Serupa Tapi Tak Sama! Yuk Kenali Perbedaan Kopi Hitam, Americano dan Long Black!

kopi hitam
Photo by Tamara Bellis on Unsplash

Kopi hitam, americano, dan long black adalah sederet minuman yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kopi. Ketiga menu diatas tidak sulit ditemui dan hampir ada di setiap kedai kopi yang kita datangi.

Namun pernahkan kalian merasakan perbedaannya? Atau ada yang baru tahu bahwa ketiga menu kopi tersebut berbeda?

Yap! Ketiga menu kopi tersebut serupa tapi ternyata tidak sama, loh!

Apa yang membedakan ketiganya? Bagaimana dengan cita rasanya?

Yuk kita cari tahu lewat artikel di bawah ini!

Americano
Credit: PTMP (Unsplash)

Kenalan dengan Kopi Hitam, Americano dan Long Black!

Sebelum kita membahas perbedaannya lebih lanjut, yuk kita kenalan dulu dengan masing-masing ‘keluarga kopi hitam’ kesukaan para coffee drinker ini!

Kenalan dengan Kopi Hitam!

Kopi hitam mungkin menjadi salah satu kopi yang kita tahu pertama kali. Kopi hitam menjadi kopi pertama yang mungkin hadir di kehidupan kita. Kebiasaan masyarakat Indonesia untuk ngopi sepertinya diwariskan turun temurun, dan tentu kopi hitam menjadi salah satu kopi yang pertama kali kita kenal dan mungkin rasakan.

Kopi hitam yang kita kenal dulu juga dikenal dengan kopi tubruk. Dilansir majalah.ottencoffee.co.id kopi tubruk adalah  kopi hitam yang dinikmati berikut dengan ampas kopinya. Oleh karena itu, kopi tubruk biasanya disiapkan dengan kopi bubuk yang digiling halus lalu disiram dengan air panas mendidih.

kopi tubruk
Photo by Tijana Drndarski on Unsplash

Seiring perkembangan zaman, kopi hitam yang kita kenal lebih dari kopi tubruk, loh! Sebut saja filter/ drip coffee. Kopi yang dibuat menggunakan metode manual brewing ini juga ‘satu keluarga’ dengan kopi hitam tradisional seperti kopi tubruk.

Bedanya, untuk kopi hitam jenis filter coffee lebih modern dengan penggunaan alat-alat yang banyak macam jenisnya. Cita rasa yang dihasilkan juga akan berbeda dari kopi tubruk, loh!

Penasaran dengan jenis dan macam filter coffee? Yuk simak artikelnya di sini!

Menyeduh Kopi
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Apa itu Americano?

Jawaban simpel yang biasanya kita dapatkan adalah, campuran air dan espresso.

Dilansir oleh roastycoffee.com menyebutkan bahwa americano sebenarnya adalah minuman espresso  yang diseduh biasa. Secara tradisional espresso disajikan sebagai sebagai kopi yang pekat dan kuat. Americano menggunakan metode pembuatan espresso yang sama, tetapi setelah itu, espresso diencerkan dengan mencampurnya di air panas.

Tahukah kamu? Americano menjadi populer selama perang dunia kedua, loh!

Nama itu berasal dari tentara Amerika yang menginginkan kopi mereka menyerupai kopi yang diseduh di rumah, tetapi menggunakan secangkir espresso. Sehingga ditambahkan air juga untuk mengurangi kepekatan espresso.

americano starbucks
Photo by Omar Lopez on Unsplash

Apa itu Long Black?

Dilansir dari situs majalah.ottencoffee.co.id long black adalah minuman yang terdiri dari air panas dan espresso. Minuman ini disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu lalu setelah itu dituangkan espresso ke dalamnya. Long black berasal dari Australia dan Selandia Baru oleh karena itu cara penyajiannya haruslah mengikut negara asalnya, tak boleh sebaliknya.

Long black identik dengan sisa krema yang berada di permukaan kopi. Karena cara penyajiannya yaitu menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap berada di permukaan cangkir. Ini yang menyebabkan long black berbeda dengan jenis kopi hitam lainnya.

 

long black
Photo by Pawel Czerwinski on Unsplash

Apa Bedanya Kopi Hitam, Americano, dan Long Black?

Dari tiga pengertian ‘keluarga kopi hitam’ diatas, sudah mulai menemukan perbedaannya?

Tenang! Lakopi akan merangkum perbedaannya untuk kamu!

Kopi Hitam VS Americano VS Long Black

Mesin Espresso
Credit: Kevin Butz (Unsplash)

Kopi hitam yang menjadi kopi pertama kita tentu berbeda dengan americano dan long black. Mengapa berbeda?

Americano dan long black merupakan minuman kopi espresso based. Dimana bahan dasar kedua minuman itu adalah espresso yang kemudian dicampur air. Sedangkan kopi hitam tradisional dan manual brewing tidak menggunakan espresso sebagai bahan dasar melainkan langsung diseduh dengan metode yang berbeda.

Jika espresso dibuat dengan mesin espresso dimana air bertekanan tinggi dengan cepat melewati bubuk kopi halus, kopi hitam manual brew dibuat dengan menuangkan air panas di atas bubuk kopi dan membiarkan ekstraksi yang dihasilkan menetes melalui filter.

ilustrasi kopi hitam tradisional
Photo by Rene Porter on Unsplash

Hal yang sama juga berlaku untuk kopi hitam tradisional yang biasa kita kenal kopi tubruk!

Kopi tubruk walaupun tidak menggunakan filter dan dinikmati masih dengan ampas kopi, namun kopi tubruk tidak menggunakan espresso sebagai bahan dasar. Cita rasa yang dihasilkan juga akan berbeda, loh!

Dilansir situs perfectdailygrind.com kopi hitam jenis ini memiliki rasa yang kaya dan original! Hasilnya pun sangat bervariasi tergantung kepada biji kopi yang digunakan (asal, varietas, dan cara pengolahannya, misalnya) dan juga alat brewing yang digunakan.

Americano VS Long Black

Nah sampailah kita kepada ‘keluarga kopi hitam’ yang mungkin sangat sulit dibedakan.

Apa sih yang membedakan americano dan long black? Dilansir situs homegrounds.co mengatakan bahwa americano dan long black hampir tidak ada bedanya, loh! Lantas apa yang membuat orang-orang beranggapan bahwa americano dan long black berbeda?

Berawal dari penyajian! Dilansir dari majalah.otencoffee.co.id, perbedaan mendasar dari americano dan long black adalah penyajiannya.

iced americano
Photo by Masaaki Komori on Unsplash

Cara menyajikan americano adalah espresso disiapkan terlebih dahulu lalu menambahkan air panas setelahnya. Americano biasanya nyaris tak meninggalkan krema di permukaan cangkir. Hal tersebut dikarenakan espresso yang diguyur air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso.

Sedangkan cara menyajikan long black seperti yang telah disebutkan diatas yaitu dengan menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap berada di permukaan cangkir.

long black
Photo by Nathan Mullet on Unsplash

Perbedaan ini juga didasari oleh asal dari kedua minuman ‘keluarga kopi hitam’ tersebut. Americano sesuai namanya tentu berasal dari Amerika dan menyesuaikan cara penyajian di Amerika. Begitu pula dengan long black yang berasal dari Australia dan Selandia Baru, cara penyajiannya tentu mengikuti negara asalnya.

Terlepas dari cara penyajiannya, cita rasa yang dimiliki americano dan long black tentu memiliki penggemarnya masing-masing!


Bagaimana? Sudah tahu ‘keluarga kopi hitam’ mana yang biasa kamu konsumsi? Cita rasa kopi apa yang menjadi favorite-mu? Apapun kopi hitam pilihanmu, jangan lupa untuk membeli biji kopi berkualiatas terbaik di Lakopi!

Lakopi.id merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah berkualitas yang mana trade-nya juga langsung ke petaninya!

Drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!