7 Rekomendasi Sekolah Barista untuk Kamu!

Rekomendasi sekolah barista
Credit: Tyler Nix (Unsplash)

Rekomendasi Sekolah Barista – Sudah banyak orang yang tertarik pada dunia kopi, bahkan ingin mendalami ilmu perkopian. Barista merupakan profesi yang berhubungan dengan dunia kopi. Mungkin, profesi barista dulunya tak terlalu dilirik oleh orang-orang karena hanya dianggap sebagai tukang kopi dan tidak jelas status pekerjaannya.

Namun, sejak awal tahun 2017, profesi barista sudah diakui oleh Dinas Pariwisata serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Hal tersebut akhirnya disadari oleh para pemilik industri kopi yang kemudian membuka sekolah khusus untuk barista. Sebab, seorang barista juga butuh pendidikan khusus, seperti pekerjaan pada umumnya.

Jika kamu ingin mahir meracik kopi, tentu saja harus bersekolah dan mempelajari berbagai pelajaran tentang kopi, mulai dari dasar sampai tahap mahir. Selain itu, profesi barista saat ini tidak hanya diakui soal pekerjaannya, tetapi juga jenjang kariernya.

Nah, kira-kira kamu mau ahli dalam meracik kopi, tetapi bingung belajarnya di mana? Tenang! Lakopi.id memberikan beberapa rekomendasi sekolah barista yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk, disimak ya!

Sekolah Barista #1: Esperto Barista Course

Esperto Barista Course
Credit: passionmedia.co.id

Jika kamu berlokasi di daerah Jakarta Barat, bisa nih mencoba daftar sekolah khusus barista di Esperto Barista Course. Di sekolah ini, disediakan kelas barista pemula yang bisa kamu ikuti, mulai dari kelas Regular (4 hari), Latte Art (2 hari), dan Coffee Cupping (2 hari).

Setiap peserta akan diberikan buku panduan dan juga peralatan menyeduh kopi, seperti mesin kopi, grinder, dan beberapa aksesoris lainnya. Nah, untuk biayanya sendiri, Esperto Barista Course membuka harga mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp6 juta rupiah, tergantung kelas yang kamu pilih dan ikuti.

Sekolah Barista #2: Caswell’s Coffee Lab

Caswell's Coffee Lab
Credit: (goukm.id)

Kalau yang satu ini sudah diberikan akreditasi oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA), bahkan mereka juga menawarkan program pelatihan untuk jadi quality grader. Sekolah ini cocok buat kamu yang ingin menjadi seorang cupper atau orang yang ahli dalam menilai kualitas kopi.

Selain itu, setiap peserta akan diajarkan bagaimana faktor dalam menilai kopi, seperti menilai cita rasanya, aromanya, tingkat keasamannya, dan menilai aftertaste-nya.Kalau soal harga, sekolah ini lumayan menguras dompet kamu, yaitu sekitar Rp19 juta.

Akan tetapi, setelah lulus, kamu akan mendapat sertifikat tingkat internasional dari Specialty Coffee Association of America (SCAA). Caswell’s Coffee Lab berlokasi di Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Sekolah Barista #3: Fulcaff Barista Training

Fulcaff Barista Training
Credit: fulcaff (Instagram)

Selanjutnya, buat kamu yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, bisa mencoba sekolah barista di Fulcaff Barista Training. Mereka membuka tiga kategori kelas, yaitu Barista Training Combo Class atau kelas unggulan, Manual Brew Class, dan Espresso Machine & Latte Art Class.

Untuk harganya terbilang terjangkau, yaitu mulai dari Rp450 ribu hingga Rp4,5 juta. Nah, buat kamu yang ingin mengikuti semua kelasnya, kamu bisa mendaftarkan diri di kelas unggulan atau Training Combo Class yang sudah meliputi semua materi pembelajaran kopi.

Sekolah Barista #4: 5758 Coffee Lab

5758 Coffee Lab
Credit: 5758coffeelab (Instagram)

Berikutnya, yaitu 5758 Coffee Lab, sekolah khusus barista di Bandung, yang tak perlu kamu diragukan lagi soal kualitasnya. Selain itu, sekolah ini mendapatkan sertifikat quality grader dari Specialty Coffee Association of America (SCAA). Mereka juga tak hanya menyediakan kelas barista saja, tetapi kelas lain pun ada, seperti Manual Brewing, kelas Latte Art, sampai kelas quality grader juga disediakan di 5758 Coffee Lab.

Bisa dibilang, harga yang ditawarkan untuk kelas barista di sini sekitar Rp750 ribu hingga puluhan juta rupiah. Kira-kira anak Bandung berminat tidak nih?

Sekolah Barista #5: Indonesian Coffee Academy

Indonesian Coffee Academy
Credit: indonesia_coffee_academy (Instragam)

Apakah kamu tahu tentang salah satu coffee shop terkenal bernama Anomali Coffee? Di situlah letak Indonesian Coffee Academy berada. Di sini, kamu akan mendapatkan pengetahuan dasar soal kopi, bahkan kamu juga akan mempraktikan dalam membuat kopi espresso yang nikmat untuk diminum. Mulai dari teknik steaming sampai teknik menuang susunya.

Tak hanya itu saja, kamu juga akan diajarkan mengenai pembuatan latte art dan cupping test. Oleh karena itu, kelas akan dimulai dari kelas dasar espresso. Untuk soal harga, Indonesian Coffee Academy memberikan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp3 juta. Menarik untuk dicoba bukan?

Sekolah Barista #6: ABCD School of Coffee

ABCD School of Coffee
Credit: abcd_coffee (Instagram)

Sekolah barista yang satu ini ini terbilang sudah cukup lama ada, yakni sejak tahun 2014. Selain itu, muridnya pun tak hanya dari dalam negeri saja, tetapi juga dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura pun ada. ABCD School of Coffee berlokasi di jalan Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat.

Buat kamu yang berlokasi di Jakarta, bisa nih mencobanya. Mereka akan mengajarkan kamu banyak hal, terutama bagaimana meracik kopi dan menguasai ilmu-ilmu tentang kopi itu sendiri. Harga yang ditawarkan sebesar Rp6 juta untuk belajar di ABCD School of Coffee.

Sekolah Barista #7: Universitá del Caffé dell ‘Indonesia (UDC)

Universitas Kopi Indonesia
Credit: universitaskopi.id (Instagram)

Terakhir, merupakan sekolah barista yang dibuka oleh PT Bahana sekaligus distributor perusahaan peralatan kopi asal negara Italia bernama Illy. Sekolah tersebut diberi nama Universitá del Caffé dell ‘Indonesia atau Universitas Kopi Indonesia. Sekolah yang satu ini tidak hanya mencetak barista piawai, tetapi juga mencetak bakat coffee artist.

Menurut Genta Victory, Business Development Manager PT Bahana, kepada Cikopi.com, barista yang baik harus dimulai dengan menguasai teori tentang asal usul kopi. Oleh sebab itu, pemahaman proses pemilihan biji kopi menjadi fokus utama di Universitá del Caffé dell ‘Indonesia.

Wah pasti harganya mahal? Tentu saja tidak.

Untuk biaya sendiri, UDC memasang harga Rp2,6 juta untuk dua kelas yang dibagi dalam empat sesi, yaitu Espresso Expert dengan fokus ke ilmu dasar kopi dan cara membuat Espresso. Kemudian setelah sudah lulus dari kelas tersebut, kamu bisa melanjutkan ke kelas Creative Coffee atau kelas yang mempelajari mengenai cara pembuatan latte art.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi sekolah barista yang bisa kamu coba. Semakin tertarik kan untuk menjadi seorang barista yang mahir atau pemilik coffee shop? Nah, tentu saja dari beberapa rekomendasi di atas kamu akan mendapatkan berbagai wawasan mengenai kopi.

Oleh karena itu, untuk menambah wawasan, kamu perlu tahu juga kalau kopi yang memiliki rasa nikmat saat diminum, berasal dari biji kopi mentah yang berkualitas.

Lakopi.id merupakan marketplace yang menyediakan berbagai biji kopi mentah berkualitas dan tentu saja langsung dipetik dari petani. Penasaran dari mana saja biji-biji kopi mentah itu? Yuk kunjungi lakopi.id. Salam Labuhan kopi!

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.