Dear Kaum Milenial, Ini 8 Rekomendasi Kopi untuk Kamu!

Coffee Milenial
Coffee Milenial

Rekomendasi Kopi – Di zaman yang semakin modern ini, kopi sudah menjadi bagian gaya hidup di kalangan masyarakat, terutama kaum milenial. Dulu, minuman kopi mungkin hanya populer di kalangan mereka yang sudah berusia paruh baya. Akan tetapi, dengan adanya berbagai kreativitas dalam mengembangkan minuman kopi, rata-rata seluruh kedai kopi kini penuh dengan anak-anak muda. Mau sekadar menikmati kopi bersama, meeting bersama, kopi adalah teman yang asyik.

Namun, beberapa dari kamu mungkin ada yang kurang familiar atau jarang mencicipi minuman kopi, bahkan bingung saat memesannya. Untuk itu, lakopi.id memberikan delapan rekomendasi kopi yang wajib banget kamu coba! Melansir dari berbagai sumber, yuk disimak ya wahai kaum milenial!

Rekomendasi Kopi #1: Espresso

Espresso
Credit: Sahand Hoseini
(Unsplash)

Kopi espresso merupakan “dasar” dari semua jenis kopi. tekstur yang pekat dan rasa yang murni tanpa adanya campuran saat diminum, membuat kopi ini sangat populer di kalangan milenial.  Espresso disajikan dalam bentuk cangkir khusus yang berukuran 30 ml sampai 118 ml atau disebut shot. Selain teksturnya yang pekat, juga terdapat crema atau buih di atasnya yang berasal dari tekanan minyak biji kopi.

Istilah espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau cepat dan disajikan segera kepada para pelanggan. Soal rasa, kopi espresso tak melulu pahit, ada juga yang rasanya fruity, spicy, dan manis. Untuk membuat kopi espresso ini pun tidak sembarangan, seperti biji kopi yang sudah dihaluskan lalu di-brew menggunakan mesin espresso. Proses ekstraksinya pun hanya 25 detik saja. Kira-kira kamu tertarik untuk mencoba kopi ini?

Rekomendasi Kopi #2: Americano

Americano
Credit: PTMP (Unsplash)

Kedua, yaitu kopi americano. Kopi ini terbuat dari satu atau dua shot espresso yang dituangkan kedalam cangkir bercampur dengan air panas hingga memenuhi secangkir gelas. Bisa dibilang, kopi americano tidak sepekat atau sekental espresso. Tak hanya itu, pada kopi ini juga tidak ada crema atau buih di atasnya karena sudah tercampur dengan air panas. Kopi americano bisa disajikan dalam bentuk panas maupun dingin yang biasanya disebut iced americano.

Rekomendasi Kopi #3: Caffe Latte

Caffee Latte
Credit: Kamil S (Unsplash)

Ketiga, yaitu Caffe latte yang artinya kopi dan susu. Kopi ini merupakan turunan espresso yang dicampur susu. Menurut John Quilter dalam The Ultimate Coffee Guide, latte tidak perlu lagi diberi tambahan gula ataupun sirup karena sudah manis dari perpanduan susu dan kopi itu sendiri. Untuk pembuatannya, kopi ini terbilang cukup sulit karena harus memperhatikan tingkat suhu panasnya. Jika suhunya terlalu tinggi, maka kandungan susunya bisa berpotensi rusak.

Selain rasanya yang enak dan bikin nagih, caffee latte dihiasi dengan beraneka motif di atasnya atau disebut latte art. Untuk kamu yang tidak menyukai kopi murni seperti espresso ataupun americano, kamu dapat memesan caffee latte sebagai gantinya.

Rekomendasi Kopi #4: Cappuccino

Cappuccino
Credit: Lex Sirikiat (unsplash)

Selanjutnya adalah cappuccino, salah satu minuman tradisional negara Italia yang terkenal karena lapisan atasnya berupa froth yang terbuat dari susu. Kopi yang satu ini mudah sekali ditemukan, bahkan sudah banyak bentuk kemasan sachetnya dan tinggal diseduh. Tak hanya itu, cappuccino termasuk kopi yang paling laku dipesan oleh generasi milenial. Teksturnya yang sedikit kental, dilapisi busa susu, dan diberi taburan bubuk cokelat di atasnya.

Selain itu, rasanya pun tidak sekuat kopi espresso, tetapi lebih kental dari kopi jenis latte. Untuk membuat kopi ini, butuh perbandingan dari espresso dan steamed milk dengan rasio 1:1. Akan tetapi, ada juga yang memakai perbandingan lain tergantung dari kedai kopi tersebut. Kopi cappuccino bisa disantap saat dingin maupun hangat sesuai kebutuhan kamu. Ringannya rasa yang diperoleh kopi ini, lebih mudah diterima pada lidah semua orang, termasuk kalangan muda.

Rekomendasi Kopi #5: Mochaccino

Mochacino
Mochaccino

Berikutnya adalah kopi mochaccino. Kopi yang satu ini hampir sama dengan cappuccino, bahkan takarannya pun sama. Mochacino sendiri merupakan minuman kopi yang ditambahkan cokelat bubuk, susu, dan foam. Kopi satu ini lebih didominasi oleh susu daripada kopi itu sendiri. Selain rasa gurihnya susu yang bercampur dengan kopi, aroma cokelatnya menambah cita rasa untuk kopi ini.

Kamu tidak perlu lagi menambahkan gula ataupun sirup pada kopi ini karena sudah manis dari perpaduan susu dengan kopinya. Akan tetapi, mochaccino lebih mengandung banyak kalori dibandingkan dengan kopi espresso murni. Buat kamu yang suka sekali kopi dengan tambahan cokelat di atasnya, mochaccino merupakan pilihan yang bisa kamu dicoba.

Rekomendasi Kopi #6: Brew coffee (kopi tubruk)

Kopi tubruk
Credit: Manny Becerra (Unsplash)

Siapa sih yang tak mengenal kopi kece satu ini? Kamu tinggal menuangkan air panas pada cangkir yang sudah diisi bubuk kopi atau disebut metode manual Brew. Soal rasa, kopi ini tak kalah dengan jenis kopi lain. Kira-kira kamu sudah pernah mencobanya belum nih?

Rekomendasi Kopi #7: Kopi gula aren

Kopi Gula Aren
Credit: frank mckenna (Unsplash)

Kalau yang satu ini tentu saja tidak ketinggalan. Kopi gula aren juga termasuk salah satu kopi yang banyak dinikmati oleh kalangan muda. Tak hanya rasanya yang nikmat, tetapi kopi ini juga banyak manfaatnya bagi tubuh.

Selain itu, gula aren juga banyak mengandung nutrisi, seperti zinc, zat besi, serat inulin, magnesium, kalium, kalori, lemak, dan indeks glikemik. Gula aren sendiri terbuat dari nira atau cairan yang keluar dari batang pohon enau

Rekomendasi kopi #8: Frappe

Frappe
Credit: freestocks (Unsplash)

Terakhir, jenis minuman kopi ini yang paling banyak disukai di kalangan milenial. Frappe merupakan kopi yang di-blend dengan es batu, gula, air, dan susu kental sehingga menghasilkan kopi berbentuk busa.  Jenis kopi yang satu ini cenderung lebih aman dari penyakit asam lambung dan jantung yang berdebar-debar.

Tak hanya itu saja, frappe memiliki kandungan kopi yang rendah dan cita rasa non-kopi yang bisa kamu nikmati. Itu sebabnya banyak anak-anak muda yang sangat suka dengan minuman ini, bahkan menu yang paling diminati di suatu kedai kopi.

Nah, itu dia delapan rekomendasi kopi yang paling disukai atau diminati di kalangan milenial. Sudah pasti dari delapan rekomendasi minuman kopi tersebut menggunakan biji kopi dengan kualitas tinggi, seperti arabika dan robusta. Agar semakin keren, pastikan juga kopi yang kamu minum berasal dari greanbean atau biji kopi mentah yang berkualitas. Lakopi.id sendiri menyediakan berbagai jenis biji kopi mentah pilihan yang sangat berkualitas dan langsung dipetik oleh petani. Yuk! Langsung saja kunjungi website Labuhan kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.