila kulit ceri kopi dikupas, akan memperlihatkan dua sisi biji kopi atau disebut dikotil.

Sedangkan kopi lanang atau kopi peaberry ini hanya memiliki satu sisi biji kopi saja yang disebut monokotil. Itu sebabnya, bentuknya yang “langka” sudah bisa diidentifikasi sejak pemetikan dan biasanya mulai dipisahkan pada proses sortir.

Biji kopi lanang memiliki bentuk yang hampir bulat lonjong seperti kacang polong dan biasanya utuh tanpa adanya belahan.

Tentu saja bentuk biji kopi lanang sangat berbeda dengan biji kopi pada umumnya, yang memiliki dua sisi biji kopi, seperti biji kacang yang terbelah.

Mengenal Kopi Peaberry #1: Faktor yang Mempengaruhi Kelainan Kopi

Peaberry
Credit: (andycoffeeshop.blogspot.com)

Nah, kelainan kopi lanang atau peaberry disebabkan oleh beberapa faktor sehingga kopi ini terlihat berbeda dengan yang lainnya. Menurut Badan Penelitian Taman Industri dan Penyegar (Balittri) Litbang Kementerian Pertanian, berikut faktor penyebab adanya kopi lanang, yaitu:

  1. tidak optimal penyerbukan putik bunga pada pohon kopi yang diakibatkan oleh serangga atau angin
  2. Umur pohon kopi yang sudah melebihi 10 tahun dapat mengakibatkan penurunan kemampuan penyerbukan secara alami.
  3. Adanya kelainan genetika
  4. Terakhir, adanya malnutrisi atau ketidakseimbangan distribusi zat makanan saat proses pembuahan.

Nah, itu dia faktor-faktor yang menyebabkan adanya kopi peaberry atau kopi lanang. Oleh karena itu, kopi lanang merupakan kopi hasil proses alami bukan buatan ataupun rekayasa.

Selain itu juga, kopi lanang spesiesnya pun bisa bermacam-macam, baik itu arabika, robusta, atau jenis lainnya, yang kemungkinan memiliki kandungan biji kopi lanang ini.

Bisa dibilang, jumlah biji kopi yang mengalami anomali terbilang sedikit dan sulit untuk diperoleh. Dalam sekali panen, hanya ditemukan 5-10% biji kopi yang mengalami anomali atau sekitar 0,5 ons dalam satuan kilo biji kopi.

Mengenal Kopi Peaberry #2: Harga Kopi

Peaberry
Credit:(indonesian.alibaba.com)

Berbicara soal harganya, biji kopi lanang lebih mahal saat dijual di pasaran karena proses sortir yang lebih dalam dan teliti dibandingkan dengan biji kopi biasa.

Kopi lanang yang telah disangrai bisa dihargai relatif mahal, yaitu sekitar Rp250 ribu per kg atau di atas Rp100 ribu, lebih mahal daripada kopi biasa.

Harga jual kopi lanang hampir setara dengan kopi luwak dan juga menyesuaikan dengan jenis kopinya, yaitu antara arabika dan robusta bisa berbeda harganya.

Tak hanya itu saja, harga kopi peaberry atau kopi lanang ini bisa mencapai Rp1 juta jika diproses dari pencernaan hewan luwak liar.

Mengenal Kopi Peaberry #3: Segi Aroma dan Rasa

Segi dan aroma rasa peaberry
Credit: (coffeesesh.com)

Kalau soal rasa, peaberry atau kopi lanang ini memiliki favor note yang sama dengan rasa single origin-nya, tetapi lebih smooth.

Banyak cupper yang menilai rasa smooth-nya mirip dengan kopi luwak, tetapi lebih pahit. Rasa pahit disebabkan karena kandungan kafein di dalam kopi ini jauh lebih tinggi, yaitu sekitar 2,1% dibanding kopi lainnya.

Selain itu juga, kopi ini juga memiliki keunikan sendiri dalam hal rasa, yaitu karena kompleksitas dengan acidity atau tingkat keasamannya rendah, manis, rasa, coklat, dan kacang.

Tak hanya itu saja, kopi lanang juga bertekstur padat dan aromanya pun hampir sama dengan kopi luwak.

Mengenal Kopi Peaberry #4: Manfaatnya

Ilustrasi pelanggan pemula minum kopi
Credit: Andriyko Podilnyk (Unsplash)

Nah, kira-kira kamu tahu nggak nih kalau kopi peaberry atau kopi lanang juga ada manfaatnya. Tentu saja sesuai dengan istilahnya, yaitu “lanang” yang berarti laki-laki.

Kopi ini dipercaya dapat meningkatkan vitalitas para laki-laki. Terlebih, kopi ini dapat memperbaiki kualitas sperma.

Selain itu, kandungan kafein dalam kopi ini dapat dinikmati sebagai minuman peningkat energi, apalagi disajikan menggunakan metode tubruk.

Manfaat lain dari kopi lanang ini juga mampu mengurangi risiko diabetes, memperlancar aliran darah, menghilangkan rasa kantuk, dan mengatasi disfungsi ereksi.

Mengenal Kopi Peaberry #5: Proses Pengolahannya

pengeringan biji kopi
Credit: Alexander Schimmeck (Unsplash)

Untuk proses pengolahan kopi peaberry atau kopi lanang ini ada tahapan yang disebut dengan depulping, yaitu biji dipisahkan dari daging buah sebelum di-roasting.

Setelah panen, buah ceri akan melewati serangkaian proses, yaitu proses pencucian, pemisahan kulit dan daging buahnya, serta dibiarkan mengering. Umumnya, kopi dikeringkan 2 sampai 3 minggu setelah panen, kemudian akan disortir dan dikemas.

Secara statistik panen peaberry atau kopi lanang kurang lebih 5% dari total produksi suatu perkebunan, artinya dalam 1 kg ceri yang dipanen, hanya sekitar 50 gram biji tunggal.


Nah, itu dia informasi mengenai kopi peaberry atau kopi lanang, yakni mulai dari sejarah namanya, harganya, manfaat kopinya, bahkan proses pengolahannya.

Sebagai pecinta kopi peaberry tentunya harus tahu sejarahnya sampai prosesnya ya! Agar semakin lengkap wawasan kamu tentang kopi.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui kalau minuman secangkir kopi yang nikmat itu tentunya berasal dari biji kopi yang bagus dan berkualitas.

Penasaran bagaimana cara mendapatkannya? Yuk kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam kopi dengan kualitas yang top dan tentunya bisa kamu beli. Yuk tunggu apalagi? Salam Labuhan Kopi!

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.