Penting Banget! Ini Dia 3 Waktu Terbaik Minum Kopi yang Perlu Kamu Tahu!

waktu minum kopi
Credit: unsplash.com (Jess Bailey)

Waktu terbaik minum kopi – masih menjadi tanda tanya para coffee drinker. Minum kopi telah menjadi kebiasaan dan gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Alasannya bermacam-macam, kebutuhan kafein, agar dapat berkonsentrasi, dan lain-lain.

No Coffee No Workee.

Tidak asing dengan ungkapan di atas? Atau pernah melihatnya di suatu kedai kopi yang kamu kunjungi?

Ya, itu adalah salah satu dari banyaknya quotes tentang kopi yang menggambarkan bahwa kebiasaan minum kopi telah menjadi suatu gaya hidup dan kebutuhan banyak orang. Kopi merupakan one of the world’s most popular beverages, kopi mengandung stimulan yang sangat populer yang disebut dengan kafein.

Credit: Headway (Unsplash)

Banyak orang yang terbiasa mengkonsumsi kopi sebelum beraktifitas akan langsung mencari sumber kafein itu sesaat setelah bangun tidur, loh!

Mayoritas orang merasa membutuhkan asupan kafein tersebut untuk dapat melakukan kegiatannya. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak langsung mengkonsumsi kopi dan menunggu beberapa saat karena merasa kafein yang dikonsumsi akan lebih bermanfaat.

Dilansir oleh inc.com dalam artikel yang berjudul Coffee Definetly Helps You Live Longer, According to Science mengkonsumsi kopi baik untuk kesehatan. Bahkan menurut dua studi definitif terhadap ratusan ribu peminum kopi membuktikan bahwa minum kopi dapat membuat hidup lebih lama! Wow!

Bagaimana caranya kopi bisa membuatmu hidup lebih lama?

ilustrasi panjang umur
Credit: unsplash.com (Marty Southwell)

Menurut penelitian yang dilakukan tim besar ilmuwan yang didanai oleh European Commission Directorate-General for Health and Consumers and the International Agency for Research on Cancer pada tahun 2017 mereka melacak kebiasaan minum kopi dari 521.330 orang di 10 negara Eropa.
Full research: (https://www.acpjournals.org/doi/10.7326/M16-2472)

Hasilnya menyatakan bahwa “higher consumption of coffee was associated with lower risk for death.” 

Wah! Konsumsi kopi katanya berhubungan dengan risiko kematian yang lebih rendah! Bagaimana bisa, ya?

Kopi mengandung antioksidan alami yang dapat memperbaiki DNA, menenangkan peradangan terkait stres, dan meningkatkan efisiensi enzim yang mengatur insulin dan glukosa. Jadi, tidak heran jika peminum kopi rata-rata hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak  minum kopi.

Seberapa Penting untuk Tahu Waktu Terbaik  Minum Kopi?

Jawabannya, sangat penting.

Dilansir oleh hellosehat.com, kita harus minum kopi pada waktu yang tepat agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. Jika kita minum kopi di waktu yang salah, manfaat kopi yang harusnya kita dapatkan akan berkurang atau bahkan dapat berbalik menjadi resiko bagi kesehatan.

Hormon Kortisol dan Waktu Minum Kopi

Pernah dengar tentang Hormon Kortisol?

Kortisol adalah hormon yang dibuat oleh kedua kelenjar adrenal dan itu sangat penting bagi kehidupan. Hormon kortisol dikenal dengan ‘hormon stres’. 

Kenapa kortisol disebut dengan hormon stres? Saat tubuh kita mengalami stres baik fisik maupun emosional maka produksi hormon kortisol ini akan menjadi lebih banyak.

Hormon kortisol juga berperan pada penggunaan gula atau glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh untuk menyediakan energi. Selain menyediakan energi, kortisol juga berfungsi untuk mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional.

Hormon kortisol juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus serta memiliki ritme khusus untuk siklus tidur-bangun, dengan kadar tinggi yang mencapai puncak 30-45 menit setelah bangun dan perlahan menurun.

hormon stress
Credit: unsplash.com (Tim Gouw)

Apakah “Morning Coffee”  Jadi Waktu Terbaik Minum Kopi?

Credit: Emre Gencer (Unsplash)

Banyak orang terbiasa mengkonsumsi secangkir kopi sesaat setelah bangun tidur. Bagaimanapun, minum kopi terlalu awal setelah bangun tidur akan menurunkan efek energi yang ditimbulkan kopi, karena hormon stres kortisol kita berada pada tingkat puncaknya.

Pada kondisi normal, kadar hormon kortisol tertinggi mencapai puncak pada pukul 8 sampai 9 pagi dan perlahan akan menurun. Dilansir oleh healtline.com bahwa waktu yang baik untuk minum kopi adalah saat level kortisol kita rendah.

Minum kopi saat tingkat hormon kortisol berada di puncaknya dapat semakin meningkatkan kadar hormon ini. Kadar kortisol yang meningkat dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, sampai saat ini belum ada penelitian jangka panjang tentang implikasi kesehatan dari peningkatan kortisol dari minum kopi.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

Waktu terbaik untuk minum kopi adalah saat produksi hormon kortisol kita mencapai level rendah atau sudah menurun di dalam tubuh. Mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein dapat menjadi stimulan dan dampaknya membuat kita lebih berenergi dan merasa lebih bersemangat.

Dilansir oleh hellosehat.com menurut penelitian yang dilakukan oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus, jam saat produksi hormon kortisol mencapai puncak tertinggi adalah jam 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, jam 17.30-18.30.

waktu terbaik minum kopi
Credit: unsplash.com (Laura Chouette)

Setiap orang memang memiliki siklus yang berbeda-beda. Disebutkan juga dari jurnal PubMed yang dimuat oleh National Center for Biotechnology Information peningkatan kortisol yang disebabkan kafein cenderung berkurang pada orang yang secara teratur mengkonsumsi kafein.

Berdasarkan beberapa penelitian tersebut maka waktu yang paling tepat untuk minum kopi adalah saat produksi hormon kortisol mulai menurun yaitu pada pukul 9.30 s.d 11.30, pukul 13,30 dan 17.00. 

Jika diperhatikan, waktu-waktu tersebut sebenarnya adalah waktu yang biasa digunakan untuk coffee break. Tentu, waktu tersebut tidak 100% akurat mengingat perbedaan setiap orang yang mengkonsumsi kopi.

Pemilihan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi akan meningkatkan manfaat yang kamu dapat dari mengkonsumsi kopi. Selain itu, tentunya juga akan meminimalisir resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan dari konsumsi kafein yang berasal dari kopi.


Bagaimana? Apakah waktu minum kopimu sudah tepat?

Selain waktu yang tepat, sebelum mengkonsumsi secangkir kopi, pemilihan jenis biji kopi dan pengolahan yang tepat juga sangat penting loh!

Kamu bisa cari biji kopi berkualitas dengan berbagai jenis/macam kopi di Lakopi.id! Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya! Wah!

Silahkan langsung kunjungi Lakopi.id untuk mendapatkan kopi terbaik versimu dan jangan lupa minum kopi di waktu yang tepat akan membentuk kebiasaan minum kopi yang lebih sehat dan bermanfaat!

Jadi, minum kopi jam berapa hari ini?

Salam, Lakopi Indonesia.