Mengenal Kopi Solok Minang, Sensasi Rempah yang Nikmat

Ilustrasi Kopi Solok Minang
Credit: id.pinterest.com

Kopi Solok Minang – Kopi bukanlah lagi dianggap minuman biasa, tetapi minuman yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat dunia, salah satunya di negara Indonesia.

Bisa dibilang,terdapat 2,25 miliar cangkir kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat setiap harinya di dunia. Selain itu, Indonesia sendiri pun merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Beraneka macam kopi yang dihasilkan dari berbagai wilayah Indonesia dengan cita rasa yang khas dan nikmat, salah satunya secangkir kopi dari Minangkabau, Sumatera Barat. Kopi yang terkenal di wilayah itu disebut kopi Solok Minang. 

Nah, siapa nih yang sudah pernah mencicipi kopi satu ini? Kopi yang termasuk ke dalam kategori specialty coffee. Itu sebabnya, kopi Solok ini sangat disukai oleh para pecinta kopi, baik dari Indonesia maupun dunia.

Tak hanya itu saja, kopi ini juga memiliki rasa yang kuat dan aroma yang khas. Selain itu, masih banyak lagi informasi mengenai kopi Solok Minang yang akan dijelaskan lakopi, merangkum dari berbagai sumber, yuk! Simak artikel ini ya.

Sejarah Kopi Solok Minang

Sejarah Kopi Karo
Credit: angela pham (Unsplash)

Awalnya, wilayah Solok (termasuk kota solok dan kabupaten Solok Selatan) ini merupakan wilayah rantau dari Luhak Tanah Datar, yang kemudian dikenal sebagai Luhak Kubuang Tigo Baleh.

Selain itu, wilayah Solok ini juga termasuk daerah yang dilewati oleh nenek moyang Alam Surambi Sungai Pagu yang asalnya dari Tanah Datar atau disebut sebagai nenek kurang aso enam puluh.

Kira-kira kamu tahu tidak apa arti dari nenek kurang aso enam puluh ini? Jadi, artinya adalah enam puluh orang leluhur Alam Surambi Sungai Pagu. Diketahui juga, mutasi ini terjadi pada abad-13 sampai 14 Masehi.

Kemudian di tahun 1970, ibukota Kabupaten Solok berkembang menjadi sebuah kotamadya yang diberi nama kota Solok. Selain itu, statusnya pun juga berubah dari ibukota Kabupaten Solok menjadi wilayah pemerintahan yang baru.

Kabupaten Solok baru ini melakukan pemindahan atau mutasi pusat pelayanan pemerintahan dari kota Solok ke koto Baru, Kecamatan Kubung, Solok. 

Pada tahun 2003, Kabupaten solok memperluas wilayah dan melahirkan Kabupaten baru, yaitu Kabupaten Solok Selatan. Oleh karena itu, luas wilayah Kabupaten Solok ini mengalami pengurangan dari 708.402 Ha menjadi 373 Ha.

Daerah Solok Selatan merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki tanah yang subur sehingga lahannya pun cocok untuk menanami berbagai jenis perkebunan, salah satunya kopi. 

Sudah banyak para petani dari Solok yang menghasilkan kopi berkualitas tinggi dan diterima baik oleh masyarakat lokal maupun luas. 

Nama lain dari kopi Solok Minang ini disebut juga kopi Solok Selatan, yaitu kopi yang ditanam di antara Gunung Talang dan Danau Kembar.

Bisa dibilang, kopi Solok ini berjenis arabika yang diolah sangat baik sehingga menghasilkan kopi specialty.

Karakteristik Kopi Solok Minang

Decaf Coffee Ilustrasi
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Berbicara soal karakter, kopi ini terbilang sangat unik dan berbeda dari yang lain. Bisa dibilang, kopi Solok memiliki rasa yang cenderung ringan dan berbeda dari kopi biasa.

Aroma yang dihasilkan pun bernuansa rempah-rempah dan cita rasa yang dihasilkan seperti lemon dan cokelat. Beberapa pecinta kopi mengatakan bahwa kopi ini mirip dengan kopi Afrika.

Tak hanya itu saja, kopi ini ditanam pada ketinggian 1.200-1.900 meter di atas permukaan laut yang memberikan influence terhadap karakter rasa dari si kopi Solok Minang ini.

Adapun empat varietas yang ditanam untuk kopi ini, yaitu Kartika, S-Lini, Sigagarutang, dan Andungsari.

Proses Pengolahan Kopi Solok Minang

proses panen
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Dari beberapa sumber, proses pengolahan buah kopi Solok ini memiliki tiga metode, yaitu natural/dry process, honey process, dan washed

Proses Natural

proses natural
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Umumnya, proses natural merupakan proses yang paling lama di antara lainnya karena buah kopi harus dijemur dengan kulit merahnya mencapai 20-30 hari.

Setelah itu, jika biji dan buahnya sudah benar-benar mengering, barulah buah ceri kopi ini dikupas dan disangrai menjadi biji kopi roasted

Bisa dibilang, hasil dari proses ini lebih mengeluarkan rasa yang manis karena biji meresap rasa manis dari kulitnya. proses penjemurannya pun juga ditutupi plastik dom atau UV house sehingga kopi terlindung dari sinar matahari secara langsung.

Proses Honey

Proses Honey
Credit: sadakoffie.com

Kalau proses honey, buah kopi akan dipisahkan dari kulit terlebih dahulu. Selain itu, proses ini juga mengandalkan lendir atau getah dari kulit kopi sehingga saat mengering, biji kopi akan berbentuk seperti karamel.

Proses Washed

Pencucian buah kopi
Credit: endeus.tv

Metode yang ketiga menggunakan cara washed, yaitu semi washed dan full washed. Biasanya, metode ini melewati sortasi terlebih dahulu, di mana buah kopi akan dimasukkan ke dalam wadah berisi air untuk memisahkan buah kopi yang bagus atau tidak bagus.

Hal ini dapat diketahui dari buah kopi yang mengapung tandanya kopi itu buruk, sedangkan kopi yang tenggelam adalah kopi yang bagus.

Setelah itu, buah kopi akan dimasukkan ke dalam mesin pulper yang bertujuan memisahkan daging kopi dan biji kopi.

Berikutnya, buah kopi akan difermentasi selama 12-36 jam agar sisa-sisa daging kopi atau kulit kopi yang masih menempel dapat terlepas dengan mudah.

Biasanya, setelah melewati proses fermentasi, akan dicuci kembali dengan air dan dimasukkan ke mesin huller untuk memisahkan biji kopi dengan kulit tanduk. 

Terakhir, biji kopi akan dijemur sampai kadar airnya 11-12%.

Harga Kopi Solok Minang

kopi
Credit: madina.go.id

Untuk harga green bean-nya, lakopi menawarkan harga Rp85 ribu perkilo. Menarik sekali untuk dibeli, bukan?


Nah, itu dia informasi mengenai kopi Solok Minang dari Sumatera Barat ini. Buat kamu yang sudah pernah mencicipinya, jangan lupa untuk mengetahui wawasan seputar kopinya juga ya!

Sebab, hal ini berguna untuk meningkatkan wawasan kamu tentang kopi. Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa secangkir kopi yang nikmat itu tentunya berasal dari biji kopi berkualitas.

Akan tetapi, karena lagi dilanda pandemi virus Corona seperti ini, kamu jadi kesulitan untuk mencari green bean di luar sana, benar begitu bukan?

Tak perlu khawatir! Yuk, kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah yang berkualitas sangat baik.

Untuk transaksinya pun juga langsung ke petaninya langsung loh! Yuk, tunggu apalagi? Segera dapatkan biji kopi terbaik di Indonesia. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.