Jenis Minuman Kopi dari Bahan Dasar Kopi Espresso, Apa Saja Itu?

Minuman Kopi Berbahan dasar kopi Espresso
Credit: Taylor Franz (Unsplash)

Kopi Espresso – Zaman sekarang, kopi adalah salah satu yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama kaum anak muda. Selain bikin mata melek, kopi bisa menjadi mood booster kamu setiap harinya. Tak hanya itu, kopi juga bisa dijadikan temanmu di pagi hari, sore hari, bahkan di malam hari.

Nah, di Indonesia sendiri sudah banyak jenis-jenis minuman kopi yang memiliki cita rasa berkualitas dan tentu saja dari green beans yang berkualitas. Sejauh ini, hasil olahan kopi yang paling hits di kalangan milenial adalah espresso.

Nah, pasti kalian sudah tahu kalau arti espresso diambil dari bahasa Italia yang berarti “cepat” disajikan kepada para pelanggan. Kopi espresso merupakan kopi yang diproses dari ekstrak biji kopi menggunakan mesin bertekanan tinggi. Espresso disajikan dalam bentuk cangkir khusus yang berukuran 30 ml sampai 118 ml atau disebut shot.

Selain itu, kopi ini miliki teksturnya yang pekat dan terdapat crema atau buih di atasnya yang berasal dari tekanan minyak biji kopi. Namun perlu kamu tahu, rasa kopi espresso tidak melulu pahit. Ada juga yang manis, fruity seperti rasa campuran buah, bahkan spicy pun ada.

Tak hanya itu, kopi espresso biasanya bisa langsung disajikan tanpa bahan campuran lainnya dalam satu gelas shot. Kira-kira kamu sudah pernah mencobanya belum nih? Kopi espresso merupakan kopi dasar dari beberapa jenis kopi lainnya.

Lalu apa saja ya jenis-jenis kopi dari turunan espresso ini? Yuk simak ya!

Macchiato

Macchiato
Credit:
Louis Hansel @shotsoflouis (Unsplash)

Kira-kira kamu sudah tahu belum jenis kopi macchiato? Kopi ini merupakan minuman dengan perpaduan espresso dan susu. Untuk perbandingannya sendiri kopi ini menggunakan 1:1 antara takaran espresso dan susu yang berarti sama banyaknya. Namun, jika kamu menginginkan lebih banyak susu daripada espresso-nya sendiri, nama minuman ini menjadi macchiato latte. Untuk pebandingannya pun 1:4 antara espresso dan susu. Kira-kira kamu lebih milih perbandingan espresso dan susunya sama banyaknya, atau lebih banyak susunya nih?

Latte

Caffee Latte
Credit: Kamil S (Unsplash)

Istilah latte yang berarti kopi dan susu. Minuman kopi ini biasanya disajikan dengan cara mencampurkan susu panas ke dalam cangkir yang sudah terisi espresso. Perpaduan espresso dan susu panas, menciptakan rasa yang creamy dan gurih. Perlu juga diperhatikan tingkat suhu panasnya agar kandungan susu tidak berpotensi rusak. Lalu, apa bedanya dengan macchiato? Nah, kopi yang satu ini lebih menonjolkan rasa kopinya, sedangkan macchiato lebih menonjolkan rasa susu. Tak hanya itu, macchiato memiliki tiga layer, yaitu foam, susu, dan kopi, sedangkan latte sudah tercampur dalam satu cangkir. Di atasnya pun dihiasi gambar-gambar unik yang disebut latte art.

Cappuccino

Cappuccino
Credit: Lex Sirikiat (unsplash)

Kalau yang satu ini sudah tak asing lagi di kalangan anak muda. Cappuccino merupakan minuman yang paling tren dan disukai oleh kaum milenial. Mulai dari minuman di coffee shop atau berbentuk kemasan, kopi ini paling sering dibeli. Cappuccino merupakan kopi yang dipadu antara espresso dan susu. Untuk takarannya, cappuccino mengunnakan 1/3 espresso, 1/3 susu, dan 1/3 froth susu.

Mochaccino

Mochacino
Credit: Frame Harirak (Unsplash)

Jenis kopi yang satu ini tidak kalah hits sama cappuccino. Mochaccino juga merupakan minuman kopi yang sering ditemukan di menu coffee shop ataupun pada kemasan. Perbedaannya dengan kopi lain, yaitu mocchacino memiliki perpaduan antara espresso, susu, dan cokelat. Oleh karena itu, minuman ini menghasilkan cita rasa manis dari coklat dan aroma kopi.

Affogato

Affogato
Credit: Ali Yahya (Unsplash)

Apakah kamu sudah pernah memesan minuman yang satu ini? Affogato merupakan kopi yang cukup unik dalam soal rasa. Sebab, minuman kopi ini terdiri atas perpaduan eskrim dan juga kopi. Nah, kopi yang digunakan adalah espresso. Biasanya saat disajikan, espresso dan eskrim ini akan diletakan pada cangkir yang berbeda. Kamu bisa menuangkan espresso ketika kamu akan meminumnya.

Americano

Americano
Credit: PTMP (Unsplash)

Apa sih perbedaan americano dan espresso? Nah, kopi ini merupakan minuman yang terbuat dari satu atau dua shot espresso yang nantinya dicampur dengan air panas sampai memenuhi cangkir. Kalau kamu tidak terlalu suka kopi sepekat dan sekental espresso, americano hadir untuk kamu. Selain itu, di atas kopi ini juga tidak ada crema atau buih minyak dari biji kopi seperti espresso karena sudah tercampur dengan air panas.

Frappe

Frappe
Credit: freestocks (Unsplash)

Bisa dibilang, yang satu ini termasuk paling populer di kalangan kaum milenial. Frappe merupakan minuman kopi yang di-blend dengan es batu, gula, air, dan susu kocok kental, sehingga membentuk busa. Selain itu, frappe memiliki rasa non-kopi yang bisa dinikmati bagi kamu yang tidak terlalu suka kopi, bahkan aman dari efek maag atau jantung berdebar-debar. Itu sebabnya, frappe termasuk jenis minuman kopi yang paling sering dipesan di coffee shop oleh anak-anak muda.


Nah, itulah sederet jenis minuman kopi dari bahan dasar espresso yang disukai kaum milenial di coffee shop. Penting untuk mengetahui salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas minuman kopi berdasarkan jenis di atas, berasal dari greenbean atau biji kopi mentah yang tentunya sangat berkualitas.

Lakopi.id sendiri merupakan salah satu marketplace yang menyediakan biji kopi mentah berkualitas tinggi dan langsung dipetik dari petani. Kira-kira biji kopi mentah apa saja yang disediakan oleh Lakopi.id? Langsung saja yuk! Kunjungi Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.