Minum Kopi Sebagai ‘Suplemen’ Fitness? Berikut 4 Faktanya!

kopi sebagai suplemen fitness
Photo by Bruno Emmanuelle on Unsplash

Kopi suplemen fitness? – Sudah tidak asing lagi bagi kalian yang suka fitness dan berolahraga tentunya untuk mengkonumsi suplemen saat sebelum dan atau sesudah berolahraga.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir makin banyak kemunculan fakta-fakta serta artikel terkait dengan manfaat konsumsi kopi untuk kesehatan dan kebugaran. Kopi (tanpa tamabahan gula tentunya) dengan cita rasa yang dianggap ‘clean’ dianggap mampu men-support aktifitas fitness/ olahraga yang kamu lakukan.

Dilansir dari hellosehat.com juga menyatakan bahwa banyak yang mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga dengan tujuan agar bisa melawan kantuk dan lemas dan menjadi lebih segar. 

Produk-produk yang di konsumsi ini termasuk kopi yang disiapkan dengan berbagai cara berbeda, termasuk roasted dan ground atau kopi tubruk, kopi instan, dan bahkan dicampur dengan zat lain untuk membuat suplemen yang lebih kompleks.

Kira-kira seperti apa ya kopi sebagai suplemen fitness? Apakah baik mengkonsumsi kopi sebelum dan sesudah olahraga?

Yuk kita simak bersama-sama!

hasil ekstraksi drip coffee
Photo by Avery Evans on Unsplash

Minum Kopi Sebagai Suplemen Fitness #1: Dampak yang Ditimbulkan Pada Tubuh

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, kopi dari biji berkualitas dan diolah serta dikonsumsi dengan cara yang benar akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan berdampak baik pada tubuh.

Sudah menjadi pengetahuan umum jika kopi mengandung banyak antioksidan dan disebut memiliki potensi sebagai dieting aid, serta mengkonsumsi kopi yang berkualitas baik bahkan dapat menurunkan resiko demensia, kanker dan diabetes tipe 2.

Selain itu, jangan lupa kandungan kafein pada kopi. Kafein menjadi stimulan yang mengurangi kelelahan dan meningkatakan ‘kewaspadaan’ bagi yang mengkonsumsinya. Namun konsumsi kopi yang berlebihan memang memiliki efek samping. Ini termasuk sakit kepala, gangguan kecemasan, dan ketergantungan fisiologis. Selain itu, senyawa asam yang dilepaskan oleh kopi yang di roasting atau diproses dengan buruk dapat mengiritasi sistem pencernaan.

ilustrasi kopi hitam tradisional
Photo by Rene Porter on Unsplash

Dampak yang ditimbulkan kopi pada tubuh memang telah lama menjadi pro-kontra. Sudah banyak jurnal kesehatan dan penelitian dilakukan untuk mengetahui dengan lebih scientific dampak kopi pada tubuh kita.

Untuk sekarang, kesimpulan yang dapat diambil adalah jika kita mengkonsumsi kopi dengan benar, di roasting dengan benar, tanpa gula tambahan juga pada waktu dan dosis/ batas yang tepat, tidak akan mengakibatkan permasalahan kesehatan pada tubuh kita.

Minum Kopi Sebagai Suplemen Fitness #2: Dapatkah Kopi Jadi Suplemen Fitness?

starbucks cold brew coffee
Credit: Joseph Gonzalez via unsplash.com

Kafein sendiri sudah tidak asing dikaitkan sebagai salah satu komponen dalam suplemen di bidang fitness dan olahrga. Seringkali dikaitkan karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita tetap ‘wakefull’ saat olahraga. Energi yang dibawa oleh kafein pun bermanfaat untuk kegiatan olahraga.

Tahukah kamu? Ternyata sudah ada perusahaan yang memproduksi suplemen fitness dari kopi, loh! Kopi biasanya digunakan sebagai bahan dasar suplemen fitness karena kemampuannya yang ergogenik (meningkatkan kinerja), dan kemampuannya untuk merangsang kesadaran, perhatian, dan fokus.

Murilo Allan seorang Marketing Manager dari Caffeine Army, sebuah perusahaan asal Brazil yang memproduksi suplemen fitness berbahan dasar kopi melalui perfectdailygrind.com menyatakan bahwa, kopi yang digunakan dalam suplemen fitness adalah kopi alami, mereka meningkatkan kinerja fisik dan kognitif tanpa menyebabkan kecemasan atau energi berlebih.

metode cold brew
Credit: unsplash.com (An Nguyen)

Minum Kopi Sebagai Suplemen Fitness #3: Apa Efek yang Diberikan?

Dilansir oleh perfectdailygrind.com setelah dikonsumsi kafein membutuhkan waktu 40 hingga 50 menit untuk mulai memengaruhi tubuh manusia. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain, dan yang lain mungkin langsung merasakan dampaknya.

Kafein mencapai puncak metabolisme di tubuh kira-kira dua hingga tiga jam setelah konsumsi, dan akan tetap berada di tubuh selama kurang lebih empat jam setelah dikonsumsi. Saat mengkonsumsi kopi dan menggunakan kafein di dalamnya untuk fitness atau olahrga harus disesuaikan dengan aktivitas yang akan kamu lakukan, juga ubah waktu dan cara konsumsi kopinya.

Eneko Aranaz seorang Boxer, Personal Trainer melalui perdectdailygrind.com menyebutkan bahwa dia biasanya mengkonsumsi cold brew coffee untuk kebutuhan fitness dan olahraganya karena cold brew lebih terkonsentrasi daripada kopi brewing lain.

Minum Kopi Sebagai Suplemen Fitness #4: Aturan Aman Minum Kopi Saat Fitness dan Olahraga

terhidrasi
Photo by Nigel Msipa on Unsplash

Meski memiliki banyak manfaat untuk fitness dan olahraga, tetap perlu diperhatikan aturan untuk minum kopi sebagai suplemen fitness. Disunting dari situs hellosehat.com berikut 4 ‘aturan aman’ yang harus kamu perhatikan:

  • Minum kopi satu jam sebelum olahraga – Kafein dalam kopi membutuhkan waktu setengah jam sampai satu jam untuk diserap sempurna oleh tubuh. Jadi, usahakan untuk minum kopi sebelum mulai olahraga.
  • Jangan tambah susu sapi atau gula – Susu sapi akan diproses lebih lama oleh tubuh sehingga akan berisiko mengalami gangguan pencernaan saat berolahraga. Kopi yang terlalu manis juga bisa membuat gula darah tidak stabil. Penelitian menunjukkan manfaat terbaik muncul bila kopi diminum tanpa susu (kopi hitam).
  • Tetap minum air putih – Kopi bersifat diuretik atau memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan. Jadi selama olahraga kamu sebaikanya tetap banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum kopi dan olahraga secara rutin – Kalau Anda rutin menjalani olahraga yang diawali dengan secangkir kopi setiap hari, tubuh akan semakin mudah menyesuaikan diri.

Kopi dengan kandungan kafeinnya memang memiliki banyak manfaat. Kopi sebagai suplemen fitness dan konsumsi sebelum olahraga untuk energy boosting bisa menjadi ‘sesuatu’ di masa depan dengan perkembangan yang lebih baik lagi.

Tapi ingat! Konsumsi kopi yang bermanfaat tentu dengan baik dan benar juga menggunakan biji kopi berkualitas! Kalau kamu sedang mencari biji kopi mentah berkualitas, kamu bisa kunjungi Lakopi.id! Beli biji kopi mentah jadi lebih praktis dan mudah di Lakopi!

Salam, Lakopi Indonesia.